Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dilengkapi Peta Konsep dalam Pembelajaran Kimia

Idha Ayu Kusuma(1*), Rahmawati Sigma Fitriani(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Koloid merupakan salah satu materi kimia yang mengandung banyak konsep. Penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai akan membuat siswa sulit memahami materi dan cenderung hanya menghafal. Oleh karena itu, hasil pembelajaran pada materi ini rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Group Investigation (GI) dilengkapi peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain â€Randomized Control Group Pretest-Posttest Designâ€. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI salah satu SMA di Surakarta sebanyak 6 kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas sebagai kelas control dan eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan angket yang sebelumnya telah divalidasi oleh ahli. Efektifitas model pembelajaran dilakukan dengan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dilengkapi peta konsep efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid.


Full Text:

PDF

References


A. Prihatmojo. (2020). Buku ajar pengembangan model pembelajaran (M. Gusnia (ed.)). Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Ananda, S., Rosba, E., & Safitri, E. (2022). MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION ( GI ) BERBANTU MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA RANAH KOGNITIF KELAS X DI SMAN 1 LEMBAH GUMANTI. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 86–93.

Angraini, wilda D. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(8), 1–11. https://repository.unsri.ac.id/27031/

Ardithayasa, I. W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 163. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105

Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328.

Asmah, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Ponre Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 538–544. https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2306

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Damini, M., & Surian, A. (2013). Enhancing Intercultural Sensitivity through Group Investigation—a Co-operative Learning Approach. Journal of Co-Operative Studies, 46(2), 24–31.

Darsana, I. M. P., Putra, I. K. A., & Kristiantari, M. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Journal of Education Technology, 3(3), 210. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21828

Harahap, R. A., & Derlina, D. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Metode Know-Want-Learn (KWL): Dampak terhadap Hasil Belajar Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 149–158. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1369

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Khasanah, K. (2019). Peta Konsep sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.8

Kholifah, N., Slamet, A., & Santri, D. J. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Plantae Kelas X SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, volume 5(November), 15. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/fpb/article/view/7064

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

L. Yunita, A. Sofyan, S. A. (2014). PEMANFAATAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP SENYAWA HIDROKARBON. Edusains, VI(1), 1–23.

Marlina, L., & Solehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582

Muklis. (2018). Pembelajaran Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Pada Materi Koloid. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 07(01), 846–848.

Novak, J. D. (2010). Learning, creating, and using knowledge: Concept maps as facilitative tools in schools and corporations. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 6(3), 21–30. https://doi.org/10.5860/choice.36-1103

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal Inovasi Kurikulum, 19(2), 250–261.

OECD. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. In Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD (Issue 021). http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535

Punding, W. (2011). Efektivitas Metode Pembelajaran Peta Konsep Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Di Kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2010/2011. In Https://Digilib.Uns.Ac.Id/Dokumen/Detail/18584.

R. H. Mardhiyah, S. N. F. Aldriani, F. C. et al. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 71(1), 63–71.

Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. IAIN Antasari Press, 1–3.

Rizalia, S. (2021). Efektivitas Strategi Peta Konsep Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Shautut Tarbiyah, 27(1), 17–30.

Siahaan, K. W. A., Simangunsong, A. D., Nainggolan, L. L., & Simanjuntak, M. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Koloid Untuk Sma Dengan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Media Animasi. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(2), 130. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.15376

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Sukasni, N. K. (2019). Model Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS/Sejarah Siswa Kelas IXG SMP Negeri 3 Semarapura. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(2), 122. https://doi.org/10.23887/jiis.v5i2.22517

Sulisto, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). In Eureka Media Aksara.

Widarto. (2017). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.

Yuliana, Mashudi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Model Peta Konsep Dalam. 2, 1–14.

Zingaro, D. (2008). Group Investigation: Theory and Practice. Ontario Institute for Studies in Education, Toronto, Ontario., 1–8. www.danielzingaro.com/gi.pdf


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Research and Practice of Educational Chemistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.