ANALISIS DAN REKONSTRUKSI LITERASI KUANTITATIF DESAIN KEGIATAN LABORATORIUM STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN HEWAN BERBASIS ANCOR
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Praktikum menjadi komponen penting dalam pembelajaran biologi. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik dalam memperdalam pengetahuan di dalam kelas. Praktikum sangat membantu peserta didik dalam rekonstruksi pengetahuan. Namun, masih banyak Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) yang belum memenuhi standar, sehingga perlu dilakukan analisis dan rekonstruksi DKL. Selain itu, masih sedikit penelitian mengenai desain kegiatan praktikum pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merekontruksi literasi kuantitatif desain kegiatan laboratorium pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif berbasis ANCOR yang terdiri dari analisis, eksperimen/ coba, dan rekonstruksi. Objek penelitian yaitu DKL struktur dan fungsi jaringan hewan yang digunakan di sekolah dan terdapat pada buku pelajaran siswa yang dikumpulkan secara purposive sampling. Hasil analisis diperoleh bahwa DKL masih kurang dan tidak sesuai dengan standar, khususnya pada bagian judul praktikum, sehingga perlu dilakukan rekonstruksi terhadap DKL agar tidak menimbulkan kesalahan dalam kegiatan praktikum peserta didik. Rekonstruksi DKL praktikum struktur jaringan epitel pada hewan dapat menjadi alternatif DKL untuk mengatasi kekurangan DKL yang ada pada saat ini.
Kata Kunci: Analisis, Rekonstruksi, DKL, Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan
Practicum becomes an important component in biology learning. This aims to improve students’ Science Process Skills (KPS) in deepening knowledge in the classroom. Practicum is very helpful for students in the reconstruction of knowledge. However, there are still many Laboratory Activity Designs (DKL) that have not met the standards, so an analysis and reconstruction of a DKL is necessary. Besides, there is still little research on the design of practicum activities on the structure and function of animal tissues. The aim of this research was to analyze and reconstruct the quantitative literacy of laboratory activity design on the structure and function of animal tissues material. The method used was ANCOR-based descriptive qualitative which consisted of analysis, experimentation, and reconstruction. The object of research was the DKL of the structure and function of animal tissues used in schools and was contained in student textbooks which were collected by means of purposive sampling. The results of the analysis show that the DKL is still lacking and has not met the standards, especially in the practicum title section, so it is necessary to reconstruct the DKL in order to avoid mistakes in student practicum activities. The practicum DKL reconstruction of the epithelial tissue structures in animals can be an alternative DKL to deal with the current weaknesses of DKL.
Keywords: Analysis, Reconstruction, DKL, Structure and Function of Animal Tissue
Â
Â
Full Text:
PDFReferences
Aisya, N. S. M., Saefudin, S., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2016). Penerapan diagram vee
dalam model pembelajaran inquiry lab dan group investigation untuk meningkatkan
kemampuan literasi kuantitatif siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan.
In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and
Learning, 13(1), 112-117.
Association of American Colleges and Universities (AA CU). (2009). Quantitative literacy
value rubric, [Online], http://www.aacu.org/value/rubrics/pdf/ QuantitativeLiteracy.pdf,
diakses pada 08 Mei 2023.
Fauziah, A., Rahman, T., & Samsudin, A. (2022). Pentingnya lembar kerja peserta didik IPA
berbasis metakognitif untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah
siswa SMP. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 6(4), 356-368.
Furqan, H., Yusrizal, Y., & Saminan, S. (2016). Pengembangan modul praktikum berbasis
inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X di
SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 124-129.
Indrayani, S. (2022). Peningkatan hasil belajar melalui metode project based learing berbasis
praktikum biologi. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 14(1).
Khamidah, N., & Aprilia, N. (2014). Evaluasi program pelaksanaan praktikum biologi kelas
xi SMA se-kecamatan Umbulharjo Yogyakarta semester ii tahun ajaran
/2014. Jupemasi-Pbio, 1(1), 5-8.
Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan
praktikum fisika dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics
Education, 1(1), 49-54.
