PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DAPAT MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH PADA SISWA SEKOLAH ADIWIYATA

Yuyun Maryuningsih(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung pada siswa. Oleh karena itu siswa perlu dibantu untuk menumbuhkan kemampuan kerja ilmiah dan memecahkan masalah lingkungan agar mereka memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan perangkat pembelajaran PLH dengan model Problem Base Learning (PBL) dapat menumbuhkan kemampuan kerja ilmiah pada siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran PLH dengan PBL dan menyelidiki keefektifannya dalam menumbuhkan kemampuan kerja ilmiah pada siswa SMA Negeri 1 Mandirancan sebagai sekolah peraih Adiwiyata.   Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Penelitian didahului dengan pengembangan perangkat pembelajaran PLH dengan PBL dan diujicobakan pada kelas kontrol dan eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Mandirancan Kuningan. Variabel yang diteliti adalah kemampuan kerja ilmiah. Data diambil dengan observasi, angket dan tes. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase skor untuk kemampuan kerja ilmiah kemudian dianalisis secara parametrik dengan menggunakan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PLH dengan PBL dapat menumbuhkan kemampuan kerja ilmiah. PBL sangat tepat diterapkan pada pembelajaran PLH, mengingat pembelajaran PLH mencakup beberapa domain pembelajaran dalam bentuk pengetahuan/ pengertian dan kesadaran, sikap/ nilai, keterampilan serta aksi/ partisipasi. Untuk itu disarankan agar model PBL diterapkan dalam pembelajaran PLH.

 

Kata kunci: Pendidikan Lingkungan Hidup, PBL, kemampuan kerja ilmiah


Full Text:

PDF

References


Afcariono, M. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Laporan PTK. http://jurnaljpi.wordpress.com/2009/01/01/muchamad-afcariono/# more-430. (15 juni 2009)

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Barrett, T., and Mac Labhrain, I. 2005. Hand book of Inquiry and Problem Based Learning: Designing a Hybrid Problem Based Learning (PBL) course: A Case Study of First Year Computer Science in NUI May Noth. Galwa: Celt, Released under Creative Commons Licence.

Darmawan, Y. 2008. Kerja Ilmiah. Artikel. http://sma-pgri-cianjur.blogspot.com/. (21 September 2009).

Dasna, I. W dan Sutrisno. 2008. Problem Base Learning. Artikel. http://www. wordpress.com. (21 September 2008).

Ernawan, E. 2007. Pemberlakuan Mulok LH Menuju â€Good Enviromentâ€. Artikel. http://www.pikiran-rakyat.com. (21 September 2008).

Gackowski, Z. 2005. Case/Real-Life Problem Based Learning with Information System Projects. Journal of Information Technology Education. Volume 2. California State University Stanisland Turlock, California USA.

Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi aksara.

Liex. E. M. 1999. A Comparative Study of Learning in Lecture vs. Problem-Based Format. Australian Journal of Educational Technology. "http://www.udel. edu/pbl/ cte/ spr96-nutr.html" (21 Maret 2009).

Keil C, J. Hanney, and J Zoffel. 2009. Improvement in Student Achivement and Science Process Skill using Environmental health Science Problem Based Learning Curricula. Electronic Journal of Science Education. 13 (1) Southwesttern University.

Kementrian Lingkungan Hidup. 2007. Pendidikan Lingkungan Hidup. Artikel. http://www.kementrianlingkunganhidup.go.id. (15 Oktober 2008)

Myers BE and Dyer JE. 2006. Effect of Investigative Laboratory Instruction on Content Knowledge and Science Process Skill achievement across Learning Style. Journal of Agricultural Education. 47(4).

Newstetter, and Wendy C. 2005. Creative Cognitive Apprenticeship for Undergraduated Learning. Fostering Achivement seminar in the Biomedical Engineering at Georgia Institute of Technology.

Omari. A and Oliver. R. 1999. Using online technologies to support problem based learning: Learners' responses and perceptions. Journal of Edith Cowan University http: //www.ascilite.org.au/ajet/ajet15/oliver.html (21 Maret 2009).

Pasek, I, N. 2008. Pembelajaran berbasis masalah : Problem Base Learning. Artikel. http://www.elearning.com. (14 November 2008).

Paidi. 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi yang Mengimple-mentasikan PBL dan Strategi Metakognitif serta Efektivitasnya terhadap Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Sleman-Yogyakarta. Desertasi. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/ 997. (15 Juni 2009)

Pemerintah provinsi Jawa Barat, 2007. Peraturan Gubernur Jawa Barat no. 25 tahun 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan kurikulum muatan lokal Pendidikan Lingkungan Hidup. Dinas Pendidikan

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Media Group.

Spronken, R., and Smith. 2009. Problem Based Learning Challenging but Empowering. Journal of University of Otago Dunedin. New Zealand.

Stack A. 2009. A Report on The Dual Learning Outcomes of Implementing a Problem Based Learning Approach within the Multimedia Application Classroom. Department of Computing Math and Physics. Waterford Institute of Technology Ireland.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2003. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Sukmadinata, N S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sumampouw., and Marlee. 2008. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Penelitian Pengajaran bahasa Perancis dengan Pendekatan konstruktivistik melalui PBL. Laporan PTK Dosen. Universitas Negeri Manado. http://www.apfi-pppsi.com/cadence18/ pedagog18-4.html. (16 Juni 2009).

Ward, J D., and Lee, ICL. 2002. A Review of Problem based Learning. Journal of family and consumer sciences Education. 20 (1)

Wianti, A, Desnera, Y dan Amelia, R. 2008. Pembelajaran Melalui PBL dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan.: http://www.colourofislam.com. (21 September 2008)

Wood E.J. 2004. Problem Based Learning: Exploiting Knowledge of how People Learn to Promote effective Learning. BEE-J journal. Volume 3. School of Biotechnology and Molecular Biology and Learning and Teaching Support Network (LTSN) for Bioscience. University of Leads. Leads. UK

Woods, D, R. 2006. "Problem-based Learning: helping your students gain the most from PBL". http:// chemeng. mcmaster. ca/ pbl/ chap1. pdf. (14 November 2008)

Teo R and A. Wong. 2001. Does Problem Based Learning create a Better Student: A Reflection. Temasek Polytechnics Singapore.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Turgut, H. (2008). Prospective Science Teachers Conseptualization about Project Based Learning. International Journal. I (1). Http: www.e-iji.net (2 Juli 2009)




DOI: 10.24235/sc.educatia.v1i1.466

Article Metrics

Abstract view : 1486 times
PDF - 1037 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)

Â