PROFIL KEMAMPUAN GENERIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM PADA SUBPOKOK BAHASAN SISTEM INDERA KELAS XI DI MAN KARANGAMPEL

Irchin Suprihatin(1), Djohar Maknun(2*), Ina Rosdiana Lesmanawati(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta bahwa  kenyataan di lapangan, tidak sedikit sekolah-sekolah yang tidak menyelenggarakan praktikum dalam pembelajaran biologi. Kontribusi praktikum dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran dapat terwujud apabila siswa diberi pengalaman untuk mengindera fenomena alam dengan segenap inderanya.

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengkaji profil kemampuan generik siswa melalui pembelajaran berbasis praktikum, 2) untuk menganalisis perbedaan kemampuan generik siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran berbasis praktikum, dan 3) untuk mengkaji respon siswa terhadap pembelajaran berbasis praktikum pada sub pokok bahasan sistem  indera.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan angket. Design penelitian yang digunakan adalah pretes-posttest control group design dengan menggunakan satu kelas (Purposive Sampling), yaitu kelas XI IPA 2  berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Karena sebaran data berdistribusi normal dan homogen, data hasil tes kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Paired Sample t Test.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pencapaian profil kemampuan generik siswa memperoleh hasil yang baik dengan kriteria cukup baik dan kriteria baik. Hasil uji Paired Sample t Test menunjukkan bahwa nilai signifikasinya (2-tailed) 0,000. Karena Sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat terdapat perbedaan terhadap profil kemampuan generik siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran berbasis praktikum. Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis praktikum  bersifat positif dengan kriteria kuat dan sangat kuat.

 

 

Kata Kunci : Kemampuan Generik dan Pembelajaran Berbasis Praktikum.


Full Text:

PDF

References


Anas, S. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rrajawali Pers

Arikunto, S. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Gibb, J. 2002. The Collection of Research Reading on Generic Skill in VET. [Online]. Tersedia : http : // www.ncvr.edu.au.hotm [15 November 2012]

Gyan. 2010. Media Pembelajaran Berbasis Praktikum. [Online]. Tersedia : http://sagiyantaruna.blogspot.com/2010/12/media-pembelajaran-berbasis-praktikum-oleh-sagiyan_15.html [15 November 2012]

Hake, R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. Am. J. Phys-Volume 66: 65

Hamzah, M . 2009. Generic Skills in Personnel Development. European Journal of Social Sciences – Volume 11: 1-2

Istamar, S. 2007. Biologi SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga

Kartono. 2007. Metode dan Pendekatan dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Meltzer, D,E. 2002. The Relationship Between Mathematict Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics : A Possible “Hidden Variabel†in Diagnostic Pretes Score. www.physicseducation.net/docs /Addendum_on_normalized_gain. pdf. [15 November 2012]

Rahman, T. 2004. Profil Kemampuan Generik. [Online]. Tersedia : http://pendidikansains.blogspot.com/2010/07/profil-kemampuan-generik-sains-calon.html [15 November 2012]

Riduwan. 2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : FPMIPA-UPI

Pujiyanto, S. 2008. Menjelajah Dunia Biologi 2. Jakarta : Platinum

Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Biologi. Bandung : Sinar Baru Algensindo

. . 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Surapranata, S. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interprestasi Hasil Tes. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Suyadi. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : DIVA

Wahidin. 2006 . Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung : Sangga Buana




DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i2.523

Article Metrics

Abstract view : 616 times
PDF - 2136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)

Â