PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENGANTAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMA RSBI
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian Ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran biologi di SMA RSBI yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris, (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran biologi berpengantar Bahasa Inggris, (3) mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan pengantar Bahasa Inggris dan (4) mengetahui besarnya korelasi antara aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan model kooperatif tipe jigsaw dan berpengantar Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran biologi di SMA RSBI yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan baik. Perangkat yang dikembangkan terdiri atas silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, LKS dan instrumen evaluasi aktivitas belajar, hasil belajar dan angket kesukaan siswa akan model pembelajaran, (2) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan pengantar Bahasa Inggris dengan rerata skor sebesar 7,6, (3) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan pengantar Bahasa Inggris. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dan jumlah siswa yang tuntas pada kelas eksperimen lebih banyak daripada di kelas kontrol, dan (4) aktivitas belajar berkorelasi sangat kuat dengan hasil belajar, dengan potensi hubungan kedua variabel sebesar 79,56%.
Full Text:
PDFReferences
Altiparmak, M dan M. Nakiboglutezer. 2009. Hands on group work paper model for teaching DNA structure, central dogma and recombinant DNA. US-China Education Review, ISSN1548-6613, (Serial No.50), USA. Jan. 2009. 6 (1): 19-23.
Anam, S. dan H. Susanti. 2008. Menggenjot Mutu Kepala Sekolah Rintisan SBI. Blog Pena Aktual html. www.penapendidikan.com%2Fmenggenjot-mutu-kepala-sekolah-rintisan-sbi%2F. (23 April 2008).
Chan, K.W. 2004. Using ‘Jigsaw II’ in Teacher Education Programmes. Hong Kong Teachers’ Centre Journal. 3: 91-97
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Sistem Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Sistem Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dotson, J.M. 2001. Cooperative Learning Structures can Increase Student Achievement. Culminating Project. Kagan Online Magazine, Winter 2001 http://www.kaganonline.com/KaganClub/FreeArticles/Increase Achievement.html (24 Maret 2009)
DPR RI. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Fatirul, A.N. 2008. Cooperative Learning. Universitas Negeri Malang. www.trimanjuniarso.wordpress.com. (23 September 2008)
Lie, A. 2007. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.
Mesch, D.J. 1991. The Jigsaw Technique: A Way to Establish Individual Accountability in Group Work. Journal of Management Education. 15 (3): 355-358. DOI: 10.1177/105256299101500308 http://jme.sagepub.com/ cgi/content/ abstract/15/3/355 (24 Maret 2004)
Sardiman, A.M. 2004. Proses dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Slish, D.F. 2005. Assessment of the use of the Jigsaw Method and Active Learning in Non-majors, Introductory Biology. Bioscene. 31(4) : 4-10
Sugian, N. 2004. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Mata Pelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Upaya Melatihkan Keterampilan Sosial Siswa SLTP. Tesis. Prodi Pendidikan Sains PPS Universitas Negeri Surabaya.
Trianto. 2007. Model - Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Zakaria, E. dan Z. Iksan. 2007. Promoting Cooperative Learning in Science and Mathematics Education: A Malaysian Perspective. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, ISSN: 1305-8223, 3(1): 35-39
DOI: 10.24235/sc.educatia.v1i1.469
Article Metrics
Abstract view : 1131 timesPDF - 1001 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)