PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 9 CIREBON PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM

Resti Wayu Danaswari(1*), Evi Roviati(2), Kartimi Kartimi(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran biologi yang hanya terfokus pada penyampaian materi semata.  Pembelajaran yang ada sekarang tidak bersifat kontekstual. Guru masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Guru belum menggunakan media pembelajaran oleh karena itu media komik bisa digunakan sebagai salah satu alternatif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar dalam bentuk media komik pada materi pembelajaran ekosistem, untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar media komik dengan bahan ajar buku paket pada materi pembelajaran ekosistem, untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar media komik yang digunakan.

Sample dalam penelitian ini adalah satu kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan satu kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengembangan media menggunakan model 4-D (Define, Design, Development & Disseminate), desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttes control group, pengambilan sample dalam penelitian ini dengan purposive sampling yaitu penentuan kelas eksperimen dan kontrol berdasarkan rujukan dari guru IPA kelas X.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan test.

Validasi media didapat dari hasil analisis perhitungan validasi ahli dengan nilai rata-rata persentase paling tinggi yaitu sebesar 74,6% yang kriterianya dinyatakan layak pada aspek efek media terhadap strategi pembelajaran. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan yaitu dari nilai rata-rata Pre Test 57.13 menjadi 75,88 pada rata-rata Post Test dan nilai rata-rata gain sebesar 0.40. Sedangkan kelas kontrol rata-rata siswa mengalami kenaikan dari nilai rata-rata awal 57.94 menjadi 68.38 pada rata-rata akhir dan nilai rata-rata gain sebesar 0.23. Rata-rata gain kelas eksperimen 0.40 terbilang sedang dan kelas kontrol 0.23 terbilang rendah. Uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan menunjukkan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media komik dan kelas yang tidak menggunakan media komik. Hasil respon siswa terhadap media komik menunjukkan kriterium 77% yang berkategori kuat.

Pembelajaran dengan mengembangkan bahan ajar komik menurut ahli media, bahasa dan materi layak digunakan, hasil belajar siswa yang menggunakan media ini juga meningkat yang terlihat dari perbedaan yang signifikan pada hasil tes. Respon siswa pada media komik ini juga sangat bagus dibuktikan dengan kategori yang kuat.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ade. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Poster Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Konsep Invertebrata Di Kelas X MAN Cikalong. Cirebon : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

Aripin, Ipin. 2008. Modul Pelatihan Teknik Pengolahan Data dengan Excel 2007 dan SPSS. Cirebon : STAIN Press

Campbell. 2004. Biologi Edisi Kelima Jilid 3. Jakarta: Erlangga

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Karnoto. 1996. Mengenal Analisis Tes (Pengantar ke Program Komputer Anates). Bandung: IKIP bandung

Kurnia, Tri. 2012. Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas. ( 10 Juni 2013 )

Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Meltzer, D,E. 2002. The Relationship Between Mathematict Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics : A Possible “Hidden Variabel†in Diagnostic Pretes Score. www.physicseducation.net/docs /Addendum_on_normalized_gain. pdf. [17 Juni 2013]

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka

Pratiwi, et, all. 2006. Biologi untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga

Purwanto, Didik. 2013. Pengembangan Media Komik Ipa Terpadu Tema Pencemaran Air Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. (21 Juli 2013 )

Purwanto, Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Riduwan. 2005. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Sagami, Galuh. 2012. Keefektifan Media Komik Tanpa Teks Dalam Pembelajaran Menulis Dongeng Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Wates. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Setiawan, Denny. 2007. Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Universitas Terbuka

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sudjana dan Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjana, Nana . 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Surapranata, Sumarna. 2005. Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : Rosdakarya

Wahidin et al. 2005. Modul Pendidikan dan Pelatihan Komputer STAIN Cirebon.Cirebon : STAIN Press Cirebon.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i2.477

Article Metrics

Abstract view : 1783 times
PDF - 1762 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)

Â