Model Pembelajaran Bentang Pangajen Menggunakan Chemo Flash Player: Apakah Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa?

Desy Wijayanti(1*), Rahmawati Sigma Fitriani(2),


(1) Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Tadris Kimia IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Materi redoks merupakan materi yang abstrak, dimana dalam menjelaskannya diperlukan suatu media yang dapat membantu menjelaskan hal-hal yang bersifat molecular. Proses peningkatan ketertarikan siswa terhadap materi pembelajaran dapat dipertajam dengan bantuan media. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah Chemo Flash Player (CFP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dan hasil yang lebih baik dari penerapan: 1) model pembelajaran bentang pangajen, 2) media Chemo Flash Player (CFP)  dan 3) model pembelajaran bentang pangajen menggunakan Chemo Flash Player (CFP) terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok materi reaksi redoks. Desain penelitian yang digunakan adalah desain control group pre test-post test,  yaitu desain penelitian dengan melihat perbedaan pre test maupun post test antara kelompok eksperimen 1, eksperimen 2, dan eksperimen 3. Analisis pada data ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran bentang pangajen menggunakan Chemo Flash Player (CFP),  model pembelajaran bentang pangajen dan kombinasi keduanya mampu meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok materi reaksi redoks. Namun begitu, hasil belajar menggunakan kombinasi model pembelajaran bentang pangajen menggunakan Chemo Flash Player (CFP) lebih baik dibandingkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran bentang pangajen dan pembelajaran menggunakan media Chemo Flash Player (CFP) saja.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara

Aryan, B. (2008). Membangun Keterampilan Komunikasi dan Nilai Moral Siswa Melalui Model Pembelajaran Bentang Pangajen. [Online]. Tersedia: http://rbaryans.wordpress.com/2008/10/28/membangun-keterampilan-komunikasi-matematika-dan-nilai-moral-siswa-melalui-model-pembelajaran-bentang-pangajen] (diakses tanggal 23-05-2012) .

Putri, S. (2010). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Bentang Pangajen. Tesis. Jogjakarta: UNY.

Soejoeti, Z. (2000). Metode Statistika I dan II. Jakarta: Penerbit Karunika.

Sadiman, S. (2001). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada

Sudjana, S. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Wiharto, W. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Bentang Pangajen dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Skripsi. Bandung : UIN Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Research and Practice of Educational Chemistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.