TINJAUAN TAFSIR AHKAM TENTANG HUKUM PERNIKAHAN DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-NUR AYAT 32-33

Eko Zulfikar(1*),


(1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini berusaha mengupas hukum pernikahan dalam al-Qur’an Surat al-Nur [24] ayat 32-33. Analisis penafsiran dilakukan berdasarkan pada beberapa kitab tafsir ahkam, seperti Tafsir Munir karya Wahbah al-Zuhaili, al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an karya al-Qurthubi, Rawa’i’ al-Bayan karya ‘Ali al-Shabuni, Tafsir Ayat al-Ahkam karya al-Jashshash, ‘Ali al-Sayis, Kiya’ al-Harrasi, Ibnu al-‘Arabi, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis) terhadap QS. al-Nur [24] ayat 32-33, didapati temuan bahwa: hukum pernikahan dengan melihat asal kondisi orang yang melakukannya terbagi menjadi tiga; bisa wajib, sunnah, dan mubah. Dari ketiga hukum ini, mayoritas ulama lebih dominan memilih hukum nikah sebagai yang sunnah. Sementara hukum menikah menurut situasi dan kondisi orang yang melakukannya bisa menjadi wajib, sunnah, mubah, makruh dan haram. Bila seseorang khawatir akan terjerumus ke dalam perbuatan zina, sementara ia mampu untuk menikah maka hukum nikah adalah wajib tanpa ada perdebatan.

 

Abstract

This paper seeks to examine the law of marriage in al-Qur'an Surah al-Nur [24] verses 32-33. Analysis of interpretation is based on several ahkam interpretation books, such as Tafsir Munir karya Wahbah al-Zuhaili, al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an karya al-Qurthubi, Rawa’i’ al-Bayan karya ‘Ali al-Shabuni, Tafsir Ayat al-Ahkam karya al-Jashshash, ‘Ali al-Sayis, Kiya’ al-Harrasi, Ibnu al-‘Arabi, and many more. By using a content analysis approach to content analysis al-Nur [24] verses 32-33, found that: the law of marriage by looking at the origin of the conditions of people who do it is divided into three; can be wajib, sunnah, and mubah. From these three laws, the majority of ulama are more dominant in choosing marriage law as the sunnah. While the law of marriage according to the situation and conditions of people who do it can be wajib, sunnah, mubah, makruh and haram. If someone is worried that he will fall into adultery while he is able to get married then the marriage law is wajib without debate.


Keywords


Ahkam interpretation, marriage law, QS. al-Nur verses 32-33

Full Text:

PDF

References


Abidin, Slamet dan Aminuddin. Fiqh Munakahat. Bandung: Pustaka Setia, 1999.

Al-Arabi, Abu Bakar Muhammad bin Abdullah al-Ma’ruf Ibnu. Ahkam al-Qur’an. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiah.

Al-Arid, Ali Hasan. Sejarah dan Metodologi Tafsir. Terj. Ahmad Akrom (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1994.

Al-Baihaqi, Abu Bakar Ahmad bin al-Husain bin ‘Ali. al-Sunan al-Kubra. CD Room: al-Maktabah al-Syamilah, Digital.

Al-Baqi, Muhammad Fuad ‘Abd. al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fadzi al-Qur’an al-Karim. Beirut: Dar al-Fikr, 1981.

Al-Bazzar, Abdullah bin Ibrahim al-Baghdadi al-Syafi’i. Ahkam al-Qur’an. CD Room: Maktabah al-Syamilah, digital.

Al-Bukhari, Muhammad bin Isma’il. Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar Ibnu Katsir, 2002.

Al-Bukhari, Shadiq Hasan Khan al-Qanuji. Nailul Maram min Tafsir Ayat al-Ahkam, ed. Muhammad Hasan Isma’il. Beirut: Dar al-Kutub ‘Ilmiah, 2003.

Al-Dzahabi, Muhammad Husein. al-Tafsir wa al-Mufassirun. Beirut: Dar al-Fikr 1998.

Al-Habsyi, Muhammad Bagir. Fiqih Praktis Menurut Al-Qur'an, As-Sunnah dan Pendapat Para Ulama. Bandung: Mizan, 2002.

Al-Harrasi, ‘Imaduddin bin Muhammad al-Thabari al-Ma’ruf Kiya’. Ahkam al-Qur’an. Beirut: Dar al-Turats Ihya’ al-Arabi, 1996.

Al-Jaza’iri, Abdurrahman. al-Fiqh ‘ala Madzahibul Arba’ah. Beirut: Dar al-Fikr, 1989.

Al-Jashshash, Abu Bakar Ahmad bin ‘Ali al-Razi. Ahkam al-Qur’an. ed. Muhammad Shadiq Qamhawi. Beirut: Dar al-Turats Ihya’ al-Arabi, 1996.

Al-Naisaburi, Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj. Shahih Muslim. Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah, t.th.

Al-Qurthubi, Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad al-Anshari. al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an. Kairo: Maktabah al-Shafa, 2005.

Al-Rumi, Fahd ‘Abdurrahman bin Sulaiman. Buhuts fi Ushul al-Tafsir wa Manahijuhu. Riyadh: Maktabah al-Taubah, 1999.

Al-Sayis, Muhammad ‘Ali. Tafsir Ayat al-Ahkam. Riyadh: al-Maktabah al-‘Ashriyah, 2002.

Al-Shabuni, Muhammad ‘Ali. Rawa’i’ al-Bayan Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an. Beirut: Muassasah Manahil ‘Irfan, 1974.

Al-Sijistani, Abu Dawud Sulaiman bin. Sunan Abu Dawud. al-Maktabah al-Syamilah, Digital.

Al-Zuhaili, Wahbah. al-Tafsir al-Munir fi al-’Aqidah wa al-Syariah wa al-Manhaj. Beirut: Dar al-Fikr, 2009.

Essack, Farid. Qur’an: Pluralism and liberation. Terj. Muhammad Ridho dalam Tafsir dan Dinamika Sosial. Yogyakarta; Teras, 2010.

Hanbal, Ahmad bin Muhammad bin. Musnad Ahmad bin Hanbal, ed. Ahmad Muhammad Syakir. Kairo: Dar al-Hadis, 1995.

Ibnu Rusyd, Abu al-Walid Muhammad bin Ahmad bin Muhammad. Terjemah Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid. Jakarta: Pustaka Amani, 2007.

Mazhahiri, Husain. al-Akhlaq al-Baitiyah. Terj. Tim IPABI. Bogor: Penerbit Cahaya, 2001.

Munawir, Ahmad Warson. Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif, 2002.

Muslehuddin, Muhammad. Mut'ah (Kawin Kontrak). Terj. Asy’ari dan Syarifuddin Syukur. Surabaya: Bina Ilmu, 1987.

Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemprer. Yogyakarta: LkiS, 2009.

Nasional, Departemen Pendidikan. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Shihab, M. Quraish. Wawasan al-Qur'an Tafsir Maudhui atas Pelbagai Persoalan Ummat. Bandung: Mizan, 1996.

--------------. Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2015.

Zulfikar, Eko. “Peran Perempuan Dalam Rumah Tangga Perspektif Islam: Kajian Tematik Dalam al-Qur'an Dan Hadisâ€. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi al-Quran dan al-Hadis. Vol. 7, No. 1 (2019).

--------------. “Etika Diskusi Dalam Perspektif Al-Qur’anâ€. Jurnal Studi Ilmu-ilmu al-Qur’an dan Hadis. Vol. 20, No. 1 (2019).




DOI: 10.24235/mahkamah.v5i2.6857

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.