ASPEK HUKUM TENTANG BLACK CAMPAIGN PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Candra Ulfatun Nisa(1*), Hari Sutra Disemadi(2), Kholis Roisah(3),


(1) DIPONEGORO UNIVERSITY
(2) DIPONEGORO UNIVERSITY
(3) DIPONEGORO UNIVERSITY
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode kampanye politik mengalami perkembangan hingga pada pemanfaatan media sosial sebagai bentuk adanya kemajuan teknologi dan informasi, salah satunya media sosial Instagram. Pemanfaatan media sosial Instagram dalam kampanye politik sering disalahgunakan untuk penyebaran black campaign. Efek yang ditimbulkan black campaign tidak sekedar tercorengnya nama baik peserta pemilu saja, tetapi juga berefek bagi masyarakat dalam hal hak mendapatkan suatu informasi pemilu secara akurat dan objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tatanan hukum sekaligus akibat hukum terhadap black campaign melalui media sosial Instagram. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan doktrinal, dengan spesifikasi penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang didasarkan pada data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan tatanan hukum mengenai pelaksanaan kampanye melalui media sosial diatur secara rinci dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 28 Tahun 2018  tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum. Akibat hukum yang ditimbulkan dapat dijerat dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik, yang memunculkan adanya dualisme undang-undang. Bahkan, penafsiran mengenai subjek tindak pidana pemilu khususnya peserta masih belum selaras, sehingga menimbulkan ketidakpastian dan ketidakadilan bagi masyarakat.


Keywords


Pemilu, Kampanye Hitam, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Buku

Arief, Barda Nawawi, Tindak Pidana Mayantara: Perkembangan Kajian Cybercrime Di Indonesia, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2006.

Arifin, Anwar, Komunikasi Politik: Filsafat-Paradigma-Teori-Tujuan-Aplikasi-Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia, Jakarta: Graha Ilmu, 2011.

Nimmo, Dan, Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan Dan Media, Bandung: Rosda, 2009.

Toha, Miftah, Birokrasi Politik Dan Pemilihan Umum Di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2014.

Venus, Antar, Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2004.

Jurnal dan Karya Ilmiah Lainnya

Achmad, Rafli Fadilah, Ancaman Pidana Bagi Intellectuel Dader Black Campaign: Studi Putusan Nomor 17/Pid.Sus/2014/Pn.Bul, Jurnal Hukum & Pembangunan, Vol. 48, Nomor 4 (Desember 2018) http://dx.doi.org/10.21143/jhp.vol48.no4.1799

Alamsyah, Reza Maulana & Prahastiwi Utari, Pengaruh Kampanye Hitam (Black Campaign) Pada Pemilih Pemula (Studi Eksperimen Pengaruh Kampanye Hitam (Black Campaign) Pada Kampanye Calon Presiden Dan Calon Wakil Presiden Pemilu 2014 Melalui Media Sosialisasi Dan Diskusi Terhadap Pemahaman Pemilihan Umum Dikalangan Pemilih Pemula Di SMS Negeri 1 Purworejo), Jurnal Komunikasi Massa: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret, Vol. 1 (2016).

Arifuddin, Pengaruh Pesan Politik Caleg PKS Melalui Layanan Pesan Singkat (SMS) Terhadap Sikap Dan Perilaku Pemilih Dalam Pemilu Legislatif 2009 Di Kota Makassar, Jurnal Komunikasi Politik, Vol. 14, Nomor 1 (September 2011) http://dx.doi.org/10.31947/kjik.v1i3.300

Djuyandi, Yusa, Ari Ganjar Herdiansah & Jafar Fikri Alkadrie, Sosialisasi Dampak Negatif Black Campaign Terhadap Keamanan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 Di Provinsi Jawa Barat, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2, Nomor 7 (Juli 2018).

Dodu, Alfred B. David, Penerapan Regulasi Politik Kampanye Hitam: Studi Kasus Pada Pilkada Kabupaten Banggai Tahun 2015, Jurnal Wacana Politik, Vol. 2, Nomor 1 (Maret 2017).

Edytya, Nindya Putri & Galuh Dwi Novanda, Unsur Sara Dalam Kampanye: Sebuah Studi Komparasi Pilkada Sumatera Utara Dan Dki Jakarta, Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang Vol. 4 Nomor 3 (September 2018).

Fauziyah & Sri Praptianingsih, Pola Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Desa Di Kabupaten Bondowoso, Rechtsidee, Vol. 2, Nomor 1 (Juni 2015) http://dx.doi.org/10.21070/jihr.v2i1.8

Febriyan, Bayhaqi & Nursiti, Tindak Pidana Kampanye Hitam (Black Campaign) Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Walikota Banda Aceh Tahun 2017, Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Bidang Hukum Pidana, Vol. 1, Nomor 1 (Agustus 2017).

Fitri, Adelia, Dinamika Dan Tantangan Jelang Pemilu Presiden Tahun 2019, Kemudi: Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 3 Nomor 1 (Agustus 2018).

Fitri, Sherly Nelsa, Pro Kontra Gerakan Tagar #2019gantipresiden Sebagai Sarana Kampanye Dalam Pemilu, Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, Vol. 4, Nomor 2 (September 2018).

