ANALISIS TINGKAT KETEPATAN KONSEP DAN TINGKAT AKOMODASI SCIENTIFIC APPROACH (PENDEKATAN SAINTIFIK) BUKU TEKS IPA BIOLOGI KURIKULUM 2013 KELAS XI SMA PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH

Rita Triasafifah(1*), Edy Chandra(2), Ina Rosdiana Lesmanawati(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Buku sebagai sumber dari segala informasi, harus sesuai dengan kebutuhan yaitu penyesuaian terhadap tuntutan kurikulum yang berlaku. Kurikulum 2013 mengacu pada scientific approach (pendekatan saintifik), sehingga pendekatan ini harus tercermin dalam buku yang berbasis kurikulum 2013.Penelitian ini, bertujuan mengkaji tingkat ketepatan konsep dan tingkat setiap aspek scientific approach meliputi observing, questioning, associating, experimenting dan networking. Tiga buku yang digunakan, untuk mengetahui kualitas buku yang relatif baik berdasarkan ketepatan kosep dan setiap aspek scientific approach. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dimana hasil penelitian dituangkan dalam bentuk narasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui observasi secara mendalam terhadap ketiga buku teks. Analisis ini meliputi analisis terhadap ketepatan konsep dan analisis terhadap setiap aspek scientific approach. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ketepatan konsep pada buku Erlangga relatif baik dengan presentase paling tinggi yaitu 87.2% konsep memadai. Tingkat akomodasi aspek observing buku Platinum memiliki presentase relatif tinggi yaitu 22%. Tingkat akomodasi aspek questioning buku Grafindo memiliki presentase relatif lebih besar yaitu 21.3%. Tingkat akomodasi aspek associating relatif lebih tinggi pada buku Erlangga yaitu 8.5%. Tingkat akomodasi aspek experimenting antara buku Erlangga dan Platinum memiliki presentase sama yaitu 4.9%. Tingkat akomodasi aspek networking pada buku Platinum relatif lebih besar yaitu 16.3%.

 

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Analisis Buku, Buku Kurikulum 2013, Ketepatan Konsep, Scientific Approach (pendekatan saintifik).


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Ango, Mary L. (2002). Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Educationn in the Nigerian Context. Nigeria :Plateau State. Vol 16.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aydin, Abdullah. (2013). Representation Science Process Skill Curicula for Grades 10, 11, and 12 in Turkey. Tukey: Ahi Evran University.

Barrett, Anggela.N. (2012). Digital PCR Analysis of Maternal Plasma for Noninvasive Detection of Sickle Cell Anemia. American Association for Clinical Chemistry.

Campbell. (2004). BIOLOGI Edisi keenam. Jakarta : Erlangga.

Campbell. (2011). BIOLOGI Edisi kesembilan. America. Library of Congress Cataloging.

Constantinou, Katerina. (2012). Is Blood Transfusion Therapy the Ideal Treatmeant for β-Thallasemia Intermedia?. Open Journal of Hematology London.

Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Diana. (2013). Kamus Kedokteran. Bandung: Serba Jaya.

Duniati, Nina. (2013). Analisis Kualitas Buku Teks IPA Biologi Kelas X Smester 2 Tingkat SMA Berdasarkan Aspek Wacana. Sikripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Fadillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Fathima, Nazia.(2013). Classification of Blood Types by Microscope Color Images. International Journal of Machine Learning and Computing. Vol 2.

Fathurrohman, Pupuh. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Ganita, G. dkk. (2012).Association of AB0 Blood Groups and Infertility. International Journal of Health Science and Reserch. Vol 2.

Fatten, dkk. (2013). Descriptive Analysis of the Graphical Representations of Cycle-2 Primary Science Textbooks in Bahrain. Literacy Information and Computer Education Journal (LICEJ). Vol 2.

Hidayat, Soleh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Rosdakarya.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia.

Karmana, Oman. (2014). Biologi . Bandung: Grafindo.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan no 81 A Tahun 2013 Implementasi Kurikulum 2013.

Kimball, John. (1983). BIOLOGI Edisi kelima. Jakarta : Erlangga.

Kurniasih, dan Berlin Sani. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.

Kustandi dan Bambang. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia.

Liang, Ye. dkk. (2013). Analysis of a Typical Chinese High School Biology TextbookUsing the AAAS Textbook Standards. Western Michigan University.

Lutfiah, Lia. (2013) Analisis Isi Buku Teks Biologi SMA Kelas X pada Konsep Tumbuhan di SMA Negeri 1 Palimanan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Moleong , Lexy J. (2011) . Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Karya.

Nara, Hartini. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia.

Ningtyas, Irna. (2014). Biologi. Jakarta : Erlangga.

Omca, Elif. (2009). Underlining The Problems In Biology Textbook For 10th Grades In High School Education Using The Suggestions Of Practicing Teachers. Journal of Turkish Science of education. Vol 6.

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no 70 Tahun 2013 Kerangka Dasar dan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no 65 Tahun 2013 Standar Proses Pendidikan dan Menengah.

Permendiknas. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 2 Tahun 2008. Buku.

Prayoga, Amrih. (2011). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Pelajaran Fisika SMA. Skripsi IAIN Walisongo Semarang.

Pujiyanti, Sri. (2014). Menjelajah Dunia Biologi. Solo: Platinum.

Ratna Wulan, Ana. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik dan Assesmennya dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Makalah Seminar IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Raven, Johnson. (2001). BIOLOGI Edisi Keenam. Mc Graw-Hill.

Rejeki, Sri. (2006). Peta Konsep dan Peta Kompetensi Biologi. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Roid, Galeh H. (1982). A Technology For Test-Item Writing. Orlando Florida New York. Academic Press INC.

Sanjaya, Wina. (2008). Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana.

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sariah, Neneng. (2010) Analisi Kualitas Isi LKS Biologi SMA Kelas X Smester II Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi IAIN Syekh Nurjati. Cirebon.

Solomon, (2008). BIOLOGI Edisi Ke delapan . America: Petter Adams.

Sugiarti, Cucu. (2013). Analisis Kualitas Buku Teks Biologi SMA Kelas X Smester 1 ditinjau dari Aspek Wacana Pembelajaran pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria. Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sugiyono. (2014) . Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v4i2.492

Article Metrics

Abstract view : 1003 times
PDF - 1085 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)

Â