HUKUM ISLAM DAN KESESATAN: FATWA-FATWA NAHDLATUL ULAMA TENTANG PENYIMPANGAN AJARAN
(1) Fakultas Syariah dan EKonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Masalah penyimpangan ajaran agama atau lebih tepatnya penyimpangan dari ajaran yang disepakati mayoritas telah lama menjadi konsen ulama. Para wakil mayoritas dalam banyak kasus terbiasa menjatuhkan fatwa sesat terhadap tindakan yang diklaim merupakan penyimpangan. Nahdlatul Ulama (NU), sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di dunia, sering diklaim mempunyai pendekatan yang lebih moderat. Tulisan ini dimaksudkan untuk menganalisa fatwa-fatwa yang secara resmi dikeluarkan oleh organisasi NU terkait persoalan penyimpangan ajaran agama. Bagi NU, penyimpangan terhadap ajaran yang disepakati kebenarannya menjadi ukuran yang menyebabkan pelakunya dinilai telah keluar dari Islam. Hanya saja, alih-alih dihukum mati, mereka yang dianggap murtad harus terlebih dahulu dimintakan pertaubatannya (istitÄbah). Di sini peran dakwah dan nasehat menjadi sangat menentukan. Sedangkan tentang bentuk penyimpangan berupa bid’ah, NU mengikuti tipologi bid’ah yang ada, yaitu antara bid’ah sayyi’ah (buruk) dan bid’ah ḥasanah (baik). Dalam merespon terjadinya apa yang dianggap bid’ah yang buruk, NU lebih memilih cara persuasif, yakni dengan memberikan pengertian, ajakan serta argumentasi kepada pelaku.
The problem of deviation of religious teachings or rather deviation from the agreed teaching of the majority has long been a concern of Muslim scholars. The representatives of the majority in many cases used to impose fatwa against acts that are claimed as deviation. Nahdlatul Ulama (NU), as one of the largest Islamic organization in the world, is often claimed to have a more moderate approach. This paper is intended to analyze the religious opinions (fatwas) that are issued by the NU institution regarding the issues of deviation against religious teachings. According to the NU, deviation from the true agreed teachings constitutes a standard that caused those who commits being judged to have come out of Islam. Instead of death, however, those who are considered apostates must first be requested to repentance (istitÄ bah). Here, the role of propaganda and advice becomes very decisive. As to bid’ah as a form of deviation, the NU follows the existing typology of bid’ah, the bad innovation (bid’ah sayyi'ah) and good innovation (bid’ah ḥasanah). In response to what is considered bad innovation, the NU prefers persuasive approach, namely by providing sound understanding, persuasion and arguments to the innovators.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
‘Abd al-SalÄm, ‘Izz al-DÄ«n ‘Abd al-‘AzÄ«z ibn, al-QawÄ‘id al-KubrÄ al-MausÅ«m bi QawÄ‘id al-AḥkÄm fÄ« Iá¹£lÄḥ al-AnÄm, ed. Naziyyah KamÄl ḤammÄd dan ‘UṡmÄn Jum‘ah ḌamÄ«riyyah, Jilid II, Damaskus: DÄr al-Qalam, 2000.
AbÅ« Zahrah, Muḥammad, al-JarÄ«mah wa al-‘UqÅ«bah fÄ« al-Fiqh al-IslÄmÄ«: al-‘UqÅ«bah, Kairo: DÄr al-Fikr al-‘ArabÄ«, tt.
Ahkamul Fuqaha: Solusi Problematika Aktual Hukum Islam, Keputusan Muktamar, Munas dan Konbes Nahdlatul Ulama (1926-2004 M), cet.3, Surabaya: LTNU, 2007.
Al-Ä€midÄ«, Saif al-DÄ«n, al-IḥkÄm fi Uṣūl al-AḥkÄm, Jilid II, Beirut: DÄr al-Fikr, 1996.
Al-GazÄlÄ«, AbÅ« ḤÄmid, “Faiá¹£al al-Tafriqah (tertulis Faá¹£l al-Tafriqah)â€, dalam AbÅ« ḤÄmid al-GazÄlÄ«, Majmū‘ah RasÄ’il al-ImÄm al-GazÄlÄ«, ed. IbrÄhÄ«m AmÄ«n Muḥammad, Kairo: al-Maktabah al-TaufÄ«qiyyah, tt..
Al-GazÄlÄ«, AbÅ« ḤÄmid, al-Mustaá¹£fÄ fÄ« ‘Ilm al-Uṣūl, ed. Muḥammad ‘Abd al-SalÄm ‘Abd al-SyÄfÄ«, Beirut: DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2000.
