PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP, BERPIKIR KRITIS, DAN RETENSI KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PADA SISWA SMA
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan multi media interaktif (MMI) dalam meningkatkan penguasaan konsep, berpikir kritis, dan retensi siswa pada konsep sistem reproduksi manusia. Desain penelitian yang digunakan, yaitu “pretest-post-test control group design†dengan melibatkan 82 siswa kelas XI IPA. Data yang dijaring adalah penguasaan konsep, berpikir kritis, dan retensi siswa pada konsep sistem reproduksi manusia yang belajar dengan menggunakan MMI dinamis (pada kelas eksperimen) dan MMI statis (kelas kontrol). Instrumen berupa soal tes objektif, kuesioner, observasi dan wawancara. Hasil uji Z dan uji Mann-Whitney pada taraf α = 0,05 menunjukkan perbedaan yang signifikan penguasaan konsep siswa dengan N-gain 0,50 pada kelas MMI dinamis dan N-gain 0,34 pada kelas MMI statis. Demikian juga pada kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan N-gain 0,51 pada kelas MMI dinamis dan N-gain 0,21 pada kelas MMI statis. Tidak terdapat perbedaan signifikan retensi siswa yang belajar dengan MMI dinamis dan MMI statis. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa pembelajaran berbantuan MMI disukai siswa dan membantu siswa dalam belajar. Analisis terhadap observasi kegiatan pembelajaran pada kelas MMI dinamis lebih aktif dalam bertanya berkaitan dengan materi maupun meminta penjelasan guru dari animasi yang ditampilkan dalam CD pembelajaran. Beberapa kendala yang dihadapi dalam pembelajaran berbantuan komputer antara lain: keterbatasan jumlah dan kelengkapan komputer seperti headset/speaker, keterampilan guru dan siswa menggunakan komputer, serta ketahanan software terhadap ganggung virus, trojan, spam, dan lain-lain.
Keyword: Multimedia Interaktif (MMI), Penguasaan Konsep, Berpikir Kritis, Retensi
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2004). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Anderson, and Krathwhol . (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Longman
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Costa, A.L. (1985). Developing Minds: A Resource Book fot Teaching Thinking. Alexandria: ASCD
Dahar, R.W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. (2007). Pendidikan Sains di Indonesia Berdasarkan Hasil PISA. Tersedia di www.blogwordpress.com [diakses 7 Februari 2011].
Fraenkel, J.C, and Wallen, N.E. (2006). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill, inc.
Herlanti, K. (2005). Analisis dan Pemahaman Retensi Siswa SMP, Penggunaan Wacana Multimedia “Berpetualang Bersama Mendelâ€. (Kajian Terhadap Teori Reduksi Didaktif dan Pedagogi Materi Subyek). Tesis SPS UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.
Marzano, R.J. (1988). Dimensions of Thinking: A Frame work for Curriculum and Instruction. Alexandria, Virginia USA: Assosiation for Supervision and Curriculum Development
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suara Merdeka. (2010). Pemanfaatan TIK di Sekolah Sangat Rendah. Tersedia di http://suaramerdeka.com diakses [04 Juli 2011].
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tapilouw. F dan Setiawan, W. (2008). “Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi Multimedia Interaktif (Studi Empirik pada Konsep Sistem Saraf)â€. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 1, (2), 19-26.
O’Day, D. H. (2007). “The Value of Animations in Biology Teaching: A Study of Long-Term Memory Retentionâ€. CBE-Life Science Education. 26, 217-223.
Potyrala, K. (2006). “ICT Tools In Biology Educationâ€. CBE-Life Science Education
Puskur, (2007). Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Tersedia di http:www.puskur.net [diakses 20 Desember 2010]
Puspita, G.N (2008). Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Konsep Reproduksi Hewan untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Generik, dan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX. Tesis SPs UPI : Tidak Diterbitkan
Puspita, G.N. (2010). Penggunaan Program Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Biologi. Tersedia :www.gitabiology@blogspot.com [diakses 7 Februari 2011]
Wahidin. (2006). Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangga Buana.
Yarden, A. (2006). “Supporting Learning Biotechnological Methods Using Interactive and Task Included Animationsâ€. Earli. (30) 33-35
DOI: 10.24235/sc.educatia.v1i2.508
Article Metrics
Abstract view : 939 timesPDF - 1136 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)