PROFIL KEMAMPUAN GENERIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM PADA SUBPOKOK BAHASAN SISTEM INDERA KELAS XI DI MAN KARANGAMPEL
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta bahwa kenyataan di lapangan, tidak sedikit sekolah-sekolah yang tidak menyelenggarakan praktikum dalam pembelajaran biologi. Kontribusi praktikum dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran dapat terwujud apabila siswa diberi pengalaman untuk mengindera fenomena alam dengan segenap inderanya.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengkaji profil kemampuan generik siswa melalui pembelajaran berbasis praktikum, 2) untuk menganalisis perbedaan kemampuan generik siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran berbasis praktikum, dan 3) untuk mengkaji respon siswa terhadap pembelajaran berbasis praktikum pada sub pokok bahasan sistem indera.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan angket. Design penelitian yang digunakan adalah pretes-posttest control group design dengan menggunakan satu kelas (Purposive Sampling), yaitu kelas XI IPA 2Â berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Karena sebaran data berdistribusi normal dan homogen, data hasil tes kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Paired Sample t Test.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pencapaian profil kemampuan generik siswa memperoleh hasil yang baik dengan kriteria cukup baik dan kriteria baik. Hasil uji Paired Sample t Test menunjukkan bahwa nilai signifikasinya (2-tailed) 0,000. Karena Sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat terdapat perbedaan terhadap profil kemampuan generik siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran berbasis praktikum. Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis praktikum bersifat positif dengan kriteria kuat dan sangat kuat.
Â
Â
Kata Kunci : Kemampuan Generik dan Pembelajaran Berbasis Praktikum.
Full Text:
PDFReferences
Anas, S. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rrajawali Pers
Arikunto, S. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Gibb, J. 2002. The Collection of Research Reading on Generic Skill in VET. [Online]. Tersedia : http : // www.ncvr.edu.au.hotm [15 November 2012]
Gyan. 2010. Media Pembelajaran Berbasis Praktikum. [Online]. Tersedia : http://sagiyantaruna.blogspot.com/2010/12/media-pembelajaran-berbasis-praktikum-oleh-sagiyan_15.html [15 November 2012]
Hake, R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. Am. J. Phys-Volume 66: 65
Hamzah, M . 2009. Generic Skills in Personnel Development. European Journal of Social Sciences – Volume 11: 1-2
Istamar, S. 2007. Biologi SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga
Kartono. 2007. Metode dan Pendekatan dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Meltzer, D,E. 2002. The Relationship Between Mathematict Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics : A Possible “Hidden Variabel†in Diagnostic Pretes Score. www.physicseducation.net/docs /Addendum_on_normalized_gain. pdf. [15 November 2012]
Rahman, T. 2004. Profil Kemampuan Generik. [Online]. Tersedia : http://pendidikansains.blogspot.com/2010/07/profil-kemampuan-generik-sains-calon.html [15 November 2012]
Riduwan. 2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta
. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta
Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : FPMIPA-UPI
Pujiyanto, S. 2008. Menjelajah Dunia Biologi 2. Jakarta : Platinum
Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Biologi. Bandung : Sinar Baru Algensindo
. . 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Surapranata, S. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interprestasi Hasil Tes. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Suyadi. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : DIVA
Wahidin. 2006 . Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung : Sangga Buana
DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i2.523
Article Metrics
Abstract view : 616 timesPDF - 2136 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)