METODE MUHAFADHOH NADHOM AQIDATUL AWWAM SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK
(1) Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan memiliki tujuan meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Akidah Akhak melalui media nadzhom (bait yang dinyanyikan) Aqidatul Awwam. Penelitian ini dilaksanakan selama dua tahap. Setiap tahap dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Subjek yang terdapat dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan peserta didik kelas V MI Asy-Syafi’iyyah Jatibarang sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara mendalam dan tes. Penelitian ini berfokus pada implementasi muhafadhoh nadhom Aqidatul Awwam terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan faktor pendukung dan penghambat dari metode tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar peserta didik meningkat dengan metode muhafadhoh nadhom Aqidatul Awwam. Faktor pendukung keberhasilan penerapan muhafadhoh nadhom Aqidatul Awwam yaitu (1) mayoritas peserta didik MI Asy-Syafi’iyyah sudah lancar dalam membaca al-Qur’an, (2) nadhom dinyanyikan dengan irama yang mudah diingat, (3) penerapan yang konsisten, (4) diimplementasikan pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Namun faktor penghambat dari metode ini adalah membutuhkan waktu yang lama.
Kata kunci: muhafadhoh, nadhom, aqidatul awwam, akidah akhlak
Â
Â
Abstract
This classroom action research aimed at increasing students' interest in learning the Moral Creed subject through the media of Aqidatul Awwam nadzhom (verses rhyming). This research was carried out in two stages. Each of the stages was carried out in three meetings. The subjects included in this study were fifth-grade teachers and students of MI Asy-Syafi'iyyah Jatibarang, while the data collection techniques in this study were in the form of observations, in-depth interviews, and tests. This study focused on the implementation of the muhafadhoh nadhom of Aqidatul Awwam on students’ interest in Moral Creed subject and the supporting and inhibiting factors of this method. The results of this study indicate that students' interest and learning outcomes increase with the method of Aqidatul Awwam muhafadhoh nadhom. The supporting factors of the implementation of Aqidatul Awwam muhafadhoh nadhom are: (1) the majority of students in MI Asy-Syafi’iyyah have been fluent in Qur’an recitation, (2) nadhom is sung in catchy rhymes, (3) the implementation is consistent, and (4) it is implemented in the Moral Creed subject. Nevertheless, the inhibiting factor is it takes a long time.
Keywords: muhafadhoh, nadhom, aqidatul awwam, moral creedFull Text:
PDFReferences
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2003). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Rusyan, T., Daryani, Y. (2010). Penuntun Belajar yang Sukses. Jakarta: Bima Karya.
Aminuddin. (1991). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Aziz, M. F. (2018). Nadzam sebagai Media Melatih Daya Ingat Peserta Didik Kelas I'dad MA Ali Maksum Dalam Pembelajaran Aqidah. (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga).
Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model, Metode Pembelajaran dalam Belajar Peserta didik. Yogyakata: Deepublish.
Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Citra Aditya Bakti.
Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksra.
Rahman, N. (2009). Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Pustaka Felicia.
Rubiyanto, R. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sukayat, T. (2017). Nadhm Sebagai Pendidikan dan Dakwah. Cendekia, 15.
Sutriyanto. (2009). Faktor Penghambat Pembelajaran Boa Voly Siswi Kelas X Man 3 Yogyakarta. (Skripsi, FIK UNY)
Zainuddin, M. (2016). Penerapan Metode Menghafal Aqidatul Awwam dalam Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Memantapkan Akidah Peserta didik di MA Attariqqie Malang. (Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim)
DOI: 10.24235/ath.v32i2.11792
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.