KRITIK DAN DISTORSI KOMUNIKASI PEMERINTAH DI MASA PANDEMI COVID-19, BAGAIMANA SEHARUSNYA?

Ali Ridho(1*),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi publik pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia dan bagaimana seharusnya pemerintah mengambil langkah untuk memperbaiki iklim komunikasi publik sehingga tidak menimbulkan kritik yang berasal dari masyarakat (baca: publik) yang disebabkan masih ditemukannya tumpang-tindih kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah dalam menangani pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui riset dan observasi secara mendalam terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang berhubungan dengan penanganan wabah Covid-19 yang mampu ditemukan di media digital/online dan media massa hingga kanal YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah masih ditemukan peraturan yang sifatnya tidak konsisten, masih kurang maksimalnya integrasi dan interkoneksi hubungan antarlembaga negara dengan dibuktikan oleh buruknya koordinasi, SDM bidang kehumasan pemerintah yang tidak cekatan dan cenderung slow to respond, serta penggunaan media digital yang belum optimal untuk mendukung tata kelola kehumasan pemerintah.

Keywords


Komunikasi, Pandemi Covid-19, Pemerintah

Full Text:

PDF

References


Agustini, Pratiwi. 2021. “Kominfo Catat 1.733 Hoaks Covid-19 Dan Vaksin.†Aptika.Kominfo.Go.Id. 2021. https://aptika.kominfo.go.id/2021/05/kominfo-catat-1-733-hoaks-covid-19-dan-vaksin/.

beritajatim.com. 2021. “Tak Bisa Tunjukkan Surat Tugas Dan Bebas Covid-19 Puluhan Kendaraan Diminta Putar Balik Di By Pass Mojokerto.â€

Beritajatim.Com. 2021. https://beritajatim.com/peristiwa/puluhan-kendaraan-diminta-putar-balik-di-by-pass-mojokerto/.

Burgoon, Michael. 1974. Approaching Speech/Communication. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

CNN Indonesia. 2021. “Beda Suara Wapres Dan Menag Soal Mudik Buat Santri.†Www.Cnnindonesia.Com. 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210429075356-20-636225/beda-suara-wapres-dan-menag-soal-mudik-buat-santri.

kemkes.go.id. 2021. “Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada Di Indonesia.†Kemkes.Go.Id. 2021. https://www.kemkes.go.id/article/view/21050500002/virus-corona-varian-baru-b-117-b-1351-b-1617-sudah-ada-di-indonesia.html.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraheny, Dian Erika. 2020. “Kritik Komunikasi Pemerintah Soal Virus Corona, Mafindo: Banyak Ketidakpastian.†Nasional.Kompas.Com. 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/09/20071231/kritik-komunikasi-pemerintah-soal-virus-corona-mafindo-banyak-ketidakpastian?page=all.

Ross, Raymond Samuel. 1983. Speech Communication Fundamentals and Practice. 6th ed. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall.

Ruliana, Poppy, dan Puji Lestari. 2019. Teori Komunikasi. Depok: Rajawali Pers.




DOI: 10.24235/orasi.v13i1.8367

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â