ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU SD/MI DI ERA DIGITAL
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis keterampilan dasar mengajar guru dalam pembelajaran online dan offline pada jenjang sekolah dasar, serta kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar guru pada pembelajaran online dan offline pada jenjang sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Partisipan penelitiannya sebanyak 47 guru SD/MI di kota dan kabupaten Cirebon. Instrumen yang digunakan adalah angket terbuka dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat beberapa perbedaan dari keterampilan dasar mengajar guru dalam pembelajaran online dan offline pada jenjang sekolah dasar, serta terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh guru SD/MI dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar khususnya ketika pembelajaran online. Â
Â
Full Text:
PDFReferences
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.
Damanik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). Keterampilan dasar mengajar guru (Vol. 1). umsu press.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi mengajar guru dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482-490.
Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan kesiapan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia dengan pemberian kuis di awal pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7-12.
Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis manfaat penggunaan aplikasi zoom dalam pembelajaran daring bagi guru dan siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 49-62.
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.
Marbun, P. (2021). Disain pembelajaran online pada era dan pasca covid-19. CSRID (Computer Science research and its development journal), 12(2), 129-142.
Marpaung, J. N., & Cendana, W. (2020). Keterampilan menjelaskan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1245-1252.
Moonti, U., & Bahsoan, A. (2021). Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 3(1), 1-7.
Norma, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Pembelajaran Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(2), 101-115.
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020, October). Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).
Rahmawati, D. N. U., & Puspita, R. D. (2020). Penerapan manajemen pembelajaran di sekolah dasar selama pandemi. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti, S. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 593-600.
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.
Sulastri, D., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Pemanfaatan platform digital dalam pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 219-229.
Susanti, R. (2022). Analisis dukungan emosional dan penerapan model kompetensi pedagogik terhadap keterampilan dasar mengajar. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 26-31.
Sutisnawati, A. (2017). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru sekolah dasar. Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 15-24.
Trisna, I. K., Subagia, I. W., & Herawati, P. O. (2017). Pemberian kuis di awal pembelajaran untuk meningkatkan kesiapan dan hasil belajar siswa kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 60-64.
Urdanisyah, S. I., Helmiansyah, H., & Subhananto, A. (2021). Teknik Pemberian Tugas Pada Pembelajaran Berbasis Online Di SD Negeri 57 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2).
Wahyulestari, M. R. D. (2018, July). Ketrampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Warmadewi, A. A. I. M., Kardana, I. N., & Raka, A. A. G. (2020). Penggunaan Video Ajar Dalam Proses Pembelajaran Online. Community Service Journal (CSJ), 3(1), 25-28.
DOI: 10.24235/ath.v33i1.13763
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.