STRATEGI PENGENALAN KONSEP BERPUASA RAMADHAN PADA ANAK USIA DINI

Jazariyah Jazariyah(1*), Ende Riani(2), Putri Apriliyaneu Cahya Rumara(3), Tasya Nurul Annisa(4),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(4) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Keterlibatan orangtua dalam mengenalkan konsep puasa pada anak sangat penting. Namun, tidak sedikit orang tua yang abai dalam mengenalkan konsep puasa utamanya puasa wajib di bulan Ramadhan, hanya karena masih anak-anak. Padahal mengenalkan puasa pada anak sejak dini akan berdampak baik dan bermanfaat sekali bagi anak, salah satunya anak memiliki pribadi yang baik serta dapat hidup sederhana. Orangtua menjadi sosok yang sangat dekat dan menjadi contoh bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi orangtua dalam mengenalkan konsep puasa ramadhan pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah para orangtua atau wali anak, yang tersebar di wilayan Cirebon, Majalengka dan Sumedang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey angket dan wawancara online. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi orangtua dalam mengenalkan konsep puasa pada anak melalui penjelasan konsep puasa pada anak, langkah-langkah mengenalkan puasa pada anak, dan hal-hal yang harus diperhatikan. Pengenalan dilakukan secara bertahap, mulai dari melibatkan anak dalam kegiatan sahur, mengajarkan anak doa berpuasa dan membiarkan anak melakukan puasa meskipun bertahap.

Kata kunci: konsep puasa, anak usia dini, strategi orangtua

Abstract

The involvement of parents in introducing the concept of fasting to children is very important. However, some parents disregard for introducing the concept of fasting to their children, especially obligatory fasting in the month of Ramadan, because they think that it is too early for children to learn the concept of fasting. In fact, introducing fasting to children from an early age has a good and very beneficial impact, one of which is that children have good personalities and can live humbly. Parents become intimate with their children and become a role model for them. This study aimed to determine parents’ strategy in introducing the concept of Ramadan fasting to children. This study used a qualitative approach. The research subjects were parents or guardians of children in Cirebon, Majalengka and Sumedang areas. The data were collected by using questionnaire and online interview. The stages in data analysis included data reduction, data presentation, data verification, and conclusion drawing. The results of the study showed that parents’ strategies in introducing the concept of fasting to children were through explanations of the concept of fasting, steps in fasting, and some conditions to pay attention to. Fasting concept was introduced gradually to children, starting from involving children in sahur activities, teaching children about fasting dua, and letting children fast gradually.

Keywords: fasting concept, early childhood, parents’ strategies



Full Text:

PDF

References


Andy, Safria, Hati (Qalb) Dalam Pemikiran Tasawuf Ibn Qayyim Al-Jauziyyah, Disertasi, Medan: IAIN Pascasarjana, 2012), Bab. IV,

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib, Ringkasan Tafsir Ibnu Kasir, Terj. Budi Permadi, Jld. I (Jakarta: Gema Insani, 2011), Cet. I,

Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Kependidikan Islam, 1(2).

As-Sayuti, Imam Jalaluddin Al-Mahalli Dan Imam Jalaluddin, Tafsir Jalalain, Terj. Bahrun Abu Bakar, Jld I, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010), Cet.Kedelapan,

Bagir, Haidar, Epistemologi Tasawuf, (Bandung: Mizan, 2017), Cet. I BÄsumi, IbrÄhÄ«m, Nasy`At Al-TaÅŸawuf Al-IslÄmi (Kairo: DÄr Al-Ma`Ä€rif, 1119), Juz III,

Asrori Mohammad. (2015). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. 5(2).

Effendi, A. (2019). WANITA HAMIL DAN MENYUSUI YANG MENINGGALKAN PUASA RAMADHAN DALAM PERSPEKTIF HANAFIYAH DAN SYAFI’IYAH Amri Effendi. Ilmiah Syariah, 18(1).

Fadli, A. (N.D.). Upaya Orang Tua Dalam Melatih Anak Berpuasa Ramadhan Di Desa Nanga Serawai Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang.

Firmansyah, M. A. (2015). Pengaruh Puasa Ramadhan Pada Beberapa Kondisi Kesehatan. Cermin Dunia Kedokteran, 42(7), 510–515.

Hamka, Tasauf Modern, (Jakarta: Pt. Pustaka Panjimas, 2005),Tafsir Al-Azhar, Jld I (Jakarta: Gema Insani, 2015), Cet. I,

Hyoscyamina, D. E. (2015). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. Psikologi Undip, 10(2).

Isa, Syekh Abdul Qadir, Hakekat Tasawuf, Penerj. Khairul Amru Harahap Dkk, (Jakarta: Qisti Press, 2017), Cet. Ke-15

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. Https://Doi.Org/10.29408/Goldenage.V2i01.739

Nurdin, Z. (2019). Shalat Tarawih Bagi Perempuan Di Masjid Era 4.0. Nuansa, 12(2). Https://Doi.Org/10.29300/Nuansa.V12i2.2764

Penulis, P. (2018). Scanned By Camscanner è¿ž å‘ é˜‰. International Journal Of Physiology, 6(1), 2018.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18.

Saifullah. (2017). Konsep Pembentukan Karakter Siddiq Dan Amanah Pada Anak Melalui Pembiasaan Puasa Sunat. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 77–102.

Suradi, A. (2018). SISTEM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KONSEP ISLAM (Analisis Dalam Teoritis Dan Praktis). Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 61–84. Https://Doi.Org/10.29300/Nuansa.V11i1.1355

Syaifi, M. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ibadah Puasa Ramadhan. Tarbawi, 07(02), 1–10.

Zamakhsyari, H., & Thaib, H. (2016). Tadarus Al-Qur’an : Urgensi, Tahapan, Dan Penerapannya. I(1), 21–48.




DOI: 10.24235/ath.v31i2.8421

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.