PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

Patimah Patimah(1*), Inayatul Ummah(2), Aam Amaliah(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis kalimat pada siswa kelas III di MIN Kota Cirebon. Pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di MIN Kota Cirebon, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sebanyak 52 siswa terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa sebagai kelas kontrol dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Kemampuan menulis kalimat siswa pada kelas kontrol dapat dilihat dari hasil pretest rata-rata sebesar 56,48 dan hasil posttest sebesar 70,19. Kemampuan menulis kalimat siswa pada kelas eksperimen dapat dilihat dari hasil pretest rata-rata 60,40 dan hasil posttest rata-rata 84,80. Berdasarkan hasil uji t, nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00 < 0,05, maka ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan pendekatan saintifik secara signifikan lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis kalimat siswa. Siswa yang memiliki dan menguasai keterampilan menulis dengan baik akan mudah dalam mencatat, menyalin, dan menyelesaikan tugas sekolah, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai.

Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Menulis


Full Text:

PDF

References


Alam, S. (2022). Literasi Bahasa: Pengembangan Keterampilan Membaca dan Pembelajarannya. Jakarta: Budi Utama.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). SAGE Publications, Inc.

Damai, A. dkk. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD. Bekasi: Penerbit Media Maxima.

Darmayanti & Purbaningrum. (2017). Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Pada Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Pendidikan Khusus.

Derana, G. T., & Suhaimi, I. (2020). Efektivitas Pendekatan Saintifik Metode 5M dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. 6 (1), 66–74.

Fauzi, A. (2013). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra.

Helmawati. dkk. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik. J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya).

Juliana. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Aktivitas Siswa Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Deskripsi Siswa di Kelas V SDS Gracia Sustain Medan. Jurnal Tunas Bangsa.

Juniawan, dkk. (2020). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Berbasis Literasi Terhadap kemampuan Membaca Pemahaman dan Hasil Belajar Pelajaran Kelompok Sosial Humaniora Siswa Kelas V SD di Gugus 1 Kuta. 4 (1), 64–73.

Patimah. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Dongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Pada Jenjang Usia Sekolah Dasar. Jurnal Al-Ibtida. 2 (2). 1-19.

Patimah. (2016). Pendidik dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Al-Ibtida, 3 (1), 149.

Permatasari, A. D., Hidayat, E., & Putri, H. E. (2021). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Berkesulitan Menulis (Disgrafia). 556–565.

Permatasari, E. A. (2014). Implementasi Pendidikan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Pembelajaran Sejarah. 3 (1), 11–16.

Pireraningtias, A. (2016). Pengembangan Buku Panduan Menulis Kalimat Sederhana Menggunakan eyd untuk Siswa Kelas II SD di Kota Semarang.

Rahmadona, T. & Astimar, N. (2020). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar (Studi Literatur). 4, 1939–1949.

Rahmi, T. S. (2019). Pentingnya Keterampilan Mengelola Kelas Dalam Pelaksanaan Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah. 2 (1). 85-89.

Saadat, M., & Fayaz, M. (2014). Correlates of L2 Writing Ability of Iranian Students Majoring in English. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 1572–1579.

Sari, E., dkk. (2021). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Siswa Sekolah Dasar. 5 (2), 250–262.

Sari, M. Y. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa kelas IV SD Negeri Curug 01.

Setia, G. P. (2018). Penggunaan Media Kartu Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Sederhana di Sekolah Dasar. 320–326.

Setiawan, D & Herlambang, Y. T. (2022). Dampak Model Project based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar. Lensa Pendas, 7 (2), 129–136.

Setiawan, D. dkk. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9 (2), 130 – 140.

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis dan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.

Titik Suwarni. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Drama Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Online.

Wulandari, A. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 14.

Yuliani, K., & Winata, H. (2017. Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2 (1). 27-33.

Zainuddin. (2019). Peningkatan Efektivitas Guru Dalam Pengelolaan Waktu Belajar Siswa Di SMP Binaan Kota Lhokseumawe Dengan Menggunakan Ceklis Siswa Pada Tahun 2019. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. 7 (4). 482-491.




DOI: 10.24235/ath.v33i1.13465

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.