ANALISIS SEMIOTIKA POSTER “AYO, LINDUNGI DIRI DAN KELUARGA DARI COVID-19†(TEORI FERDINAND DE SAUSSURE)

Mutakhirani Mustafa(1*), Irma - Syahriani(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) STIMIK Bina Adinata
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna verbal dan visual yang terkandung dalam Poster “Ayo, Lindungi Diri dan Keluarga dari Covid-19 “ yang diterbitkan oleh Kemenkes dan Germas dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinand de Saussure serta untuk mengukur sejauh mana memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk meminimalisir isu hoax tentang penyebaran virus Covid-19 terutama untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang tindakan yang tepat dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poster yang berjudul “Ayo, Lindungi Diri dan Keluarga dari Covid-19†ada dua aspek yang dirumuskan pada poster ini yaitu aspek verbal dan aspek visual. Aspek verbal merujuk pada tanda-tanda verbal seperti beberapa kata yang terdapat pada poster tersebut diantaranya; memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak minimal 1 meter, vaksinasi covid-19, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Pada setiap aspek verbal yang tercantum pada poster tersebut memiliki makna himbauan dan anjuran kepada masyarakat tentang bagaimana melindungi diri dan keluarga dari ganasnya penyebaran virus covid-19. Sedangkan aspek visual merujuk pada aspek visual yang terdiri dari aspek warna, gambar serta posisi dari gambar yang ada pada poster tersebut. Makna visual pada poster yang menarik masyarakat untuk membaca dan menerapkan setiap anjuran pada poster tersebut. Setiap visual yang ditampilkan pada poster tersebut menunjukkan anjuran serta contoh yang tepat agar dapat dimengerti oleh masyarakat.
Kata Kunci: Poster, Covid-19, Semiotika, Ferdinand De Saussure


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bella Permatasari, A. (2020). Analisis Isi Pesan Kreatif Pada Poster Covid-19 Selama Masa Psbb Di Kecamatan Sukorejo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Burhanudin, H., & Rakhmawati, A. (2021). The Dimensionality on the Mayor of SurakartaS (2016-2021) Javanese Covid-19 Posters. Humaniora, 12(2).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Pratiwi, D. P. E., & Warami, H. (2015). Makna Tanda Verbal dan Non-Verbal pada Iklan Minuman di Televisi. Jurnal Kibas Cendrawasih, 12(1).

Melia, Y. A. (2020). Pesan Dakwah Dalam Poster Akun Instagram “@ Bukumojokâ€: analisis Semiotika Ferdinand De Saussure (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Noviarni Isnaeni, R. (2021). Desain Komunikasi Visual Dakwah pada Poster Digital Instagram@ MuslimDesignerCommunity (Studi Analisis Semiotika Charles Shanders Pierce) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Sitompul, A. L., Patriansah, M., & Pangestu, R. (2021). Analisis Poster Video Klip Lathi: Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 6(1).

Suciyanto, S. . (2016). Semiotic Analysis of Greenpeace Campaign Posters in Climate Change Series. State Islamic University Syarif Hidayatullah.

Sobur, Alex. 2002. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sulistriyani, S., & Kuntoro, K. (2021). Analisis Wacana Persuasif Untuk Memotivasi Diri Dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 83-99.

Tinarbuko, S. (2016). Semiotika Tanda Verbal dan Visual. Jurnal Panggung, 26(2). https://www.researchgate.net/publication/ 320375806_Semiotika_Tanda_Verbal_da n_Tanda_Visual_Iklan_Layanan_Masyar akat

Ramalia, V., Soedarsoni, D. K., & Esfandari, D. A. (2016). Makna Poster Di Tanah Kami Nyawa Tak Semahal Tambang (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Poster Kasus Pembunuhan Salim Kancil). E-Proceding of Management, 3(3), 3846-3853.

Viatra, A. W. (2019). Poster “Hope†Obama Dalam Komunikasi Massa. Imaji, 17(2), 93-104.

Widiadnya, P. I. G. A. V. (2020). Semiotika Tanda Verbal Dan Visual Pada Iklan Kampanye Pencegahan Penyebaran Covid-19. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(2), 10-18.




DOI: 10.24235/orasi.v12i2.8815

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â