ANALISIS SEMIOTIK STRATEGI DAKWAH HUMOR AKUN INSTAGRAM NUNUZOO

Saida Nafisah abdullah(1*), Yayah Nurhidayah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Video akun instagram Nunuzoo selain terbilang muda, Nunuzoo memanfaatkan media sosialnya untuk berdakwah dengan karakteristik humor, padahal humor sendiri sering di konotasikan sebagai bentuk dari ejekan. Namun Nunu membuktikan dengan inovasi humor juga bisa digabungkan dalam dakwah, dengan bantuan teori semiotik dari Ferdinand de Saussure, dianalisis tanda dan penanda pada dakwah humor agar dipahami oleh sasaran mad’u nya yaitu anak remaja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi dakwah dengan taktik humor dalam akun instagram Nunuzoo, makna dakwah yang terkandung dalam akun instagram Nunuzoo, dan mengetahui penanda dan pertanda dalam video instagram Nunuzoo melalui analisis semiotik Ferdinand de Saussure

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis semiotika model Ferdinand De Saussure, objek penelitian yaitu video yang di uanggah pada periode Januari 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model dyanic dengan langkah-langkah: 1.) menentukan topik menarik; 2.) merumuskan masalah; 3.) menentukan teori analisa; 4.) klasifikasi hasil analisa; 5.) dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) instagram Nunuzoo mengimplementasikan strategi dakwah Strategi indriawi (al-manhaj al-hissi), Strategi rasional (al-manhaj al-‘aqli), dan Strategi sentimentil (al-manhaj al-athifi) dengan mengemas ketiga strategi tersebut dengan humor; 2.) video instagram @nunuzoo pada periode Januari 2018, dapat memiliki pemaknaan atau interpretasi terhadap tanda-tanda dakwah seperti optimis, berdoa, usaha, gaul tetap sesuai syariat, dan berlomba dalam kebaikan; 3.) penanda adalah bunyi, gambar, dan coretan yang membentuk kata di suatu halaman. Sedangkan pertanda yaitu konsep dan makna-makna dari setiap bentuk verbal dan nonverbal video di instagram @nunuzoo.

 

Kata Kunci: Strategi Dakwah, Humor, Video Instagram, Semiotika

Keywords


Strategi Dakwah, Humor, Video Instagram, Semiotika

Full Text:

PDF

References


Ali, Moh Aziz. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Ardianto, Ervinaro. (2012). Komunikasi Massa. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. (2012). Penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana

_____________. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana

Danesi, Marcel. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra.

Effendy, Onong. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: BumiAksara.

Hefni, Harjani. (2015). Komunikasi Islam. Jakarta: Kencana

Herdiansyah, Haris. (2010). Metodologi penelitian kualitatif, Jakarta: Salemba Humanika.

Liliweri, Alo. (2011). Komunikas Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Mihibbuddin, Muhammad. Humor Sufi Para Wali dan Kiai. Yogyakarta: Araska.

Mulyana, Deddy. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya.Bandung: Remaja Rosdakarya.

_____________. (2008). Komunikasi Humoris. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Moeliono, Anton M. Dkk. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Saeful, Asep. (2012). Komunikasi Dakwah teori, pendekatan, dan aplikasi. Bandung :

Simbiosa Rekatama Media

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Severin,Werner J & James, W. Tankard, (2011). Teori Komunikasi Sejarah, Metode, & Terapan di dalam Media Massa.Jakarta: Kencana Media Group.

Subandy, Idi. (2004). Sinarnya “Komunikasi Empatik” Krisis Budaya dalam

Masyarakat Kontemporer. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

__________. 2009. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tajiri, Hajir. (2015). Etika dan Estetika Dakwah perspektif teologis, filosofis, dan praktis. Bandung: Simbiosa Rekama Media

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: 10.24235/orasi.v10i1.5145

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.