POLA MODERNISASI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGEMBALIKAN PENGARUHNYA DI MASYARAKAT

Muhammad Ikhsan Ghofur(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesantren mengalami rintangan dan hambatan dalam perkembangannya. Hal ini dikarenakan intervensi dari lingkungan yang menuntut perubahan di dalam pesantren. Perubahan di dalam pesantren juga dialami oleh Pondok Pesantren Pabelan. Pesantren dalam sejarahnya mengalami masa surut sebanyak dua kali menjadikan perubahan-perubahan di dalam pesantren. Perubahan tersebut mengharuskan pesantren menjadi lebih modern. Hal ini yang mendorong penulis melakukan penelitian mengenai modernisasi pendidikan pesantren di Pesantren Pabelan yang mana dalam prosesnya berusaha untuk mengembalikan pengaruhnya di masyarakat. Selain itu, dalam prosesnya tetap menjaga kultur yang ada dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan historis dengan fokus utama proses modernisasi Pesantren Pabelan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa Pesantren Pabelan dalam sejarahnya terutama pada masa surut kedua disebabkan karena ketergantungan pesantren terhadap kepemimpinan kyai dan permasalahan sosial di lingkungan pesantren. Dari permasalahan tersebut dilakukan perubahan diantaranya kepemimpinan secara kolektif; kontekstualisasi dan improvisasi metode pembelajaran, kontekstualisasi kurikulum dan perubahan yang mengedepankan kaidah hukum al-Mukhafadzatu ‘ala al-qadim al-ashalih wa al-akhzu bi al-jadid al-ashlah.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2013). Perkembangan Pesantren dan Madrasah di Indonesia dari Masa Kolonial sampai Orde Baru. Paramita: Historical Studies Journal, 23(2).

Agama, D. P. K. (n.d.). SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DAN ORGANISASI DITJEN PENDIDIKAN ISLAM. http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id2=sejarahpendis#.VgpGACtS3HI

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III. Kencana Prenada Media Group.

Bashori, B. (2017a). Modernisasi lembaga pendidikan pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 47–60.

Bashori, B. (2017b). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Nadwa, 11(2), 269–296.

Bizawie, Z. M. (2016). Masterpiece Islam Nusantara: Sanad dan Jejaring Ulama-Santri (1830-1945). Pustaka Compas.

Bruinessen, M. Van. (1999). Kitab Kuning, Pesantren, Dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam Di Indonesia. Mizan.

Hasan, M. (2015). Inovasi dan Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 23(2), 296–306.

Heriyudanta, M. (2016). Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 145–172.

Islam, D. K. A. (2003). Pondok Pesantren dan Madrsah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Depag RI.

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mu’tasim, R. (2005). Profil 40 Tahun Pondok Pesantren Pabelan 1965-2005. Pondok Pesantren Pabelan.

Rifai, M. (2011). Sejarah Pendidikan Nasional, Dari Masa Klasik Hingga Modern. Ar-Ruzz Media.

Rosidi, A. (2008). Kiai Hamam Dja’far dan Pondok Pabelan: kesaksian santri, kerabat, dan sahabat: mengenang 70 tahun Hamam Dja’far dan ulang tahun ke-43 Pondok Pabelan, 28 Agustus 2008. Pustaka Jaya dan Pondok Pabelan.

Setiawan, E. (2013). Modernisasi pola sistem pendidikan pesantren (studi kasus pondok pesantren modern daarul fikri Mulyoagung dau Malang). ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 14(2), 176–193.

Sunanto, M. (2017). Sejarah Peradaban Islam Indonesia. PT RajaGrafindo Persada.

Weber, M. (2009). Sosiologi. Pustaka Pelajar.

Ziemek, M. (1983). Pesantren Dalam Perubahan Sosial. Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat.




DOI: 10.24235/ath.v30i1.6296

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.