DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL

Aan Mohamad Burhanudin(1*), Yayah Nurhidayah(2), Ulfa Chaerunisa(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Media sosial tidak lagi sekadar  untuk membuka jaringan pergaulan di dunia maya, melainkan memberikan dampak yang cukup bagi bidang-bidang, diantaranya sebagai media untuk melakukan dakwah, yaitu media sosial instagram. Instagram menjadi salah satu alat pergerakan yang baik dalam menyampaikan sebuah pesan.

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka pertanyaan yang diajukan oleh peneliti adalah (1) Bagaimana pelaksanaan dakwah kesetaraan gender melalui Instagram @cherbonfeminist ? (2) Apa saja konten yang di sajikan oleh Instagram @cherbonfeminist ? (3) Bagaimana respon followes (pengikutnya) terhadap Instagram @cherbonfeminist ?.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan dakwah dalam akun Instagram @cherbonfeminis mengenai kesetaraan gender (2) Untuk mengetahui konten apa saja yang disajikan oleh akun Instagram @cherbonfeminist (3) Untuk mengetahui bagaimana respon followersnya mengenai dakwah kesetaraan gender.

Dalam penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk teknik analisis data yang digunakan ialah model Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis hasil penelitian, peneliti menyimpulkan Instagram @cherbonfeminist melakukan pelaksanaan: (1) memanfaatkan instagram sebagai media dakwah (2) langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat konten yaitu: membaca atau wawancara, mengambil intisari, dan membuat konten yang menarik (3) kendala saat membuat konten. Adapun konten yang terdapat dalam instagram @cherbonfeminist diantaranya yaitu: (1) perspektif keadilan (2) hadist-hadist hak perempuan dalam islam (3)pesan motivasi untuk menegakkan keadilan dan kesetaraan (4) belajar menambahkan nilai-nilai keadilan dan kesetaraan. Respon para followers dinilai positif dan efektif karena penggunaan media instagram sebagai media dakwah.

Keywords


Dakwah, Media Sosial Instagram, Kesetaraan Gender

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvarino., Komala,Lukiati & Karlinah, Siti. 2007. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Aziz, Mohamad Ali. 2004. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.

Baran, Stanley J. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi Massa Jilid 1 Edisi 5. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. 2007. Edisi Kedua Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Memilih di antara Lima Pendekatan (Edisi ke-3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Agama. 2001. Keadilan Kesetaraan Gender Perspektif Islam. Jakarta: Tim Pemberdayaan Perempuan Bidang Agama Departemen Agama RI.

Emzir, 2012. Metode Penelitian Kualitatif (Analisis Data). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fakih, Mansour. 2013. Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ma’arif, Bambang S. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Mauludi, Sahrul. 2018. Socrates Cafe Bijak, Kritis, & Ispiratif Seputar Dunia & Masyarakat digital Media Sosial, UU ITE, Hingga Cyber Crime. Jakarta : PT. Elex Media Koputindo.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan., Wardhani, Andy Corry & Hamid, Farid. 2013. Teori Komunikasi Massa. Bogor : Ghalia Indonesia.

Munir, Muhammad dan Wahyu Ilaihi. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, R. 2015. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nugroho, Rian. 2008. Gender dan Strategi Pengarus-Utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhidayah,Yayah & Nurhayati, Eti. 2018. Psikologi Komunikasi Antar Gender”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputra, Wahidin. 2011. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Severin, J Werner & Tankard, W James. 2011. Teori Komunikasi.

Jakarta: Kencaa Prenada Media Group.

Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukri, Sri Suhandjati. 2002. Pemahaman Islam dan Tantangan Keadilan Jender. Yogyakarta: Yogyakarta Media Group.

Tamburaka, Apriyadi. 2012. Agenda Seting Media Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yamani, Mai (Ed). 2000. Feminisme & Islam. Jakarta : Nuansa Cendikia

Internet :

Hidayat, Rahmad, 2018. “Persepsi Followers Terhadap Kualitas Informasi Di Polda Lampung (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Halo_Polda_Lampung)” (digilib.unila.ac.id ) di akases pada tanggal 16April 2019.

L Malihah. 2014 “Konsep Dakwah” (https:/Feprints.walisongo.ac.id%2F2611%2F3%2F091311016_Bab2.pdf) di akses pada tanggal 24 Februari 2019.

Mudjia Rahardjo, 2017. “Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya” di akses dari (https://core.ac.uk/download/pdf/808169.pdf) pada Tanggal 15 April 2019.

Rehia K. I. 2015 “Pemberdayaan Perempuan melalui Media Sosial” (ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/download/204/158) di akses pada tanggal 20 Februari.

Santoso,Imam. 2017 “Jenis Data, Sumber Data dan Metode Pengumpulan Data” (http://oldata.blogspot.com/2017/06/jenis-data-sumber-data-dan- metode.html) di akses pada 24 Februari.

Sari, Meutia Puspita. 2017. “Fenomena Penggunan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau” ( https://media.neliti.com/publications/199560-none.pdf ) di akses pada Tanggal 21 Februari.

Sidiq, Anwar. 2018 “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah ( Study Akun @fuadbakh )” (http://repository.radenintan.ac.id/2201/) diakses pada tanggal 28 Februari.

Wafa. 2018 “Analisis Wacana Kritis Kesetaraan Gender pada Akun Instagram Women’s March Indonesia 2018” (repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/42746/1/WAFA- FDK.pdf) diakses pada 20 Februari.




DOI: 10.24235/orasi.v10i2.5658

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.