KEPEMIMPINAN KEPALA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SABILUL HUDA DALAM MANAJEMEN SEKOLAH

Asep Kurniawan(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara mendalam tentang kepemimpinan kepala Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Sabilul Huda dalam mengelola lembaga pendidikannya. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif eksplanatoris studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan snowball sampling dengan instrumen wawancara mendalam, observasi mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas dengan cara ketekunan pengamat, triangulasi sumber, waktu, dan instrumen, serta bahan referensi yang memadai. Hasil penelitian menemukan bahwa kepala TKIT Sabilul Huda sudah menjalankan kepemimpinannya dalam menyusun perencanaan sekolah untuk setiap program pendidikan dengan cukup baik. Perencanaan yang sudah yang dimaksud meliputi rencana strategis dan rencana operasional. Kepala TKIT Sabilul Huda dalam menjalankan fungsi kepemimpinan dalam pengorganisasian sudah menyusun struktur organisasi dan pembagian wewenang dengan baik kepada bawahannya. Pembinaan diselenggarakan secara rutin guna memecahkan permasalahan yang ada yang dilaksanakan pada setiap permulaan semester. Manajemen peserta didik yang dilakukan melalui penerimaan peserta didik baru dilakukan pada setiap permulaan tahun ajaran baru. Manajemen sarana dan prasarana sudah cukup baik sehingga berdampak kepada proses efektifitas pembelajaran terutama dalam penanaman aspek religius. Hubungan kemitraan sekolah dengan masyarakat terjalin secara langsung. Peran kepimpinan kepala sekolah dalam menggerakkan manajemen keuangan sudah dikatagorikan cukup baik. Hal ini dilihat dari kondisi keuangan yang surplus. