PROFIL PENALARAN ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI VIRTUAL LAB BERBASIS SIMULASI PhET PADA MATERI ELASTISITAS SELAMA PTM TERBATAS
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(4) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(5) MAN 1 Kuningan
(*) Corresponding Author
Abstract
Â
Abstrak
Pembelajaran tatap muka terbatas yang dilaksanakan untuk memenuhi pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas pada faktanya membuat pemahaman peserta didik terhadap materi fisika masih sangat kurang. Hal itu sangat berpengaruh terhadap pembelajaran yang dilakukan. Untuk itu, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas waktu pembelajaran, penelitian ini akan membahas mengenai profil penalaran ilmiah peserta didik terhadap materi fisika yaitu elastisitas menggunakan virtual lab PhET Simulation. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui  dan menganalisis sejauh mana profil penalaran ilmiah peserta didik di Sekolah Menengah Atas melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode yang digunakkan menggunakan quasi eksperimen dengan desain posttest only control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik Sekolah Menengah Atas kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan seluruh peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas control. Kedua kelas diberikan tes akhir (posttest) setelah diterapkan model pembelajaran inquiry di kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung di kelas control. Hasil eksperimen menunjukan bahwa peserta didik mempunyai antusias yang baik dalam melaksanakan pembelajaran, penerapan media virtual lab berbasis PhET Simulation mempunyai tingkat kefektifitasan yang cukup baik, dan profil  hasil penalaran ilmiah berbantuan PhET Simulation pada materi elastisitas dalam kategori yang baik.
Kata kunci: PhET Simulation, Penalaran Ilmiah, Elastisitas.
Â
 Abstract
In fact, the limited face-to-face learning carried out to fulfill physics learning in high school makes students' understanding of physics material still very lacking. It greatly affects the learning carried out. For this reason, to improve learning time efficiency and effectiveness, this study discussed the improvement of students' scientific reasoning on physics material, namely elasticity using the virtual lab, PhET Simulation. The purpose of this research was to find out and analyze the scientific reasoning profile of students in high school through the guided inquiry learning model. The method used was a quasi-experimental design with a posttest only control group. The population in this study was all high school students in class XI IPA 1 and XI IPA 2. The sampling technique used cluster random sampling. The samples used were all students ithe class XI IPA 2 as the experimental class and all students in class XI IPA 1 as a control class. Both classes were given a final test (posttest) after applying the inquiry learning model in the experimental class and the direct learning model in the control class. The experimental results show that students have good enthusiasm in carrying out learning, the application of virtual lab media based on PhET Simulation has a fairly good level of effectiveness, and the profile of the results of scientific reasoning assisted by PhET Simulation on elasticity material is in a good category.
Keywords: PhET Simulation, Scientific Reasoning, Elasticity.
Full Text:
PDFReferences
Abdjul, T., & Ntobuo, N. E. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7(3), 26–31.
Kurniawan, R. A., Rifa’i, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran PhET berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19-28.
Arda, A. (2020). Penerapan Media Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Konsep Dasar Ipa Mahasiswa Tadris Ipa Iain Palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 29–34. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.43
Harum, C. L., Tarmizi, & Hamid, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Generatif erbantu Simulasi Physics Education Tecknology (PHET) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 1–10.
Lawson, A. E. (2000). The generality of hypothetico-deductive reasoning: Making scientific thinking explicit. American Biology Teacher, 62(7), 482–494. https://doi.org/10.2307/4450956
Manarung, H. L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan simulasi PhET Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke Di SMA Negeri 2 Medan. Doctoral Dissertation Universitas Negeri Malang.
Marlinda, Halim, A., & Maulana, I. (2016). Perbandingan Penggunaan Media Virtual LAB Simulasi PhET (Physics Education Technology) dengan Metode Eksperimen terhadap Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. 4(1), 79–93.
Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Eksperimen Virtual Menggunakan Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Karangangar Tahun Ajaran 2020/2021. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 83-92.
Pratiwi, U. (2020). Pembelajaran Berbasis Praktikum Melalui Implementasi Metode School Assistance Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Peserta Didik Pada Materi Hukum Hooke. Pendidikan Fisika Taduloka Online (JPFT), 8. No, 1(2338–3240), 40–46.
Purbaningrum, K. A. (2017). Berpikir Tingkat Rendah Menuju Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40-49.
Purwanto, A. E., Susanti, N., & Hendri, M. (2016). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media PhET Simulations dengan Alat Peraga pada Pokok Bahsan Listrik Magnet di Kelas IX SMPN Kabupaten Tebo. Jurnal EdulFisika, 1(1), 22–27.
Rahayu, S. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Media Simulasi Phet Pada Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Smp. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 5(03).
Rais, A. A., Hakim, L., & Sulistiawati, S. (2020). Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Physics Education Research Journal, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074.
Rimadani, E., Parno, P., & Diantoro, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 833-839.
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal, J. (2020). Phet: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103
Shofiyah, N., Supardi, Z. A. I., & Jatmiko, B. (2013). Mengembangkan penalaran ilmiah (Scientific reasoning) siswa melalui model pembelajran 5E pada siswa kelas X sman 15 surabaya. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 83–87. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2514
Sinulingga, P., Hartanto, T. J., & Santoso, B. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/1.02109
DOI: 10.24235/ath.v31i2.9283
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.