PENERAPAN PROJECT BASE LEARNING (PBP) BAGI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI PADA MATA KULIAH SAINS TERAPAN

Novianti Muspiroh(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Berbasis  (PBL/PBP) memiliki potensi yang amat besar untuk membuat pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna untuk pebelajar usia dewasa(andragogi) termasuk mahasiswa calon guru biologi,guna mempersiapkan untuk memasuki lapangan kerja. Tidak terkecuali bagi mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah sains terapan yang menuntut mahasiswa untuk aktif secara mandiri maupun kolaboratif dalam mengintegrasikan teoritik dengan masalah-masalah yang terkait dengan konsep sains. Penelitian dilakukan pada mahasiswa calon guru biologi di semester 7 dengan instrumen berupa observasi dan penilaian unjuk kerja. Didapatkan hasil pada penerapan PBL/PBP efektif dengan rerata indikator observasi sebesar 80,5. Pada penilaian produk hasil kerja/proyek mandiri didapatkan rerata 89,7 dan penilaian produk hasil kerja/proyek kelompok didapatkan rerata 91,6. Dengan demikian  PBL/PBP efektif bagi mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah sains terapan.

 

Kata Kunci : PBP, Sains Terapan


Full Text:

PDF

References


Beveridge, A. Archer, J. 2006. Motivational implications of project-based learning for the preparation of social workers. Paper presented at the annual meeting of the Australian Association for Research in Education. Adelaide, November 27-30, 2006.

Bhattacharya, M. MacIntyre, B. Ryan, S. & Brears, L. 2006. PBL Approach: A model for integrated curriculum. Paper presented at the annual meeting of the Australian Association for Research in Education. Adelaide, November 27-30, 2006.

Blaise, M. Dole, S. Latham, G. Malone, K. Faulkner, J. & Lang, J. 2006. Rethinking reflective journals in teacher education. Paper presented at the annual meeting of the Australian Association for Research in Education. Adelaide, November 27-30, 2006.

Buck Institute for Education, 1999` Project based Learning. http://www.bgsu.edu/organizations/etl/proj.html

Clarke, M. 2003. Reflection: Journal and reflective questions –A strategy for professional learning. Paper preseaper presented at NZAARE/AARE Conference, Auckland, Nov 29-Dec 3, 2003.

Davydov, V.V. 1995. The Influence of L.S. Vygotsky on Education Theory, Research, and Practice.EducationalResearcher,24(3),12—21.

Gaer, S. 1998. What is Project-Based Learning`http://members.aol.com/CulebraMom/pblprt.html

Hung, D.W., & Wong, A.F.L. 2000. Activity Theory as a Framework fo Project Work in LearningEnvironments.EducationalTechnology,40(2),33—37.

Johnson, D.W., Johnson, R.T. & Stanne, 2000. Cooperative Learning Methods: A Meta-Analysis. http://www.clcrc.com/pages/cl-methods.html

Maxwell, N.L., Bellisimo, Y. & Mergendoller, J. 1999. Problem-Based Learning: Modifying the Medical School Model for Teaching High School Economics. http://www.bie.org/pbl/overview/diffstraditional.html

Sapriya, dkk, 2006, Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS, UPI Pres, Bandung

Suratno, T., Dharma, A., & Desiree. 2007. Project-based Learning. Makalah disajikan pada kegiatan Semiloka Program Adopt A Teacher, Teacher Institute

Triana Kartika Sari, 2011, Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah PROGRESSIF, Vol.7 No.21,

Desember 2011

Vygotsky, L.S. 1978. Mind in Scciety. Cambridge, MA: Harvard University Press

Waras Khamdi, 2007. Pembelajaran Berbasis Proyek:Model Potensial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran

Johnson, D.W., Johnson, R.T. & Stanne, 2000. Cooperative Learning Methods: A Meta-Analysis. http://www.clcrc.com/pages/cl-methods.html




DOI: 10.24235/sc.educatia.v4i1.485

Article Metrics

Abstract view : 877 times
PDF - 676 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)

Â