KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA DI SLB C BERINGIN BHAKTI KABUPATEN CIREBON

Maria Fransisca(1*), Sunarto .(2),


(1) Universitas Diponegoro
(2) Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Komunikasi antarpersonal tenaga pengajar dalam membentuk konsep diri siswa-siswi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB Beringin Bhakti Cirebon serta apa saja faktor penghambatnya. Metode yang digunakan adalah Metode Kualitatif yaitu meneliti secara mendalam dengan teknik pengumpulan data seperti observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teori Johari window yang merupakan perwujudan hubungan seseorang dalam sebuah gambaran berupa jendela yang dibagi kedalam empat bidang masing-masing menunjukan daerah self (diri) baik yang diketahui orang lain maupun tidak diketahui orang lain. Hasil penelitiannya, proses penyampaian stimulus berupa pesan yang lebih banyak mengggunakan pesan non verbal, seperti dengan menggunakan isyarat gerak tubuh, dan jarak kedekatan. Kemudian konsep diri yang terbentuk pada siswi ABK yaitu konsep diri yang positif seperti aktif berbicara, bertanya, dan terlibat dalam    kegiatan di lingkungan. Dalam melakukan komunikasi antarpribadi antara guru dengan siswa memiliki faktor penghambat berupa fasilitas ruang kelas dan jumlah guru yang tidak memadai dengan  jumlah siswa ABK dan minimnya fasilitas alat peraga untuk mengkomunikasikan pembelajaran bina diri. Hambatan lainnya bersifat kondisional, yaitu komunikasi terhambat ketika keadaan mental ABK tunagrahita yang cenderung labil, mengalami gangguan mood dan gangguan lainnya.

Keywords


Komunikasi Antarpribadi, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Luar Biasa

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Desiningrum, Ratri, Dinnie. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Devito, Joseph A. 2011. “Komunikasi Antarmanusia.†In Komunikasi Antarmanusia. Kuliah Dasar.

Edi, Syarwani. 2014. Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Effendy, Uchjana, Onong. 2003. Ilmu, Teori, Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Effendy, Onong Uchjana. 2017. Ilmu Komunikasi, Teori Dan Praktek. Cetakan 28. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maharani, Esthi. 2018. “Indonesia Fokuskan Pada Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.†Www.Republika.Co.Id/. 2018.

Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, Tika Anggreni. 2019. “70 Persen Anak Berkebutuhan Khusus Tak Dapat Pendidikan Layak.†Lifestylebisnis.Com. 2019.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Redisa, Nirma. 2019. “Konsep Diri Remaja Difabel Di Sekolah Inklusi Pekanbaru (Studi Kasus Pada SMPN 31 Pekanbaru).†Jom Fisip 6 (2): 1–12.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/orasi.v12i2.8929

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â