ANALISIS KUALITAS REPRESENTASI VISUAL BUKU BIOLOGI SMA KELAS XI KURIKULUM 2013 PADA MATERI SEL
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Representasi Visual (RV) yang ditampilkan di dalam buku teks akan menambah nilai estetika buku, namun buku yang berkualis akan memperhatikan seluruh aspek tampilan buku agar bermanfaat dalam penyampaian materi, termasuk tampilan RV. Penggunaan RV yang tepat akan mempermudah pembaca dalam mempelajari konsep materi dan menghindari terjadinya miskonsepsi. Keberadaan RV sangat signifikan di dalam buku teks, oleh karena itu perlu adanya penelitian RV pada buku teks.Penelitian analisis RV bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks dari segi ketepatan RV yang digunakan di dalam buku teks. Analisis yang dilakukan meliputi: 1) ketepatan konsep; 2) tipe RV; 3) hubungan RV dengan konten materi; 4) hubungan RV dengan realitas; dan 5) fungsi RV. Buku teks yang dianalisis meliputi tiga penerbit buku kurikulum 2013 yaitu penerbit Erlangga (buku sampel A), Platinum (buku sampel B), dan Yrama Widya (buku sampel C). Analisis RV yang dilakukan yaitu pada materi sel kelas XI semester I. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah tabel daftar (list table) yang terdiri dari tabel analisis ketepatan konsep dan tabel analisis RV. Konsep materi sel terlebih dahulu dianalisis, kemudian dilakukan analisis RV.  Penelitian menghasilkan data bahwa buku sampel yang memiliki ketepatan konsep memadai yang tertinggi ialah buku sampel A sebesar 65,85%. Buku sampel B memiliki ketepatan konsep memadai sebesar 51,22%, dan buku sampel C sebesar 41,46%. Buku sampel A, B, dan C ditinjau dari segi tipe RV, masing – masing sudah relatif tepat dalam menampilkan tipe RV karena disesuaikan dengan kebutuhan bacaan. Tipe RV buku sampel A, B, dan C yang tertinggi ialah tipe sketsa – komik sebesar 30,00% pada buku sampel A; 28,26% pada buku sampel B; dan 28,99% pada buku sampel C. Analisis hubungan RV dengan konten materi menghasilkan data bahwa Buku sampel B memiliki hubungan bermakna dengan konten materi paling tinggi dibandingkan buku sampel A dan C, yaitu sebesar 71,74%. Buku sampel A memiliki hubungan bermakna sebesar 62,50% dan buku sampel C memiliki hubungan bermakna sebesar 66,67%. Buku sampel A, B, dan C ditinjau dari segi hubungan RV dengan realitas, masing – masing sudah tepat dalam menampilkan RV. Ketiga buku sampel menampilkan proporsi aspek metafora yang lebih tinggi dari aspek realistis. Buku sampel A memiliki aspek metafora sebesar 85,00%; buku sampel B sebesar 73,91%; dan buku sampel C sebesar 71,01%. Buku sampel C memiliki fungsi pelengkap tertinggi dibanding buku sampel A dan B yaitu sebesar 27,54%. Buku sampel A, B, dan C secara keseluruhan memiliki fungsi ilustratif yang tinggi dibandingkan dengan fungsi dekoratif, pemberi contoh, pelengkap, dan penjelas.
Â
Kata kunci: analisis, buku teks, representasi visual, ketepatan konsep.
Â
Full Text:
PDFReferences
Anagnostopoulou, Kyriaki, Vassilia Hatzinikita, dan Vasilia Christidou. 2015. Comparing International and National Science Assessment: What We Learn About the Use of Visual Representations. Greece: University of Patras UNESCO Chair.
Anagnostopoulou, Kyriaki, Vassilia Hatzinikita, dan Vasilia Christidou. 2012. PISA and Biology School Textbooks: the role of visual material. Greece: ELSEVIER.
Campbell, A. N., Reece, J. B., Urry, L. A. dkk. 2008. Biologi Jilid 1 Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.
Campbell, A. N., Reece, J. B., Urry, L. A. dkk. 2011. Biology Ninth Edition. United States of America: PEARSON.
Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori – Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Desnick, Robert J dan Edward H. Schuchman. Enzyme Replacement and Enhancement Therapies: Lessons from Lysosomal Disorders. [Online]. Tersedia: http://nature.com/nrg/journal/v3/n12/box/nrg963_BX1.html. [5 Agustus 2015 pukul 08:00 WIB].
Dikmenli, Musa, Osman Cardak, dan Fulya Oztas. 2009. Conceptual Problems in Biology-Related Topics in Primary Science and Technology Textbooks in Turkey. Turki: IJESE.
Echols, John M., dan Hassan Shadily. 1990. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Fadel, Charles. 2008. Multimodal Learning Through Media: What the Research Says. California U.S : Cisco.
Fotakopoulou, Demetra dan Vasiliki Spiliotopoulou. 2008. Visual Representations in Secondary School Textbooks of Economics. Greece: ICOAE.
Irnaningtyas. 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud. 2014. Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Krnel, Dusan. 2000. Teaching Concrete or Formal Concepts at an Early Age. Slovenia: University in Ljubljana.
Mulyani, Asep. 2014. “Representasi Visual Buku Biologi SMA pada Materi Kingdom Plantaeâ€. Jurnal Scientiae Educatia, Vol. 3 No. 1
Nurhayati, Nunung., Syaiful Azmi, dan Teti Suryati. 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Perminatan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: Yrama Widya.
Pujiyanto, Sri. 2014. Menjelajah Dunia Biologi 2 untuk Kelas XI SMA dan MA Kelompok Perminatan Matematika dan Ilmu Alam. Solo: Platinum.
Raven, P., Johnson, G.B. 2001. Biology Sixth Edition. New York: The McGraw-Hill.
Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, dan James D. Russell. 2012. Instructional Technology & Media for Learning (Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar) Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana.
Solomon, Eldra. P., Linda R. & B., Diana W.M. 2008. Biology Eight Edition. United States of America: Thomson Learning Academic Resource Center.
Sugiarti, Cucu. 2014. Analisis Kualitas Buku Teks Biologi SMA Kelas X Semester I Ditinjau dari Aspek Wacana Pembelajaran pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.
Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Gramedia.
Supriadi, Dedi. 2000. Anatomi Buku Sekolah Di Indonesia: Problematik Penilaian, Penyebaran, dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan, dan Buku Sumber. Yogyakarta: Adicita.
Treagust, David F. dan Chi Yan Tsui. 2013. Introduction to Multiple Representations: Their Importance in Biology and Biological Education. UK: Springer.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wolff, Michael Roth dan Lilian Pozzer Ardeghi. 2013. Picture in Biology Education. UK: Springer.
DOI: 10.24235/sc.educatia.v4i2.488
Article Metrics
Abstract view : 2381 timesPDF - 2667 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)