EKSISTENSI LDNU YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI: STUDI POLA PERGESERAN DAKWAH

Zahrotus Saidah(1*), Achmad Khusnul Khitam(2),


(1) Universitas Amikom Yogyakarta
(2) Prodi Bahasa Arab, STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Lembaga Dakwah Nahdhotul Ulama Yogyakarta merupakan organisasi yang terdiri dari dai-dai muda yang ada di Yogyakarta. Organisasi ini merupakan bagian dari salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni Nahdhotul Ulama. Organisasi ini berfungsi sebagai wadah bagi dai-dai muda untuk hadir secara aktif di tengah masyarakat melalui program dakwah, baik yang terjadwal maupun yang tidak terjadwal, misalnya kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui kajian rutinan. Namun, sejak pandemi Covid-19 masuk di Indonesia, masyarakat dituntut untuk melakukan hamper seluruh kegiatan seperti belajar, bekerja, beribadah serta aktivitas lainnya di rumah, termasuk tentu saja aktivitas dakwah. Hal tersebut dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus. Untuk itulah LDNU Yogyakarta kemudian melakukan berbagai adaptasi kegiatan terutama yang berkaitan dengan kontak fisik ke dalam kegiatan online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif analitik dengan harapan penelitian ini dapat mendeskripsikan serta mempetakan problematika perubahan pola dakwah LDNU Yogyakarta demi tetap eksis di tengah masa pandemi covid-19. Dari penelitian ini ditemukan bahwa selama masa pandemi, LDNU telah beradaptasi dengan situasi yang terjadi dengan melakukan beberapa pergeseran metode dan pola dakwah, dari pola dakwah yang sebelumnya bersifat konvensional, yakni dengan “off-line preaching†ke dakwah yang lebih bersifat virtual, atau “online preachingâ€. Di antara program dakwah tersebut adalah ngaji online, siaran on-air by phone, dan masih banyak lagi.

Keywords


Dakwah, Pandemi, Media

Full Text:

PDF

References


Anshar, Muhammad. 2019. Dakwah Multimedia di Situs Jejaring Sosial Facebook. JKI: Jurnal Komunikasi Islam UIN Sunan Ampel Surabaya Vol 09 No 02. DOI: https://doi.org/10.15642/jki.2019.9.2.213-237. Diakses tanggal 12 Juni 2021.

Aziz, Ali. 2004. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Barowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziyah, Mira. 2006. “Urgensi Media dalam Dakwah†dalam M Ja’far Puteh (ed.) Dakwah Tekstual dan Kontekstual. Yogyakarta: AK Group.

Ilaihi, W. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir M dan Wahyu Ilahi. 2006, Manajemen Dakwah, Jakarta: Kencana.

Rahmad, Nur. 2018. Rekonstruksi Dakwahtainmen Sebagai Media Dakwah. Jurnal Dakwah. Vol 19 No 2. DOI: https://doi.org/10.14421/jd.2018.19201. Diakses tanggal 12 Juni 2021.

Rohim, Syaiful. 2009. Teori komunikasi Perspektif: Ragam dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sambas, Sukriyadi, 2004. “Pokok-pokok Wilayah Kajian Ilmu Dakwah†dalam Ilmu Dakwah Kajian Berbagai Aspek. Aep Kusnawan (ed.), Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Septhiani, Revina. 2018. Strategi Dakwah Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI) Dalam Pembinaan Akhlak Muslimah di Majid Istiqlal,Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sirajuddin, Muniarty. 2014. Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet (Peluang dan Tantangan). Al Irsyad al Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam UIN Alauddin Makasar Vol 1 No 1.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahputra , Iswandi. 2019. Media Relations Teori, Strategi, Praktik dan Media Intelijen. Depok: Rajawali Press

Pardianto. 2013. Meneguhkan Dakwah Melalui New Media. Jurnal Komunikasi Islam UIN Sunan Ampel Surabaya Vol. 3, No. 1. DOI: https://doi.org/10.15642/jki.2013.3.1.%25p. diakses tanggal 12 Juni 2021.




DOI: 10.24235/orasi.v12i2.8563

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â