PEMAKNAAN RASISME DALAM FILM (Analisis Semiotika Film Pendek My Flag – Merah Putih Vs Radikalisme)

Yoga Awi Fitra Nugraha(1*), Mulia Ardi Ardi(2),


(1) IAIN Tulungagung
(2) IAIN Tulungagung
(*) Corresponding Author

Abstract


Film Pendek My Flag – Merah Putih Vs Radikalisme menjadi salah satu film kontroversial di Tahun 2020. Film tersebut dinilai oleh sebagian kalangan menampilkan fragmen rasisme terhadap suatu kelompok, yakni kelompok bercadar, bercelana cingkrang, dan mengibarkan bendera hitam-putih. Melalui analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini berupaya mengetahui bentuk rasisme dalam film My Flag – Merah Putih Vs Radikalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat stereotip, prasangka, dan diskriminasi yang dilakukan oleh suatu kelompok terhadap kelompok lainnya. Isu radikalisme dan peristiwa terorisme yang diprovokasi media menguatkan mitos di masyarakat bahwa isu dan peristiwa tersebut erat kaitannya dengan cara berpakaian tertentu yang berimplikasi pada tindakan rasisme.

Keywords


Film, Rasisme, Semiotika

Full Text:

PDF

References


Barthes, Roland. 2012. Elemen-Elemen Semiologi. Yogyakarta: Jalasutra.

BBC News. 2018. “Kisah Perempuan Bercadar: Diteriaki Maling, Dilempar Botol, Hingga Ditawari Pekerjaan.†Bbc.Com. 2018. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-43302724.

Diahloka, Carmia. 2012. “Pengaruh Sinetron Televisi Dan Film Terhadap Perkembangan Moral Remaja.†Reformasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 2 (1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33366/rfr.v2i1.15.

Evelyn, Ancilla, Gatut Priyowidodo, and Daniel Budiana. 2019. “Representasi Rasisme Dalam Film Woodlawn.†JURNAL E-KOMUNIKASI 7 (1). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/9686/8729.

Ghassani, Adlina, and Catur Nugroho. 2019. “Pemaknaan Rasisme Dalam Film (Analisis Resepsi Film Get Out).†Jurnal Manajemen Maranatha 18 (2): 127–34. https://doi.org/https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619.

Gunadha, Reza, and Agung Sandy Lesmana. 2018. “Marak Teroris, Polisi Waspadai Perempuan-Perempuan Pemakai Cadar.†Suara.Com. 2018. https://suara.com/news/2018/05/14/140307/marak-teroris-polisi-waspadai-perempuan-perempuan-pemakai-cadar.

Juliani, Reni. 2018. “STIGMATISASI MAHASISWA TENTANG MARAKNYA MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas.†Community Pengawas Dinamika Sosial 4 (1): 90–104. https://doi.org/https://doi.org/10.35308/jcpds.v4i1.192.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

KumparanNEWS. 2018. “Pengalaman Pahit Wanita Bercadar: Dituduh Teroris Dan Dilempar Botol.†Kumparan.Com. 2018. https://kumparan.com/kumparannews/pengalaman-pahit-wanita-bercadar-dituduh-teroris-dan-dilempar-botol-27431110790550531.

Maharani, Dian. 2012. “Teroris Yang Kabur Memakai Cadar Akhirnya Ditangkap.†Kompas.Com. 2012. https://www.kompas.com/nasional/read/2012/12/11/13311242/teroris.yang.kabur.memakai.cadar.akhirnya.ditangkap.

Mudjiono, Yoyon. 2011. “Kajian Semiotika Dalam Film.†Jurnal Ilmu Komunikasi 1 (1): 125–38. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.125-138.

Mufid, Muhamad. 2009. Etika Dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

NU Channel. 2020. “MY FLAG - MERAH PUTIH VS RADIKALISME || MY FLAG PAHLAWANKU.†Indonesia: YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=R9d5-QY0ZBw.

Nurhadi, M. 2020. “Kontroversi Film My Flag Merah Putih, KH Ahmad Zahro: Banyak Mudaratnya.†Suarabanten.Id. 2020. https://banten.suara.com/read/2020/10/27/121219/kontroversi-film-my-flag-merah-putih-kh-ahmad-zahro-banyak-mudaratnya.

Nurrahman, Fadhillah. 2020. “MAKNA RASISME DALAM LIRIK LAGU ‘Sekarang Atau Nanti’ Yang Dipopulerkan Oleh Seringai (Analisis Semiotika Roland Barthes).†Universitas Telkom. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/159685/makna-rasisme-dalam-lirik-lagu-sekarang-atau-nanti-yang-dipopulerkan-oleh-seringai-analisis-semiotika-roland-barthes-.html.

Purba, Dony Martuahman. 2012. “ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA RASISME PADA FILM ‘8MILE’ (Analisis Semiotika Rasisme Di Kota Detroit Amerika Serikat).†Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Ratri, Lintang. 2011. “Cadar, Media Dan Identitas Perempuan Muslim.†FORUM 39 (2): 29–37. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/forum/article/view/3155.

Rita, Vallen Nur. 2016. “RASISME DALAM FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA PART 1 (Analisis Semiotika Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa Part 1).†Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/44578/1/artikel publikasi ilmiah.pdf.

Sarhindi, Irfan L. 2019. “Fachrul Razi, Radikalisme, Dan Pelarangan Cadar-Cingkrang.†DetikNews. 2019. https://news.detik.com/kolom/d-4771012/fachrul-razi-radikalisme-dan-pelarangan-cadar-cingkrang.

Sarjoko S. 2020. “Kritik Untuk My Flag, Film Pendek Yang Salah Kaprah Tentang Radikalisme.†Islami.Co. 2020. https://islami.co/kritik-untuk-my-flag-film-pendek-yang-salah-kaprah-tentang-radikalisme/.

Sartini, Ni Wayan. 2007. “Tinjauan Teoritik Tentang Semiotik.†Jurnal Unair: Masyarakat Kebudayaan Dan Politik 20 (1): 1–10. http://journal.unair.ac.id/MKP@tinjauan-teoritik-tentang-semiotik--article-2070-media-15-category-8.html.

Setiawan, Filbert Bagus, Ido Prijana Hadi, and Daniel Budiana. 2018. “Penggambaran Kekerasan Rasisme Dalam Film Detroit.†JURNAL E-KOMUNIKASI 6 (2). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/8290.

Wahidah, Nuryu, and Ezzah Nuranisah. 2020. “Diskriminasi Perempuan Bercadar Dalam Perspektif Hegemoni.†Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 3 (1): 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/almada.v3i1.530.




DOI: 10.24235/orasi.v13i1.8398

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â