The Learning Environment and Students’ Learning Interest in Online Learning
(1) Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Labuhanbatu
(2) Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Labuhanbatu
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, D. (2014). Pengaruh minat belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII MTs Mumamadiyah Waru tahun ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesisis,Universitas Muhammadiyah Surakarta
Ariani, Y. (2017). Developing college students’ soft skills through generative learning model. Proceedings of the 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017), 118, 830–834. https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.42
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT. Rineka Cipta.
Aringga, R., Pargito, P., & Utami, D. (2019). Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Minat Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Kota Bandar Lampung Tahun 2018. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 7(5).
Asvio, N. (2015). Dengan minat belajar mahasiswa semester III Program Studi Diploma III Kebidanan. Jurnal Al-Fikrah, 3(1), 95–108.
Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., & Larasati, D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Efendi, N., Sartika, S., & Shofiyah, N. (2020). The readiness of natural science secondary school teachers in distance learning during the Covid-19 Pandemic. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 166-175. doi:http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v9i2.7385
Ghasani, T., Juanda, A., & Maryuningsih, Y. (2021). Levels of anxiety of high school students when learning biology during the Covid-19 Pandemic. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 97-106. doi:http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v10i2.9167
Giovando, A., & Wahid, S. (2018). Hubungan antara suasana lingkungan belajar dengan minat belajar murid di TPQ Masjid Baiturrahman Kelurahan Koto Lalang Kota Padang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 31–38. http://kolokium.ppj.unp. ac.id/ index.php/ kolokium-pls
Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar , Kemandirian Belajar , dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328.
Haris, R., Jufri, M., & Taiyeb, M. (2012). Pengaruh minat belajar, lingkungan belajar dan partisipasi orang tua terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Wajo I. Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, 2011, 636–644.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/ 10.34312/jmathedu. v2i2.10587
Jamil, H. I. A. (2015). Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Solok Selatan. EconomicaJournal of Economic and Economic Education, 2(2), 85–98. https://doi.org/10.22202/economica .2014.v2.i2.221
Khusnah, L. (2020). Persepsi Guru IPA SMP / MTs terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi. 2(2), 112–118.
Kurniawan, D. L., & Santoso, D. (2013). Pengaruh lingkungan belajar, minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas X SMA N 1 Kota Mungkid, Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta: Thesis.
Limiansi, K., Pratama, A., & Anazifa, R. (2020). Transformation in biology learning during the covid-19 pandemic: from offline to online. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 189-202. doi:http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v9i2.7381
Nilawati, N., & Cahyani, D. (2021). Differences in Students' Thinking Skills in Making Decisions Through Online Learning Based on Google Classroom Applications on Ecosystem Materials. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 137-147. doi:http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v10i2.9077
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135. http://ejournal.upi.edu /index. php/jpmanper/article/view/00000%0AMINAT.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Pratiwi, N. P. E. A., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2019). Korelasi antara lingkungan belajar dan minat belajar siswa dengan hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 130–137.
Pratiwi, A. T., & Harahap, R. D. (2022). Obstacles for biology education students in the process of implementing online class at Labuhanbatu University during the covid-19 pandemic. Bioinoved Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(1), 10–16. https:// doi.org/10.20527/bino.v4i1.12067.
Razi, F. (2021). Konsep dasar evaluasi pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Rohimah, C. O. (2017). Pengaruh Penggunaan Gadget dan lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa kelas XI Kopetensi keahlian adminitrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Saadah, D. M. (2014). Hubungan antara lingkungan belajar dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran menerapkan keselamatan , kesehatan kerja (K3) dan hygiene sanitasi kelas x program keahlian jasa boga SMK Ma' arif 2 Sleman tahun ajaran 2013/2014. 1-87. Skripsi.
Salmida, C. (2021). Hubungan antara lingkungan sekolah dengan minat belajar siswa.
Setiawan, A. S. S. (2019). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar terhadap Kesiapan Belajar Dimediasi oleh Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi, 6(September), 94–113.
Setiawati, G. E. (2018). Pengaruh lingkungan Keluarga dan minat belajar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas Jurusan Akutansi SMK Negeri 4 Makasar Gusti Eka Setiawati.http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10789.
Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. 14–19. https://doi.org/10.24114/esjpgsd .v1i2.1323
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43.
Siregar, N. (2021). COVID-19 Analisis pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di program studi pendidikan biologi. Jurnal PhysEdu Pendidikan FISIKA IPTS, 3(1), 37–40.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Widiastuty, R. D., Ferdian, A., Mansur, D. M., & Manajemen, P. S. (2021). Pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus pada siswa kelas XI SMK Telkom Bandung).Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(2), 405–417. http: jim.unsyiah.ac.id/ekm.
Zaputri, Nova, Sari L. (2021). Kesulitan dalam belajar biologi saat pembelajaran daring. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 396–403.
DOI: 10.24235/sc.educatia.v11i1.10139
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)