Guchi, Yuni Fadila, Persepsi Mahasiswa Hukum UMA Dalam Menyikapi Berita Hoax Di Instagram, Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Medan Arena (2019).

Herpamudji, Dini Hidayanti, Strategi Kampanye Politik Prabowo-Hattadan Perang Pencitraan Di Media Massa Dalam Pemilu Presiden 2014, Politika: Jurnal Ilmu Politik, Vol. 6, Nomor 1 (Desember 2015) https://doi.org/10.14710/politika.6.1.2015.13-24

Hikmawati, Puteri, Penafsiran terhadap Subjek Pelanggaran Kampanye dalam UU No. 7 Tahun 2017 dan Ancaman Sanksi Pidananya, Parliamentary Review, Vol. 1, Nomor 1 (Maret 2019).

Januru, La, Analisis Wacana Black Campaign Pada Pilpres Tahun 2014 Di Media Kompas, Jawa Pos Dan Kedaulatan Rakyat, Jurnal Natapraja, Vol. 4 Nomor 2 (Desember 2017) https://doi.org/10.21831/jnp.v4i2.12625

Kholid, Anwar & Achmad Nurmandi, Media Sosial Dan Partisipasi Politik mahasiswa Selama Masa Pemilihan Presiden 2014, Jurnal Ilmu Pemerintahan & Kebijakan Publik, Vol. 2 Nomor 1 (Februari 2015) http://dx.doi.org/10.18196/Jgpp.2015.0025

Krisnanto, Indra Wahyu & Fitriyah, Strategi Pemasaran Politik Pada Era Digital: Pemanfaatan Instagram Dalam Kampanye Politik Pada Pilgub DKI Jakarta 2017, Journal Of Politic And Government Studies, Vol 8, Nomor 3 (Agustus 2019).

Marpaung, Jerico Mathias & Tirta Mulya Wira Pradana, Efektifitas Peradilan Khusus Pemilu Menuju Pilpres 2019, Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, Vol. 4, Nomor 2 (September 2018) https://doi.org/10.15294/snh.v4i02.25599

Prasetyoningsih, Nanik, Dampak Pemilihan Umum Serentak Bagi Pembangunan Demokrasi Indonesia, Jurnal Media Hukum, Vol. 21, Nomor 2 (Desember 2014).

Rizaldi, Muhammad, Pro Dan Kontra Black Campaign Dalam Pemilihan Umum Di Indonesia, Fiat Justitia, Vol. 2 Nomor 2 (Oktober 2014).

Setiawan, Andre, Analisis Yuridis Terhadap Berita Bohong (Hoax) Yang Beredar Di Media Sosial Berdasarkan Hukum Positif, Dinamika Hukum: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, Vol. 25, Nomor 6 (Agustus 2019).

Sumartono, Konstruksi Makna Media Sosial Bagi Anggota DPRD Kota Padang, Al-‘Adalah, Vol. 20, Nomor 1 (Mei 2017).

Turistiati, Ade Tuti, Fenomena Black Campaign Dalam Pemilihan Kepala Daerah 2015, Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, Vol. VIII, Nomor 2 (September 2016) https://doi.org/10.31334/trans.v8i2.72

Widyawati, Nina, Etnisitas Dan Agama Sebagai Isu Politik, Jurnal Masyarakat Dan Budaya, Vol.17 Nomor 2 (Agustus 2015).

Online

Akmal, Mula & Kiswondari, Masih Kampanye di Medsos Bisa Dijerat Pidana, 15 April, 2019 https://nasional.sindonews.com/read/1395865/12/masih-kampanye-di-medsos-bisa-dijerat-pidana-1555289961 (diakses 29 Januari 2020).

Salabi, Amalia, Perihal Kampanye Negatif dan Kampanye Hitam Apa Bedanya?, 9 Oktober, 2018 https://rumahpemilu.org/perihal-kampanye-negatif-dan-kampanye-hitam-apa-bedanya/, (diakses 29 Januari 2020).

Savitri, Galuh A., Media Sosial Dan Black Campaign, 12 Juli, 2018, https://binus.ac.id/malang/2018/07/media-sosial-dan-black-campaign/ (diakses 3 Januari 2020).

Suyatno, Membungkam Kampanye Hitam, 1 Maret, 2019 https://mediaindonesia.com/read/detail/220097-membungkam-kampanye-hitam (diakses 5 Januari 2020).

Taher, Andrian Pratama, Bawaslu Jelaskan Soal Kampanye Iklan Di Medsos, 8 Februari, 2007, https://tirto.id/bawaslu-jelaskan-soal-kampanye-iklan-di-medsos-ciDd (diakses 14 Januari 2020).

Taher, Andrian Pratama, Mahfud MD Benarkan 3 Emak-emak Relawan Pepes Tak Langgar UU Pemilu, 27 Februari, 2019, https://tirto.id/mahfud-md-benarkan-3-emak-emak-relawan-pepes-tak-langgar-uu-pemilu-dhTH (diakses 28 Januari 2020).




DOI: 10.24235/mahkamah.v5i1.6032

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.