ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KRANGKENG
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang belum sepenuhnya mengacu pada (Permendikbud) Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar proses. Banyak sekali problematika yang dihadapi oleh guru Biologi saat pelaksanaan pembelajaran di kelas. Salah satu elemen perubahan yang penting dalam kurikulum 2013 adalah standar proses yang berisi standar minimal mengenai proses pembelajaran yang harus dilakukan. Sehubungan dengan masalah tersebut diatas maka peneliti ingin mengetahui sejauh mana pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Biologi apakah pembelajaran Biologi mengacu pada Standar Proses. Peneliti melakukan penelitian mengenai analisis pelaksanaan kurikulum 2013 ditinjau dari standar proses dalam pembelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji (1) perencanaan pembelajaran Biologi di kelas X berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Krangkeng (2) mengkaji pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas X berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Krangkeng serta (3) mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran Biologi yang diterapkan oleh guru Biologi di SMA Negeri 1 Krangkeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Krangkeng pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menganalisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru Biologi kelas X serta pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas X-4 MIPA dan X-5 MIPA. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara umum RPP yang disusun guru telah memenuhi sebagian besar indikator dalam Permendikbud No.65 Tahun 2013 tentang standar proses. RPP yang disusun guru Biologi SMA Negeri 1 Krangkeng telah memenuhi ketercapaian dengan kriteria baik. (2) secara umum pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Biologi kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng sudah terlaksana dengan baik. Pelaksanaannya sesuai dengan Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang standar proses. (3) siswa memberikan respon kuat terhadap proses pembelajaran Biologi yang diterapkan oleh guru Biologi di SMA Negeri 1 Krangkeng.
Kata Kunci: Standar Proses, Pelaksanaan Pembelajaran Biologi, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2013. Peraturan Pemerintah Dan Kebudayaan Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
_____ Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
_____Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar .Proses. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
_____ Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Balim AG. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari Eurasian Journal of Educational Research 35 (1).
Didiet CA. 2014. Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 Dada Pembelajaran Biologi Di Sma Se-Kota Magelang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Eggen P & D Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Terjemahan Satrio Wahono. Jakarta: Indeks.
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Fauziah R, AD Abdullah, & DL Hakim. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika DasarBerorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Invotec 9 (2).
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Yang disempurnakan. Jakarta : Bumi Aksara.
_____ 2011. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Ramaja Rosdakarya.
Herlina. 2007. Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Jauhari M& BS Mulyani. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi SiswaKelas iv SDN 3 Midang Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dalam Mengurutkan Bilangan Cacah Melalui Metode Diskusi. J-TEQIP1 (1).
Kartijono NE & S Sukaesih. 2013. Microteaching Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS). Semarang: Jurusan Biologi FMIPA Unnes.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widia.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasatkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moleong, lexy J. 2004. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang disempurnakan. Bandung: PT Ramaja Posdakarya.
_____2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.
Nafisah, Yuni. 2014. Jurnal Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pantiwati Y. 2013. Hakekat Asesmen Autentik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Biologi. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) 1 (1).
Rauf AW. 2009. Deskripsi Tentang Hambatan Guru dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 4 Watampone. Jurnal Medtek 1 (1).
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sanjaya W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
_____. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2011. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.
_____. 2013. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Sujoko A. 2012. Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran melalui In-House Training. Jurnal Pendidikan Penabur. 11(18).
Sukmadinata, Nana, Syaodih. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sutjiono TWA. 2005. Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur 4 (4).
Winarni S. 2013. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter 3 (1)
DOI: 10.24235/sc.educatia.v5i2.973
Article Metrics
Abstract view : 1960 timesPDF - 3173 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)