PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERORIENTASI KECERDASAN SPIRITUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustian, Ary Ginanjar. 2003. Rahasia Sukses Membangun ESQ Power. Jakarta: Arga
Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ, Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga
Akhadiyah, Sabarti, dkk. 1995 Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Akhadiyah, Sabarti, dkk. 1997. Pengembangan Kemampuan Bernalar, Kreativitas, dan Budaya Tulis melalui Jalur Pendidikan dalam Peningkatan SDM dalam Bahasa Indonesia Menjelang Tahun 2000. Jakarta: Depdikbud.
Akhmadi, dkk. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia, Pengantar Wacana dan Jenis Tipe-tipenya. Malang: Departemen Bahasa Indonesia, FKSS IKIP Malang
Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2005. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat.
Alwasilah, A. Chaedar. 2008. Pokoknya BHMN, Ayat-ayat Pendidikan Tinggi. Bandung: UPI Press.
Ambarjaya, Beni S. 2008. Model-model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas Publishing
Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru
Anwar. 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta
Avery, Jon dan Hasan Askari. 1995. Menuju Humanisme Spiritual. Surabaya: Risalah Gusti.
Bain, C.E.& Beaty J. & Hunter J.P.1993. The Norton Introduction to Literature. New York: W.W. Norton & Company Inc.
Bastian, Aulia Reza. 2002. Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama
Basukiyatno. 2003. Pembinaan Kecerdasan Spiritual dalam Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya). Disertasi. Bandung: SPS UPI Bandung.
Beach, R. 1984. A Teacher’s Introduction a Reader-Response Theories. Urbana: National Council of Teachers of English
Bowdon, Tom Butler. 2005. 50 Spiritual Classics, Meraih Kebijaksanaan dalam Pencerahan dan Tujuan Batin melalui 50 buku Legendaris Dunia. Jakarta: PT BIP
Brown, Douglas. 2001. Teaching by Principles, an Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman.
Carole, Cox. 1998. Teaching Language Art. Boston, London: Allyn and Bacon.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustin. 1995. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta
Chatib, Munif. 2011. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.
Dardowidjojo. 2008. Psikolinguistik, Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Dakir dan Sardini. 2011. Pendidikan Islam dan ESQ, Komparasi Integratif Upaya Menuju Stadium Insan Kamil. Semarang: Rasail Media Group
Departemen Pendidikan Nasional, Pendidikan Dasar dan Menengah. 2000. Metode Pengembangan Kemampuan Berbahasa. Bandung: P3GT.
Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Duff. 1993. Another Book at Interlanguage Talk, Taking Task to Task. Mass: Newbury House
Efendi, Anwar. 2008. Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Tiara Wacana
Elbow, Peter. 1973. Writing without Teacher. London: Oxford University Press
Ferris, Dana R. 1997. The Influence of Teacher Commentary on Student Revision. TESOL Quarterly, 31: 315-39
Forrester, E.M. 1972. Aspect the Novel. London
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif- Interaktif. Bandung: Refika Aditama
Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi
Hamalian, Leo dan Karel Frederiok. 1967. The Shape of Fiction. Nem York: Naograw-Hill Book Company
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Harmer, Jeremy. 2007. How to Teach Writing. Malaysia: Stenton Associates
Hendrawan, Sanerya. 2009. Spiritual Manajemen. Bandung: Mizan
Hernowo. 2003. Quantum Writing, Cara Cepat Nan Bermanfaat Untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Bandung: Mizan Learning Center.
Hernowo. 2009. Mengikat Makna Up Date, Membaca dan Menulis yang Memberdayakan. Bandung: Mizan
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa Bandung: remaja Rosdakarya
Jamaluddin. 2003. Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching & Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.
Johnson. 2002. Constructive Evaluation of Literate Activity. New York: Longman
Joyce, Bruce & Marsha Weil. 2000. Models of Teaching. Amerika: A. Pearson Education Company
Kasupardi, Endang. 2003. Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi. Bandung: Tesis SPS UPI
Keraf, Gorys. 2004. Argumentasi dan Narasi, Komposisi Lanjutan III. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Mubarok, Achmad. 2003. Sunnatullah dalam Jiwa Manusia, Sebuah Pendekatan Psikologi Islam. Jakarta: The International Institute of Islamic Thought (ITT)
Mukri, Ridwan. 2007. ESQ Kisah untuk Remaja. Jakarta: Arga Publishing
Norton, D.E. and Norton S. 1994. Language Art Activities for Children. New York: Mcmillan College Publishing Company.
Nunan, David. 1991. Language Teaching Methodology, A Texbook For Teachers, New York: Prentice Hall International.
Nurgiyantoro, Burhan.1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE
Palinscar, A.S., and Brown, A.L., and Martin, S.M. 1987. Peer Interaction in Reading Comprehension Instruction. Educational Psychology,22, 231-253
Rakhmat, Jalaluddin.2007. SQ for Kids. Bandung: Mizan
Raimes.1987. Teaching Writing, Annual Review of Applied Linguistics. New York: Longman
Reid, Joy.M. 1994. Teaching ESL Writing. Englewood Cliffs Nj: Prentice Hall Regents
Richard dan David Nunan. 1990. The language Teaching Matrix. Combridge: University Press
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Salinger, Terry. 2001. Literate Environment. School Improvement in Maryland. (online).http://www.mdk12.org/practices/good_instruction/projectbetter/elangarts/ela-62-63.html)
Scharbach, A. 1995. Critical Reading and Writing. New York: Mac Grow-Hill Books Company.
Shih, May. 1986. Content-Based Approaches to Teaching Academic Writing. TESOL Quarterly 20: 617-48
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Soelaeman, M.I. 1988. Suatu Telaah tentang Manusia- Religi- Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Suparno dan Muhammad Yunus.2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Tafsir, Ahmad. 2006. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Tarigan, Henry Guntur. 1982 Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Thoha, Zainal Arifin. 2009. Aku Menulis maka Aku Ada. Yogyakarta: Kutub Wacana
Tompkins. 1990. The Language Art. New York: Longman
Tompkins, Gail E. 1993. Teaching Writing: Balancing Process and Product. New York: Macmillan College Publishing Company
Umiarso dan Zamroni. 2011. ESQ dan Model Kepemimpinan Pendidikan, Konstruksi Sekolah Berorientasi Spiritual. Semarang: Rasail Media Group.
Uno, Hamzah B. dan Masri Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wattimena, David dan Priatno H. Martokoesoemo.2011. Spiritual Happiness. Bandung: Mizania
Wellek, Rene and Austin Warren. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
Yusuf, Syamsu. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Rosdakarya.
Zohar, Danah dan Ian Marshall. 2000. SQ Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan
DOI: 10.24235/sc.educatia.v1i2.507
Article Metrics
Abstract view : 965 timesPDF - 672 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)