Al-GazÄlÄ«, AbÅ« ḤÄmid, KitÄb al-Iqtiá¹£Äd fÄ« al-I‘tiqÄd, Beirut: DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1988,
Al-SyÄá¹ibÄ«, AbÅ« IsḥÄq, al-I‘tiá¹£Äm, jilid I, ttp.: Maktabah al-Tawḥīd, tt.
Al-SyahrastÄnÄ«, AbÅ« al-Fatḥ Muḥammad ‘Abd al-KarÄ«m, al-Milal wa al-Niḥal, ed. á¹¢idqÄ« JamÄ«l al-‘Aá¹á¹Är, Beirut: DÄr al-Fikr, 2005.
Al-SyaukÄnÄ«, Muḥammad ibn ‘AlÄ«, IrsyÄd al-Fuḥūl ilÄ TaḥqÄ«q al-Ḥaqq min ‘Ilm al-Uṣūl, Jlid II, Beirut: DÄr al-Fikr, tt.
Al-ZuḥailÄ«, Wahbah, al-Fiqh al-IslÄmÄ« wa Adillatuhu, jilid VII, cet. 4, Beirut: DÄr al-Fikr al-Mu‘Äá¹£ir, 1997.
Delong-Bas, Natana J., Wahhabi Islam: From Revival and Reform to Global Jihad, London-New York: I.B. Tauris, 2004.
El Fadl, Khaled Abou, The Great Theft: Wrestling Islam from the Extrimists, New York: PerfectBound, 2005.
Ensiklopedi Hukum Islam, ed. Abdul Aziz Dahlam, et.al., jilid` III, Jakarta: PT. Ichtiar Baru van Hoeve, 1996, “Kafirâ€.
Hosen, Nadirsyah, “Nahdlatul Ulama and Collective Ijtihadâ€, dalam New Zealand Journal of Asian Studies Vol. 6 No. 1 (Juni 2004).
Huda, A.N. Nuril, Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) Menjawab Persoalan Tradisi dan Kekinian, cet. 2, Jakarta: LDNU, 2007.
Ibn Taimiyyah, AḥkÄm ‘Uá¹£Ät al-Mu’minÄ«n, ed. MarwÄn Kajk, ttp.: DÄr al-Kalimah al-Ṭayyibah, 1984.
Jamil, M. Mukhsin, et.al., Nalar Islam Nusantara: Studi Islam ala Muhammadiyah, al-Irsyad, Persis, dan NU, Cirebon: Fahmina Institute, 2008.
Ka’bah, Rifyal, Hukum Islam di Indonesia: Perspektif Muhammadiyah dan NU, Jakarta: Universitas YARSI, 1999.
Kamali, Mohammad Hashim, “Freedom of Religion in Islamic Law†dalam Capital University Law Review, ed. 21 (1992).
Maḥfūẓ, ‘AlÄ«, al-IbdÄ‘ fÄ« Maá¸Ärr al-IbtidÄ‘, ed. AbÅ« al-BukhÄrÄ«, Sa‘īd ibn Naá¹£r ibn Muḥammad, Riyad: Maktabah al-Rusyd, 2000.
Mahfudh, MA. Sahal, “Bahtsul Masail dan Instibath Hukum NU: Sebuah Catatan Pendek†dalam Ahkamul Fuqaha: Solusi Problematika Aktual Hukum Islam, Keputusan Muktamar, Munas dan Konbes Nahdlatul Ulama (1926-2004 M), cet. 3, Surabaya: LTNU, 2007.
Majelis Ulama Indonesia, Mengawal Aqidah Umat: Fatwa MUI tentang Aliran-aliran Sesat di Indonesia, Jakarta: Sekretariat Majelis Ulama Indonesia, tth.
PBNU, Lembaga, http://nu.or.id/page/id/static/17/Lembaga.html (diakses 21 Oktober 2011).
Riza, Achmad Kemal, Continuity and Change in Islamic Law in Indonesia:The Case of Nahdlatul Ulama Bahtsul Masail in East Java,
MA Thesis, The Austarlian National University, 2004.
SÄbiq, Sayyid, Fiqh al-Sunnah, , jilid II, cet. 4, Beirut: DÄr al-Fikr, 1983.
Siddiq, Achmad, Khitthah Nahdliyah, cet. 4, Surabaya: Khalista & LTNU Jawa Timur, 2006.
Soroush, Abdul Karim, Menggugat Otoritas dan Tradisi Agama, terj. Abdullah Ali, Bandung: Mizan, 2002.
Tim PWNU Jawa Timur, Aswaja An-Nahdliyah: Ajaran Ahlussunnah wa al-Jama’ah yang Berlaku di Lingkungan Nahdlatul Ulama, cet. 2, Surabaya: LTN NU Jawa Timur & Khalista, 2007.
DOI: 10.24235/mahkamah.v9i1.273
Article Metrics
Abstract view : 774 timesPDF - 1237 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.