DAKWAH ISLAM DAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penciptaan manusia oleh Allah SWT, di muka bumi ini sebagai makhluk yang mulia yang dilengkapi akal pikiran dan nafsu, dengan kedua potensi tersebut akan menciptakan budaya dari hasil karya manusia itu sendiri. Ditambah lagi dengan pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat tentu akan diikuti pula dengan perubahan budaya pada masyarakat di mana berada. Sebagai pelaku dakwah Islam dengan adanya budaya yang ada dan berkembang di tengah masyarakat, sebaiknya berdakwahnya dengan menggunakan menghargai kearifan budaya lokal. Hal ini sebagaimana telah diawali oleh para wali yang pertama kali menyebarkan Islam di pulau Jawa, para wali dalam menjalankan dakwahnya dengan menggunakan strategi dakwah yang terlebih dahulu melakukan perencanaan dan perhitungan yang akurat diimbangi dengan pertimbangan yang rasional dan strategis yakni dengan mempertimbangkan faktor geostrategis yang disesuaikan dengan kondisi mad’u yang akan dihadapinya.
Â
Kata kunci : Dakwah, Budaya dan Strategi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, Amrullah, 1993: “Dakwah Islam dan Perubahan Sosial: Suatu Kerangka Pendekatan dan Permasalahan†Dakwah dan Perubahan Sosiaâ€l, Amrullah Ahmad [ed], Yogyakarta, Bima Putra,
Ali, Abdullah, 2004; “Antropologi Dakwahâ€, Cirebon, KPI Press
Arifudin, Acep dan Sambas, Sukriadi, 2007; “Dakwah damai, Pengantar Dakwah Antar Budayaâ€, Bandung, PT. Remaja RosdaKarya.
Aziz, Ali Moh, 2008 : “Ilmu Dakwah, edisi Revisiâ€, Jakarta, Prenada Media Group.
...................... [ed], 2005 : â€Dakwah Pemberdayaan Masyarakat Paradigma Aksi Metodologisâ€, Yogyakarta, Pustaka Pesantren
Daulay, Hamdan, 2001; “Dakwah di Tengah Persoalan Budaya dan Politikâ€, Yogyakarta, LESFI
Dermawan, Andy, 2002: “Metodologi Ilmu Dakwahâ€, Yogyakarta, LESFI
Gulo, W, 2005; “Strategi Belajar Mengajarâ€, Jakarta, Grasindo
Ilaihi, Wahyu dan Hefni, Harjani, 2007: “Pengantar Sejarah Dakwahâ€, Jakarta, Prenada Media Group
Kayo, Khatib, Pahlawan, 2007; “Manajemen Dakwah dari Dakwah Konvensional menuju Dakwah Profesionalâ€, Jakarta, 2007
Kusnawan, Aef, 2004 : “Komunikasi Penyiaran Islamâ€, Bandung, Pustaka Setia
Koentjaraningrat, 2007 : “Sejarah Teori Antropolgi IIâ€, Jakarta, UI Press
Mahfud, Sahal, 2003; “Nuansa Fiqh Sosial†Yogyakarta, LKiS
Muhyidin, Asep dan Safei, Shomad Agus, 2002: “Metode Pengembangan Dakwahâ€, Bandung, CV. Pustaka Setia
Mulkan, AM, 1993; “Paradigma Intelektual Muslimâ€, Yogyakarta, Si Press
Mulyana, Deddy & Rakhmat, Jalaluddin, 2010,: “Komuniasi Antar Budaya Panduan Berkomunikasi dengan Orang-orang Berbeda Budayaâ€, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya,
Munir, Syamsul, Amin, 2009; “Ilmu Dakwahâ€, Jakarta, AMZAH cet I,
Sanjaya, Wina, 2006:â€Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikanâ€, Jakarta, Kencana Prenada Media Group
Santoso, Slamet, 2010, : “Teori- Teori Psikologi Sosialâ€, Bandung, PT. Refika Aditama
Saputra, Wahidin, 2011 : “Pengantar Ilmu Dakwah†Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada
Sedyawati, Edi, 2012; “Budaya Indonesia Kajian Arkeologi, Seni dan Sejarahâ€, Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada
Setiadi M, Elly dkk, 2013 : “Ilmu Budaya Dasarâ€, Jakarta, Kencana Prenada Media Group
Sukayat, Tata, 2000: “Kapita Selekta Syahril Qur’anâ€, Bandung, LPTQ
Sulthon, Muhammad, 2003: “Desain Ilmu Dakwah, Kajian Ontologis, Epistimologis dan Aksiologisâ€, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Syukir, Asmuni, 1983 ; â€Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam’, Surabaya, Al Ikhlas
Tumanggor, Rusmin dkk, 2010: “Ilmu Sosial dan Budaya Dasarâ€, Jakarta, Kencana Prenada Media Group
Zaidallah, Alwisral Imam, 2002 : “Strategi Dakwah dalam Membentuk Da’i dan Khatib Prosefionalâ€, Jakarta, Kalam Mulia
DOI: 10.24235/orasi.v8i1.1642
Article Metrics
Abstract view : 402 timesPDF - 364 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.