KUALITAS LKPD ELEKTRONIK KONSEP EKOSISTEM JENJANG SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, menguasai teknologi dan informasi, berkomunikasi, berkolaborasi, dan menghubungkan ilmu dengan dunia nyata perlu ditekankan pada pembelajaran abad ke-21. Pembelajaran jarak jauh dilaksanakan sebagai suatu upaya untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia. Bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru untuk mengatasi masalah pembelajaran jarak jauh salah satu nya yaitu Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (LKPD-e). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas LKPD-e pada konsep Ekosistem berdasarkan kepraktisan harapan dan keefektifan harapan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain Evaluasi Formatif Tessmer. Subjek uji validasi adalah tiga orang ahli, subjek uji perorangan adalah tiga orang peserta didik kelas X SMA dan subjek uji kelompok kecil adalah empat orang peserta didik kelas X SMA. Data kepraktisan harapan diperoleh dari lembar instrumen dengan memberikan respon Ya/Tidak dan keefektifan harapan diperoleh dari lembar penilaian keterampilan berpikir kritis melalui tugas dalam LKPD-e. Hasil penelitian kepraktisan harapan menunjukkan kategori sangat baik dan keefektifan harapan juga menunjukkan kategori sangat baik berdasarkan keterampilan berpikir kritis peserta didik (interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan pengaturan diri).
Kata kunci: Ekosistem, Keterampilan Berpikir Kritis, LKPD Elektronik, Penelitian Pengembangan
Â
Abstract
Students’ abilities to think critically, master technology and information, communicate, collaborate, and connect knowledge to the real word need to be emphasized in 21st century learning. Distance learning is carried out as an effort to reduce the spread of Covid-19 in Indonesia. One of the teaching materials that can be used by teachers to solve distance learning problem is Electronic Student Worksheet (e-LKPD). This study aimed to describe the quality of e-LKPD on the Ecosystem concept based on practicality expectation and effectiveness expectation. This research was a development research using the Tessmer Formative Evaluation design. The subjects for validation test were three experts, the subjects of individual test were three Grade X high school students and small group subject test involved four grade X high school students. Expected praticality data were obtained from the Yes/No questionnaire and the effectiveness data were obtained from students’ critical thinking skill assessment in e-LKPD. The results of the practicality expectation research show a very good category based on the students’ responses and the effectiveness expectation also shows a very good category based on students’ critical thinking skill (interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation and self-regulation).
Keywords: Ecosystem, Critical Thinking Skill, Electronic Student Worksheet, Development Research
Full Text:
PDFReferences
Akbar & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pemelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Arbainsyah. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. Banjarmasin: Program Studi Magister Pendidikan Biologi ULM.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategy and Models for Teachers : Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.
Facione, P. A. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purpose of Educational Assesment and Instruction. California: The California Academic Press.
Febriyanti. (2017). Pengembangan LKPD-e Berbasis Problem Solving Pada Materi Keseimbangan Kimia di SMA N 2 Kota Jambi. Artikel Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Hafsah, N. R. J., Rohendi, D., & Purnawan, P. (2016). Penerapan media pembelajaran modul elektronik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106-112.
Hariati, M., Zaini, M., & Kaspul, K. (2020). The Effectiveness of High School Biology Students Worksheets Based on Critical Thinking Skills on the Protista Concept. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 1-6.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Hidayati, H., Zaini, M., & Kaspul, K. (2020). Effectiveness of worksheets of biology students of high school based on critical thinking skills in virus concept. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 41-46.
Kustiani, H., Zaini, M., & Mulyadi, M. (2020). Critical thinking skills of high school students in biology learning on the concept of structure and function of plant tissues. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 20-25.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2007, November). An introduction to educational design research. In Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China) (Vol. 23, p 23-26).
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA: Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4.0 Industrial Revolution on Ecosystem Material for High School Students. Biodik, 5(2), 131-138.
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10-18.
Subali, B & Suyata, P. (2012). Pengembangan Item Tes Konvergen dan Divergen dan Penyelidikannya Secara Empiris. Yogyakarta: Diandra.
Syahputra, E. (2018, March). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (Vol. 1, No. 1, pp. 1277-1283).
Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluation. London: Routlege
Van den Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Deign approaches and Tools in Education and Training (pp. 1-14). Dordrecht: Springer.
Zaini, M (2018). Penelitian Desain Pendidikan Aplikasi Teori ke Dalam Praktik. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Zaini, M., & Jumirah, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran topik Ekologi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 39-47.
Zaini, M., Ita, & Zannah, F. (2020, June). Development of lesson plan device based on inquiry based learning to improve learning outcome and critical thinking skill. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1567, No. 4, p. 042027). IOP Publishing.
DOI: 10.24235/ath.v31i2.9255
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.