PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, MASYARAKAT DAN ISLAM (SALINGTEMASIS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X DI SMA NU (NADHATUL ULAMA) LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

Muhammad Taufik Aditia(1*), Novianti Muspiroh(2),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pengembangan modul pembelajaran berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis) merupakan bagian dari pembelajaran yang mengaitkan lingkungan sekitar dengan nilai – nilai Islam menjadi tak terpisahkan sebagai aplikasi integrasi dengan pembelajaran biologi tentang ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul  pembelajaran berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis) pada konsep Ekosistem kelas X, mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa beserta perbedaannya antara yang diterapkan modul dan yang tidak dietrapkan, dan mengkaji respon siswa terhadap pengembangan modul berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis) di  kelas X di SMA NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksperimen.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui angket, uji modul berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis), dan tes hasil belajar. Untuk uji analisis digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan Uji t Paired Sample Test.Berdasarkan hasil penelitian tentang pengembangan bahan ajar melalui beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain modul, pengemebangan bahan ajar, validasi modul oleh para ahli, dan uji coba modul. Peningkatan hasil belajar siswa dengan modul sebesar 0,28 dengan kriteria cukup baik. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan  antara kelas eksperimen dan control. Respon dari siswa sebesar 82.07% yang berarti sangat kuat terhadap penggunaan modul.

 

Kata kunci : Modul Biologi Berbasis (Salingtemasis), Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto. S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Imron. Amran. 2006. Modul Pembelajaran yang Efektif dan Menarik. Bandung : PT. Rosdakarya

Lestari. Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang : Akademia Permata.

Majid. Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT. Rosdakarya

Nawawi. Imam. 2007. Terjemah Hadist Arba’in. Jakarta : Sholahuddin Press

Poedjiadi. Anna. 2007. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rahman. Arief. 2002. Penerapan Pengajaran IPTEK Bermuatan IMTAK. Jakarta : PT. Gunara Kata

Soemantri. Nurdin. 2003. Peningkatan Nilai Imtaq Dalam Pembelajaran. Yogyakarta:http:// infopendidikankita_blogspot.com/2012/08/nilai-nilai-imtaq-dalam -pembelajaran.html

Sungkono. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.

Sudrajat. Akhmad. 2 Mei 2007. Konsep Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta :http://info-pendidikankita_wordpress.com/2012/05/06/konsep-pengembangan-bahan-ajar-2/

Sudjadi. Bagod. 2006. Biologi Sains Dalam Kehidupan SMA Kelas X 1B. Surabaya : Yudhistira

Syukur. Fatah. 2012. Sejarah Pendidikan Islam. Semarang : Pustaka Rizki Putra

Tim TPK BPPTKPK. Teknik Penyusunan Modul. Bandung : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Wasisto. Agus. 2004. Pembelajaran Biologi Yang Berbasis Imtaq dengan Pendekatan Integratif (SETSR). Klaten : PROSPECT

Zaini. Muhamad. 23 April 2012. Karakteristik Bahan Ajar. Jakarta : http://supraptojiel-wongsolo.wodpress.com/2008/09/03/karakteristik-bahan-ajar/




DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i2.478

Article Metrics

Abstract view : 1409 times
PDF - 3155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)

Â