AGAMA DALAM KEKUASAAN MEDIA (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce terhadap Iklan Televisi)

Efen Nurfiana(1*), Umi Halwati(2),


(1) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
(2) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurangnya sikap kritis dan kentalnya tradisi keagamaan dalam masyarakat Indonesia memudahkan media untuk menanamkan kekuasaannya melalui komodifikasi agama. Adanya larangan Etika Pariwara Indonesia (EPI) yang menyebutkan keterlibatan tokoh agama dalam iklan tidak membatasi adanya iklan yang melakukan komodifikasi tokoh agama. Iklan Biskuit Kokola, iklan Larutan Cap Kaki Tiga dan iklan Telkomsel Versi Haji, ketiga iklan tersebut menggandeng tokoh agama sebagai brand ambassador, yakni Mamah Dedeh dan Ustadz Maulana. Adanya unsur agama dalam kekuasaan media dapat mempengaruhi perkembangan Islam kontemporer. Kajian ini menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce untuk menginterpretasi tanda atas adanya relasi kuasa berdasarkan teori Michel Faucoult. Kajian ini menemukan bahwa ketiga iklan tersebut memiliki kemiripan pola kekuasaan media. Kekuasaan dibentuk melalui keterhubungan antara profesi da’i dan ideologi, yang secara garis besar dapat dikaitkan dengan budaya keagamaan masyarakat. Kekuatan relasi yang dibentuk oleh kesatuan profesi dan keagamaan tersebut mengelompokan dukungan masyarakat terhadap konsumsi produk, demikianlah sistem kapitalis dimenangkan.


Keywords


Komodifikasi, Kuasa Media, Michel Foucault, Semiotika

Full Text:

PDF

References


Astogini, Dwiwiyati, Wahyudin, dan Siti Zulaikha Wulandari. 2011. “Aspek Religiusitas Dalam Keputusan Pembelian Produk Halal (Studi Tentang Labelisasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Kemasan).†Jurnal JEBA 13 (1): 1–8. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/345.

Burton, Graeme. 2012. Media dan budaya popular. Yogyakarta: Jalasutra.

Halwati, Umi. 2014. “Konstruksi Publikasi Nilai-Nilai Ideologi Dalam Pers (Media Massa).†AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 2 (1): 169–80. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/468/438.

Hilmiyah, Mifda, dan Nursafika. 2021. “Komodifikasi Wacana Islami Pada Pemberitaan Media Cetak Harian Fajar.†Jurnal Kajian Jurnalisme 5 (1): 15–30. http://jurnal.unpad.ac.id/kajian-jurnalisme/article/view/30932/15715.

Kasanova, Ria. 2016. “Penggunaan Teknik Persuasif Dalam Iklan.†Jurnal Komposisi 1 (2): 101–10. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_komposisi/article/view/122/105.

Kebung, Konrad. 2017. “Membaca ‘Kuasa’ Michel Foucault Dalam Konteks ‘Kekuasaan’ Di Indonesia.†Jurnal Melintas 33 (1): 34–51. https://journal.unpar.ac.id/index.php/melintas/article/view/2953/2526.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Laksono, Puji. 2019. “Kuasa Media Dalam Komunikasi Massa.†Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam 4 (2): 49–61. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/download/610/428.

LH. 2020. “Pemuka Agama Dilarang Mengiklan Produk Komersil.†Addiction.Id, Mei 2020. https://addiction.id/2020/05/24/pemuka-agama-dilarang-mengiklan-produk-komersil/.

Mayasari, Nura. 2007. Memilih Makanan Halal. Jakarta: Qultum Media.

Nurfiana, Efen, dan Sulkhan Chakim. 2021. “Hegemoni Kekuasaan Melalui Motif Agama Dan Sikap Nasionalisme: Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Film Sang Kyai.†Jurnal Dakwah 22 (1): 78–104. http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/1909.

Rusnana, Dadan. 2014. Filsafat Semiotika Paradigma, Teori, Dan Metode Interpretasi Tanda: Dari Semiotika Struktural Hingga Dekonstruksi Praktis. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supratman DP, Deny. 2015. “Dialog Dan Monolog Sebagai Unsur Persuasi Dalam Iklan.†ATRAT: Jurnal Seni Rupa 3 (1): 19–26. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/381/327.

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Uyun, Zafirah Quroatun. 2015. “Komodifikasi Tokoh Agama Dalam Tayangan Iklan Televisi: Studi Kasus Ustadz Maulana Dalam Iklan Operator Seluler Telkomsel Versi Haji.†Al’Adalah: Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 18 (2): 177–94. http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/aladalah/article/view/310.

Wahjuwibowo, Indiwan Seto. 2013. Semiotika Komunikasi (Aplikasi Praktis Bagi Penelitian Dan Skripsi Komunikasi). Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.




DOI: 10.24235/orasi.v13i1.9619

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â