Student Discipline Towards Natural Science Learning at Secondary Schools in Muaro Jambi Regency
(1) Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Jambi
(2) Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Jambi
(3) Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aslianda, Z., & Nurhaidah, N. (2017). Hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 236– 243.
Astalini, & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan instrumen sikap siswa sekolah menengah pertama terhadap mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(1), 1-7.
Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R. & Kurniasari, D. (2018). Identification of student attitudes toward physics learning at Batanghari District High School. The Education Review, USA, 2(9), 475-484.
Astalini, Pathoni, H., Kurniawan, D. A., & Kurniawan, N. (2019). The correlation between attitudes and discipline toward the science of secondary school. Jurnal Pendidikan Sains, 7(1), 9 -14.
Astuti, R., Widha S., & Suciati S. (2012). Pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses sains menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan disiplin belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 1(1), 51-59.
Bestari, D., Yulianti, D. & Dwijananti, P. (2014). Pembelajaran menggunakan SEA berbantu games untuk mengembangkan karakter siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 3(1), 23-29.
Budiono, A. & Antika, L.T. (2018). Review π: What is the description of students' interest in physics?. Jurnal Pena Sains, 5(2), 115-120
Febriana, M., Al Asya’ari, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan model pembelajaran inquiry pictorial riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 6-12.
Hadianti, L. S. (2008). Pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2(1), 1-8.
Hatfield, E., Cacioppo, J.L., & Rapson, R.L. (1993). Emotional contagion. Current Directions in Psychological Science, 2, 96-99.
Hidayati, N. (2016). Pembelajaran discovery disertai penulisan jurnal belajar untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Probolinggo. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 52-61.
Kurniawan, N. (2019). Analisis hubungan sikap siswa dan disiplin siswa terhadap mata pelajaran IPA di SMPN 11, SMPN 34, dan SMPN 38 Kabupaten Muaro Jambi. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi : Jambi.
Kurniawan, D. A., Astalini, & Kurniawan, N. (2019). Sikap siswa terhadap pelajaran IPA di SMP Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 4(3), 111-127.
Kurniawan, D. A., Astalini, Kurniawa , N., & Pathoni, H. (2019). Analisis korelasi sikap siswa dan disiplin siswa terhadap IPA pada siswa SMP Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 5(2), 59-75
Kurniawan D. A., Astalini A, Kurniawan N & Anggraini, L. (2019) Sikap siswa terhadap IPA berdasarkan investigasi dan korelasi: kesenangan belajar dan minat meluangkan waktu pada IPA. Science Education Journal (SEJ), 3(1), 1-13.
Ma’sumah, S. (2015). pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang : Semarang
Manan, M. (2015). The implementation of the right to education in Indonesia. Indonesia Law Review, 1, 51-68.
Qulud, Wahidin, & Maryuningsih, Y. (2015). Penerapan model pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada konseo reproduksi kelas XI di SMA Negeri 1 Arjawinangun. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 21-32
Rusyan, H. A. T. (2014). Membangun Disiplin Karakter Anak Bangsa. Jakarta : PT. Pustaka Dinamika
Suardana, I. N., Redhana, I. W., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamat, I. N. (2018). Students' critical thinking skills in chemistry learning using local culture-based 7E learning cycle model. International Journal of Instruction, 11(2), 399-412.
Sudewo. (2011). Best Practice Character Building, Menuju Indonesia Lebih Baik. Jakarta Selatan: Republika
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta
Ugurlu, C. T., Beycioglu, K., Kondakci, Y., Sincar, M., Cevat, M., Yildirim, Ozer, N. & Oncel, A. (2015). The views of teachers towards the perception of discipline in schools. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 197(2015), 120-125.
Widiyatmoko, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan physics-edutaiment berbantuan CD pembelajaran interaktif. Journal Of Primary Education, 1(1), 38-44.
Widodo, R. A. & Pranata, M. (2018). Penerapan grafik klip dalam pendidikan karakter untuk pembelajaran sikap di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 491-496.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 7(1), 83-95.
Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286-295.
DOI: 10.24235/sc.educatia.v9i1.6309
Article Metrics
Abstract view : 79 timesPDF - 18 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)