Mariyam, S., Lestari, R., & Afniyanti, E. (2015). Analisis pelaksanaan praktikum pada
pembelajaran biologi siswa kelas viii di SMP Negeri 3 Kuntodarussalam tahun
pembelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).
Najmah, S., Saehana, S., & Sari, I. N. (2019). Deskripsi kesulitan mahasiswa prodi
pendidikan fisika dalam melaksanakan praktikum di laboratorium. Jurnal Kreatif
Online, 7(4).
Novak & Gowin. (1984). Learning how to learn. New York: Cambidge University Press.
Novitasari, S., Tulandi, D. A., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan panduan praktikum
online menggunakan smartphone berbasis aplikasi phypox. Charm Sains: Jurnal
Pendidikan Fisika, 2(1), 35-42.
Nursyifa, F. (2019). Pengaruh media pembelajaran virtual laboratory berbantu android
terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang cahaya (Bachelor's thesis, Jakarta:
Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).
Pertiwi, F. N. (2019). Sistem pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi) laboratorium
IPA SMP Negeri di Ponorogo. Jurnal Penelitian Islam, 13(1).
Purnomo, W. A., Hasan, S., & Arifiyanto, E. S. (2014). Pengaruh peran guru dalam
membimbing siswa pada mata pelajaran praktikum pemeliharaan dan perbaikan sistem
refrigerasi dengan hasil belajar siswa. Journal of Mechanical Engineering
Education, 1(1), 170-176.
Putri, A. A., Nurdian, D., Rohmatulloh, G., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Analisis
dan Rekonstruksi Kegiatan Laboratorium Alternatif: Meningkatkan Keterampilan
Literasi Kuantitatif melalui Praktikum Ingenhousz. Jurnal basicedu, 6(4), 7396-7407.
Rahmawati, R., & Haryani, S. (2014). Penerapan praktikum berbasis inkuiri untuk
meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).
Rezeqi, S. (2012). Analisis pelaksanaan praktikum biologi dan permasalahannya di SMA
Negeri sekabupaten Karo. Jurnal Tabularasa, 9(01), 17-32.
Rizki, M., Suryawati, E., Zulfarina, Z., & Rahmi, F. O. (2021). Analisis self-efficacy sebagai
dasar pengembangan sumber belajar mandiri untuk praktikum jarak jauh di
LPTK. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 71-80.
Saputri, N. V. C., Surbakti, D. K. B., Tarmizi, A. D., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022).
Desain eksperimen fotosintesis pengaruh suhu bermuatan literasi kuantitatif. Jurnal
Basicedu, 6(4), 7608-7618.
Siburian, F., Sinambela, M., & Septie, S. (2017). Analisis pelaksanaan praktikum pada mata
pelajaran biologi di kelas x SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2).
Siregar, N. F., Sholihah, R. N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Analisis dan
rekonstruksi desain kegiatan laboratorium alternatif bermuatan literasi kuantitatif pada
praktikum fotosintesis Ingenhousz. Jurnal Basicedu, 6(4), 7532-7543.
Soleha, I. (2021). Strategi guru dalam pelaksanaan praktikum biologi pada masa pandemi
COVID-19 di Kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Jember semester ganjil tahun pelajaran
/2022 (Doctoral dissertation, UIN KH Achmad Siddiq Jember)
Speth, E. B., Momsen, J. L., Moyerbrailean, G. A., Ebert-May, D., Long, T. M., Wyse, S., &
Linton, D. (2010). 1, 2, 3, 4: infusing quantitative literacy into introductory
biology. CBE—Life Sciences Education, 9(3), 323-332.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian Bisnis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi,
dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta.
Wahyudi, W., & Lestari, I. (2019). Pengaruh modul praktikum optika berbasis inkuiri
terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan
Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 33-44.
Zumira, A., Salsabila, A., Nurzeha, F., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Desain
kegiatan praktikum pengaruh intensitas cahaya terhadap laju proses fotosintesis
bermuatan literasi kuantitatif. Jurnal Basicedu, 6(4), 7474-7485
DOI: 10.24235/ath.v33i1.13583
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.