MEWUJUDKAN LULUSAN PRODI PAI BERKOMPETEN SESUAI KEBUTUHAN DUNIA KERJA

Opik Abdurrahman Taufik(1*), Suprapto suprapto(2),


(1) Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI
(2) Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan kurikulum prodi agama berbasis KKNI dalam mewujudkan lulusan yang kompeten dengan duni kerja. Melalui metode library research, dan hasil kajian FGD, penelitian ini menelaah dan menganalisis literatur peraturan perundangan berkenaan dengan kurikulum di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam serta kajian pengembangan kurikulum pada beberapa PTKI di Indonesia. Penyetaraan lulusan prodi PAI dengan berbagai bidang dan sektor pekerjaan menjadi harapan utama dari pengembangan kurikulum ini. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ini menjadi rujukan dalam pengembangan kurikulum dan pemetaan mutu pendidikan. Terkait dengan hal tersebut kurikulum pendidikan agama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) perlu dikembangkan lebih lanjut untuk mewujudkan lulusan yang kompeten. Berdasarkan kajian data dan hasil workshop dapat disimpulkan bahwa profil lulusan suatu prodi akan ditentukan oleh asosiasi prodi masing-masing. Alur pencapaiannya dimulai dari penentuan jumlah dan nama mata kuliah yang tepat sesuai kebutuhan profil lulusan, penyiapan fasilitas yang memadai dan dosen serta staf yang kompeten. Kerjasama yang baik dengan instansi dan mitra di luar kampus sangat penting untuk pelaksanaan praktik mengajar dan pemerolehan sertifikat atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Sinergi antara dosen dan kepemimpinan yang bagus akan melahirkan lulusan yang kompeten

Kata Kunci: KKNI, kurikulum, lulusan, prodi PAI

 

Abstract

This study aimed to analyze and describe the curriculum development of the KKNI-based religion study program in realising competent graduates in the workplace. Through the library research method, and the results of the FGD, this research examined and analyzed the literature on regulations regarding the curriculum in several Islamic Religious Colleges (PTKI) and studies on curriculum development at several PTKI in Indonesia. The equalization of Islamic Religious Education graduates in various fields and working sectors is the main expectation of this curriculum development. The Indonesian National Qualifications Framework (KKNI) becomes a reference in curriculum development and the mapping of education quality assurance. Thus, the religious education curriculum at Islamic Religious Colleges (PTKI) needs to be further developed to create competent graduates. Based on the study of the data and the results of the workshop, it can be concluded that the profile of graduates of a certain study program will be determined by its association. The path of achievement starts from determining the number and the appropriate course titles according to the needs of the graduate profiles, planning on adequate facilities and competent lecturers and staff. Good cooperation with institutions and partners outside the campus is very important for the implementation of teaching practices and the achievement of certificates/Diploma Supplement (SKPI). The synergy between lecturers and good leadership will produce competent graduates.

Keywords: KKNI, curriculum, graduates, Religious Study Program

Full Text:

PDF

References


FITK UIN Raden Fatah. (n.d.). Kurikulum Berbasis KKNI, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam. Palembang: FITK UIN Raden Fatah.

Hadi, S. (2002). Metode Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Janah, F. J., Nurbayani, E., & Musfiroh, I. (2017). Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Samarinda. Retrieved from https://sidia.iain-samarinda.ac.id/file/lihat?file=7c3c56d2aerml3$deb4a

Kemendikbud. (2019). KKNI. Retrieved from http://jdih.kemendikbud.go.id/new/publik/produkhukum/303

Kemendikbud. (2021). KKNI. Retrieved from http://jdih.kemendikbud.go.id/new/publik/produkhukum/303

Khon, A. M. (2019). Perbandingan Profil Lulusan dan Standar Kompetensi Lulusan S1 Prodi PAI Berbasis Tracer Studi dan Asosiasi. Jakarta.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Marno. (2019). Strategi, Metode, dan Media Pembelajaran PAI Berbasis KKNI di PTKI. Malang.

Munadi, M. (2020). Manajemen Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 (pertama). Jakarta: Kencana.

Tim Peneliti Balitbang dan Diklat Kemenag RI. (2003). Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Jakarta.

Rumahlatu, D., Huliselan, E. K., & Takaria, J. (2016). An Analysis of the Readiness and Implementation of 2013 Curriculum in The West Part of Seram District, Maluku Province, Indonesia. International Journal of Environmental & Science Education, 11, 5662–5675.

Shidiq, S., & Syarifah, H. (2019). Perbandingan Kurikulum S1 Prodi PAI berbasis KKNI di PTKI. Jakarta.

Sumanto. (2014). Teori dan Model penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Servive).

Suprapto. (2018a). Implementasi Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pascasarjana S2 PAI UIN Mataram. Al Qolam, 24(2). Retrieved from http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/538/533

Suprapto. (2018b). Kapasitas Alumni Jurusan Pai Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Dialog, 41(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47655/dialog.v41i2.302




DOI: 10.24235/ath.v31i1.8468

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.