REVITALISASI MA'HAD AL-JAMI'AH IAIN PEKALONGAN DALAM MENYONGSONG KAMPUS MERDEKA BELAJAR

Muhammad Mufid(1*), Jainul Arifin(2),


(1) IAIN Pekalongan
(2) IAIN Pekalongan
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dengan program pertukaran pelajar dan praktik kerja merupakan transformasi refleksi dan aksi dalam tubuh perguruan tinggi keagaman islam. Di satu sisi kebijakan tersebut berupaya merespon era disrupsi dengan meningkatkan mutu lulusan. Di sisi yang yang lain kebijakan tersebut mereduksi distingsi perguruan tinggi keagaman islam sebagai pusat kajian pendalaman ilmu-ilmu keislaman. Untuk itu tujuan dalam penelitian ini adalah mengungkap gerak ma’had al-jami’ah sebagai basis tafaqquh fiddin dalam menyongsong merdeka belajar kampus merdeka pada perguruan tinggi keagamaan islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif library research dengan pendekatan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal penting. Pertama, Peningkatan Kompetensi lulusan melalui program Dirasah Tahsin al-Qur’an, Dirasah Tahfidz al-Qur’an, Dirasah Kitab Turast, program Praktikum Ibadah-Tilawah, program Pesantren Mitra Mahasantri, program Mahasiswa Cendekia. Kedua, adanya pengintegrasian muatan mata kuliah keilmuan keislaman dalam kebijakan merdeka belajar kampus merdeka. Ketiga, Penguatan mutu lulusan yang kuat dalam metodologi ilmiah dan sikap moderat dalam beragama dengan menjalin koneksi dan kerjasama dengan para ilmuwan, pondok pesantren, forum komunikasi diniyah takmiliyah.

Kata kunci: ma’had al-jami’ah, kampus merdeka belajar, perguruan tinggi keagamaan islam

 

Abstract

 

The policy of independent campus freedom to learn through student exchange programs and work practices is a transformation of reflection and action within Islamic religious universities. On the one hand, the policy seeks to respond to the era of disruption by improving the quality of graduates. On the other hand, it reduces the distinction of Islamic religious universities as centers of study to learn Islamic sciences. Because of that, the purpose of this study was to reveal the movement of ma’had al-jami’ah as the basis for tafaqquh fiddin to prepare for independent campus, freedom to learn at Islamic religious universities. This study used a qualitative library research method with an analytical descriptive approach. The results of the study show some important points. First, the improvement of the graduates’ competence through Dirasah Tahsin Al-Qur'an program, Dirasah Tahfidz Al-Qur'an, Dirasah Kitab Turas, Praktikum Ibadah-Tilawah, Pesantren Mitra Mahasantri, and Mahasiswa Cendikia programs. Second, there is integration of the Islamic science content courses in independent campus freedom to learn policy. Third, the reinforcement of graduates’ quality who master scientific methodologies and religious moderation attitudes well by establishing connections and collaborations with scientists, Islamic boarding schools, and diniyah takmiliyah communication. forums.

Keywords: ma’had al-jami’ah, independent campus freedom to learn, Islamic religious universities


Full Text:

PDF PDF

References


Daftar Pustaka

Abadi, K., Mufid, M., Arifin, J., & Priyanto, A. (2021). Buku Panduan Praktikum Ibadah Tilawah Ma’had Al-Jami’ah. Pekalongan: IAIN Pekalongan

Abadi, K., Mufid, M., Makmun, & Hidayat, M. M. (2019). Pedoman Pelaksanaan Mitra Kerja Pendidikan Pondok Pesantren bagi Mahasiswa Penerima Bidikmisi Ma’had al-jami’ah. Pekalongan: IAIN Pekalongan

Bahar, H., & Herli Sundi, V. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115–122.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Pendidikan Islam Kementerian. (2021). Penyelenggaraan Ma ’ had al-jami ’ ah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Jakarta: Kementerian Agama

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Hafid, & Mahsun. (2020). The Concept Of Independent Learning And The STAI Al-Hamidiyah Bangkalan. Al-Fikrah, 3(1), 108–124.

Huda, M., Hidayat, M. M., Makmun, Mufid, M., Abadi, K., Yazid, M. A., Fauzi, R., Arifin, J., & Priyanto, A. (2020). Buku Panduan Ma’had al-Jami’ah IAIN Pekalongan.

Islam, D. J. P. (2011). Kementerian Agama RI. Intruksi Penyelenggaraan Pesantren Kampus, 12(3), 4–6.

Jumaeda, S. (2017). Ma’had al-Jamiah di Institut Agama Islam Negeri Ambon. Al-Iltizam, 2(1), 1–11.

KemendagRI. (2014). Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Taklimiyah. 67.

Khoirin, D. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 Integratif dalam Menghadapi Era Society 5.0. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, April, 83–94. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4109

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prakoso, B. H., Ramdani, Z., & Rahmah, B. (2021). Teacher ’ S Perception On Merdeka Belajar Policy. Indonesian Journal of Educational Assessment, 3(2), 128–137.

Priyanto, A., Yazid, M. A., Arifin, J., & Mufid, M. (2020). Buku Panduan Mahasiswa Cendekia Ma’had Al-Jami’ah.

Saufi, M. (2018). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4052 Tahun 2018. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Jami’ah, 2(17), 227–249.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Suardi. (2018). Implementasi Program Ma ’ Had Dalam Meningkatkan Wawasan Keislamaan Mahasiswa (Studi Penelitian pada Rusunawa UIN ar-Raniry Banda Aceh). Skripsi.

Subana, M. (n.d.). dkk. 2001. dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Ulyan, M., Budiyanti, N., & Adi Nugraha, S. (2020). Islamic Education Based on Arabic Pegon Letters in Madrasah Diniyah Al Barokah Watuagung Tambak Banyumas. Iqra’ Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 133–144.

Widiyono, A., & Irfana, Saidatul, K. F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121




DOI: 10.24235/ath.v31i2.9198

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.