PROFIL GURU PROFESIONAL ABAD 21 DALAM PERSPEKTIF MAHASISWA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Pada abad 21, banyak orang memiliki pandangan berbeda terkait profil guru yang profesional, termasuk mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang memiliki pandangan berbeda terkait dengan isu ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap melalui perspektif mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon tentang profil guru profesional abad 21. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa para mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon mempersepsi kriteria guru profesional abad 21 dengan tujuh keterampilan, yakni: (1) kemampuan berkomunikasi, (2) berkolaborasi, (3) berpikir kritis, kreatif dan inovatif, (4) kemampuan memecahkan masalah, (5) kemampuan memahami karakteristik peserta didik, (6) pola pikir yang imajinatif, serta (7) terampil dalam penguasaan teknologi informasi. Disamping ketujuh keterampilan tersebut, profil guru abad 21 pun harus memiliki beberapa karakter berikut: (1) ulet dan cekatan, (2) menjunjung tinggi profesi dan kode etik guru, (3) disiplin (tepat waktu), (4) terbuka, (5) jujur, (6) amanah dan bertanggungjawab, (7) professional (tidak mencampur adukan masalah pribadi ke dalam masalah akademik dunia pendidikan).
Kata kunci: Abad 21, guru profesional, mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Â
 Abstract
In the 21st century, many people have different views regarding the profile of professional teachers, including students of IAIN Syekh Nurjati Cirebon who have different views on this issue. This study aimed to reveal the perspectives of IAIN Syekh Nurjati Cirebon students on the profile of 21st century professional teachers. This study used a qualitative method with a descriptive approach. The results of the study show that students of IAIN Syekh Nurjati Cirebon perceive the criteria of 21st century professional teachers with seven skills, namely: (1) communication skills, (2) collaboration, (3) critical and creative thinking, (4) problem solving skills, (5) the ability to understand the characteristics of students, (6) an imaginative mindset, and (7) being skilled in mastering information technology. In addition to these seven skills, the profile of a 21st century teacher must also have the following characters: (1) tenacious and agile, (2) upholding the profession and teacher's code of ethics, (3) discipline (being on time), (4) open-minded, (5) honest, (6) reliable and responsible, (7) professional (no interference of personal problems in the academic problems in the world of education).
Keywords: 21st century, professional teachers, students of IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Full Text:
PDFReferences
Andriani, D. E. (2010). Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbingan Yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 2, 78–92.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.
Giantara, F. (2019). Model Pengembangan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 59–83.
Gumiandari, S., & Muslihudin. (2019). success guide (I. Nafi’a (ed.)). IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Jurnal Al Falah, 17(32), 274–285.
Hendri, E. (2010). Guru Berkualitas: Profesional Dan Cerdas Emosi. Jurnal Saung Guru, 1(2), 1–11.
Iskandar, D. (2018). Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of ManagementReview, 2(3), 261–270.
Jailani, S. S. (2014). Guru Profesional dan Tantangan Dunia Pendidikan. Jurnal Al-Ta’lim, 21(1), 1–9.
Kartowagiran, B. (2011). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 30(3), 463–473.
Mahanal, S. (2014). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS, 1–16.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Prayitno, A. K. S., & Karneli, Y. (2021). Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling Di Sekolah. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 3(1), 36–49.
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65–74.
Rahman, M. (2021). Peranan Serta Tantangan Profesional Guru Sebagai Sebuah Profesi. Seri PublikasiPembelajaran, 1(2), 1–15.
Richardo, R. (2016). Program Guru Pembelajar Upaya Peningkatan. Jurnal FKIP UNS, 777–785.
Selvi, N., Fitria, H., & Nurkhalis. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(1), 12–16.
Sepriyanti, N. (2012). Guru Profesional Adalah Kunci Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jurnal Al-Ta’lim, 1(1), 66–73.
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10–18.
Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52 – 61.
Susilo, A., & Sarkowi. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50.
Winata, R. (2021). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Seluma. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Yunita, L. (2019). Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Di Tk Masjid Agung Kalianda Lampung Selatan. Skripsi, 56.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.
DOI: 10.24235/ath.v31i1.8493
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.