MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA KELAS VII A SMP NEGERI 1 SELAKAU TIMUR
(1) STKIP Singkawang
(2) STKIP Singkawang
(3) STKIP Singkawang
(4) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa pada kelas VII A SMP Negeri 1 Selakau Timur menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning. Upaya tersebut dilakukan karena pembelajaran yang cenderung teoretis. Hal itu menyebabkan siswa kesulitan dalam mengonstruksikan antara pengetahuan dan pengalamannya ke dalam bentuk teks narasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan menjelaskan proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Alat pengumpul data yang digunakan, yaitu APKG 1, APKG 2, dan nilai siswa. Penelitian menunjukkan 3 hasil, yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran keterampilan menulis teks narasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning mencapai nilai 46,43% pada siklus I dan 78,57% pada siklus II, dan peningkatan yang dialami sebesar 32,14%. (2) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks narasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning mencapai nilai 78,75% pada siklus I, 100% pada siklus II, dan mengalami peningkatan sebesar 21,25%. (3) Hasil pembelajaran keterampilan menulis teks narasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning menghasilkan nilai individu dan nilai kelompok. Pada siklus I diperoleh nilai 71, siklus II 85 untuk nilai individu. Sementara itu, nilai kelompok pada siklus I, yaitu nilai 75, siklus II 82. Adapun peningkatan nilai individu dari siklus I ke siklus II sebesar 14,04%, sedangkan peningkatan nilai kelompok dari siklus I ke siklus II sebesar 7%.
Kata kunci: circuit learning, menulis, narasi, penelitian tindakan kelas
Â
Abstract
This study aimed to improve students' narrative text writing skills in class VII A of SMP Negeri 1 Selakau Timur by using a circuit learning type of cooperative learning model. This effort was made because the learning tended to be theoretical. It led students to have difficulties in constructing their knowledge and experience into narrative texts. This research used Classroom Action Research (CAR) which explained the learning process from planning, implementation, to evaluation. The data collection tools used were APKG 1, APKG 2, and students’ scores. The research shows three main results, namely: (1) the planning of learning narrative text writing skills using the circuit learning type of cooperative learning model reached a value of 46.43% in the first cycle and 78.57% in the second cycle, and the increase experienced was 32.14%; (2) the learning implementation of narrative text writing skills using the circuit learning type of cooperative learning model reached a value of 78.75% in cycle I, 100% in cycle II, and the increase experienced was 21.25%; and (3) the results of learning narrative text writing skills using the circuit learning type of the cooperative learning model produce individual and group scores. In the first cycle, the individual scores were 71 in the first cycle and 85 in the second cycle. Meanwhile, the group scores in the first and second cycle were 75 and 82 respectively. The increase in individual scores from cycle I to cycle II is 14.04%, while the increase in group scores from cycle I to cycle II is 7%.
Keywords: circuit learning, classroom action research, narrative, writing
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis dengan Penggunaan Modelkooperatif Learning Tipe Stad. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 220.
Adlani, S., & Agustina, R. T. (2021). Implementasi Video Teks Narasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V. 1(1), 72–77.
Dewi, D. A. P., Wiyasa, K. N., & Ganing, N. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri 1 Pejeng Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1), 1–11.
Effendi, R. (2016). Model Pembelajaran SQ3R Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Siswa. Kalamatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 109–118.
Fitri, I. R., & Wahyuni, R. K. (2018). Analisis Penggunaan Tanda Baca pada Teks Narasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Kapur IX. Deiksis, 10(03), 274.
Hadiani, S., & Cahyani, I. (2020). Circuit Learning Concept dan Implikasinya Berbantuan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Puisi di Kelas VIII A MTS Akhlaqiyah Pacet Cianjur Tahun Ajaran 2019-2020. 1541–1546.
Hakim, A. R. M. (2015). Pengaruh Model Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. JPGSD, 3(2), 239–248.
Nurmawati, F., Rukayah, & Budiarto, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi melalui Model Pembelajaran Circuit Learning pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal DIdaktika Dwija Indria (Solo), 8(2), 1–7.
Rahman, A., Sudiana, N., & Lasmawan, W. (2017). Pengaruh Implementasi Model Kooperatif Tipe Rally Coach Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Dengan Pengendalian Kecerdasan Linguistik Pada Siswa Kelas V Gugus XIII Kecamatan Buleleng. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 35–44.
Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(1).
Semi, A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Edunomika. 2(1), 36–46.
Syahrial, S. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Circuit Learning: Suatu Upaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), 285.
Wisni, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Circuit Learning di Kelas V SD Kanisius Jomegatan [Universitas Negeri Yogyakarta].
Zainurrahman, Z. (2016). Peran Pikiran Bawah Sadar (Subconscious Mind) dalam Proses Menulis dan Pembelajaran Naratif. Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 4(1), 49–58.
DOI: 10.24235/ath.v31i1.8397
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.