MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE ROLE PLAYING

Eka Yulia Wijayanti(1*),


(1) SMA Negeri 3 Kota Tegal
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Berdasarkan AKPD (Analisis Kebutuhan dan Permasalahan Peserta Didik), diperoleh data bahwa sebagian besar peserta didik memilih untuk memberikan jawaban tertutup atau menjadi pendengar pasif, serta tidak mau bertanya khususnya dalam proses pembelajaran. Peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pemikiran yang tersirat. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri peserta didik melalui layanan penguasaan konten dengan metode role playing. Penelitian ini merupakan PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling). Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Post-tes siklus I menunjukkan hasil 7% sangat tinggi, 93% tinggi, 0% rendah, dan 0% sangat rendah. Post test siklus II menunjukkan hasil 21% sangat tinggi, 79% tinggi, 0% rendah, dan 0% sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan metode role playing.

Kata kunci: layanan penguasaan konten, role playing, percaya diri

 

 

Abstract

Based on AKPD (Analysis of the Students' Needs and Problems), data obtained showed that most of the students preferred giving closed-ended answers or being passive listeners, and did not want to ask questions, especially in the learning process. Students lacked confidence to convey implied thoughts. This research aimed at knowing the improvement of students’ self-confidence through content mastery services with role playing method. This research was a PTBK (Counseling Guidance Action Research). The research was conducted in two cycles. The post-test cycle I showed the results of 7%, 93%, 0% and 0% belonging to the categories of very high, high, low, and very low respectively. The the post test cycle II showed the results of 21%, 79%, 0% and 0% belonging to the categories of very high, high, low, and very low respectively. This implies that self-confidence can be enhanceds through content mastery services with role playing method.

Keywords: content mastery service, role playing, self-confidence


Full Text:

PDF

References


Adiningtyas, S. W. (2016). Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten. Jurnal Dimensi. https://doi.org/10.33373/dms.v5i3.62

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717

Aulina, C. N. (2015). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.73.

Azizah, N., Kurniawati, Y. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i2.9241.

Gutara, M. Y., Rangka, I. B., & Prasetyaningtyas, W. E. (2017). Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa. JURNAL FOKUS KONSELING. https://doi.org/10.26638/jfk.407.2099.

Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712.

Kemendikbud Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Lembaran Negara RI.

Kristianawati, E., & Djalali, M. A. (2015). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia. https://doi.org/10.30996/persona.v3i03.414.

Kusumawardana, A. (2017). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling. https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i1.10998.

Mahyuddin, M. J. (2016). Model bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i1.2065.

Maryanto, L., Setyowani, N., Mugiarso, H., (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Bermain Peran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application.

Rahayuningdyah, E. (2016). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 3 Ngrambe. Jurnal JIPE.

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sarastika, Pradipta. (2014). Tampil Percaya Diri. Yogyakarta: Araska.

Sugiarto, Eko. (2009). How Confident Are You?. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tim Penyusun Modul BK Kelas XI. (2009). Modul Pengembangan Diri Kelas XI. Tegal

Triningtyas, D. A. (2016). Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya Dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.239




DOI: 10.24235/ath.v31i1.8494

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.