NIKAH MISYAR PERSPEKTIF YUSUF QARDHAWI DAN DOSEN FAKULTAS SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Nikah merupakan salah satu syari’at Islam untuk menjaga diri dari zina, dan bertujuan untuk membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rohmah. Namun, dengan perkembangan zaman semakin banyak perempuan yang memilih berkarir hingga ia melewati usia ideal untuk menikah sedangkan sebagai perempuan normal ia tetap mempunyai syahwat dan butuh untuk disalurkan sehingga muncullah nikah misyar. Nikah misyar adalah pernikahan dimana perempuan rela melepas sebagian haknya dan tidak tinggal serumah dengan suami. Timbul beberapa pendapat ulama menegenai nikah misyar. Ada ulama yang mengharamkan seperti Syekh Muhammad Nashirudin Albani, Ali Qurah Daqi, Wahbah Zuhaili dan Abdul Sattar Jubali, dan ada yang menghalalkan di mana salah satunya adalah Yusuf Qardhawi. Oleh karena perdebatan ini penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitan mengenai nikah misyar perspektif Yusuf Qardhawi dan dosen fakultas syari’ah karena sebagai tenaga pengajar di bidang hukum Islam tentunya mereka faham betul mengenai hukum Islam. Perumusan Masalah dari penelitian ini adalah, bagaimana pendapat Yusuf Qardhawi serta metodologi istinbath hukum Yusuf Qardhawi mengenai kehalalan nikah misyar dan bagaimana nikah misyar perspektif dosen fakultas syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dilihat dari maqashid al-syari’ah pernikahan. Untuk wilayah penelitian ini adalah,,“Kualitatif†dengan pendekatan normatif filosofis. Dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Yusuf Qardhawi menghalalkan nikah misyar dengan alasan syarat dan rukunnya telah terpenuhi. Sedangkan dosen fakultas syariah terbagi menjadi tiga, yaitu ada yang menghalalkan, ada yang menghalalalkan dengan syarat, dan ada yang mengharamkan bi al-maqashid
Kata Kunci: Nikah Misyar, Yusuf Qardhawi, Maqashid al-Syari’ah
Abstract
Marriage is one of the Islamic Shari'ah to guard against adultery, and the aims is to build a sakinah, mawaddah, wa rohmahfamily. However, with the development of this era that a lot of career women until it passed the ideal age to get married while as a normal woman that still has lust and need to be channeled to emerge marriage misyar. Marriage misyar is a marriage where women are willing to release some of their rights and not stay at home with their husbands. The formulation problem of this research are, first what is opinion of Yusuf Qardhawi and methodology istinbat law of Yusuf Qardhawi concerning marriage misyar marriage and the second how marriage misyar faculty perspective of sharia faculty of IAIN Sheikh Nurjati Cirebon seen from maqashid shari'ah marriage. For this area of research is, "Qualitative" with a normative philosophical approach. The result of this research is Yusuf Qardhawi justify marriage misyar with reason condition and essential principle have been fulfilled. While faculty lecturers shariah divided into three kinds of opinion, first is by a lawful, second is byallowed with conditions, and third is forbidden to maqashid.
Â
Keywords: Misyar Marriage, Yusuf Qardhawi, Maqashid Syariah
Â
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Abdul Gani. 1994. “Pengantar Kompilasi Hukum Islam dalam Tata Hukum Indonesiaâ€. Jakarta: Gema Insani Press .
Azzam, Abdul Aziz Muhammad dan abdul Wahhab Sayyid Hawwas. 2009. “Fiqih Munakahat Khitbah, Nikah dan Talak†terjemah Abdul Majid Khon. Jakarta: Sinar Grafika Ofset.
Dewi, Gemala Dkk. 2005. “Hukum perikatan islam Indonesia†Jakarta : kencana.
Ghozali, Abdul Rahman. 2010. “Fiqih Munakahatâ€. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Hadi, Soetrisno. 1997. “ Metodologi Resetâ€. Yogyakarta: Andi Offset.
Hasan, M ali. 2006. “ Pedoman Hidup Berumah Tangga dalam Islamâ€. Jakarta: Prenada Media Group.
Kementrian Agama RI. 2010. “Al Qur,an dan terjemahannya dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Hadits Shohihâ€. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.
Mughniyah, Muhammad Jawwad. 2001. â€fiqih lima madzhab “. terjemah Afif Muhammad. Jakarta: Lentera Basri Tama.
Nasiri. 2010. “ Praktek prostitusi gigola ala Yusuf Qardhawiâ€. Surabaya: Khalista.
Nurhakim, Moh dan Khairi Fadly. “E-Jurnal tinjauan sosiologis fatwa ulama kontemporer mengenai status hukum nikah misyar†Juli- September 2011.
Qardhawi, Yusuf . 1999. “Zawajul Misyar Haqiqatuhu wa Hukmuhuâ€. Kairo: Maktabah Wahbah.
Qardhawi, Yusuf. 2002.†fatwa fatwa Kontemporerâ€. terjemah Abdul Hayyi Alkattani dkk . Jakarta: Gema Insani Press.
Soematri, Roni Hanitijo. 2012. “metodologi Penelitian Hukum dan Jurnalistikâ€, cet.4. Jakarta: Galia Indonesia.
Syarifuddin, Amir. 2006. “Hukum Perkawinan Islam di Indonesia Antara Fiqih Munakahat dan Undang Undang Perkawinanâ€. Jakarta: Kencana.
Tihami dan Sohari Sahrani. 2010. â€Fikih Munakahatâ€. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yanggo, Huzaimah Tahido. 2005. “Masail Fiqihiyyah†Bandung: Angkasa Bandung.
Zuhaily al- Wahbah, 1989. “al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhuâ€. Juz VII. Damsyiq: Dar al-Fikr.
Zulifan, Muhammad. “Poligami dan Nikah Misyar di Saudi Harus Diatur Ketatâ€. Opini Muhammad Al-Asheikh, Saudi Gazette.http://duniatimteng.
DOI: 10.24235/mahkamah.v2i2.2166
Article Metrics
Abstract view : 1182 timesPDF - 471 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.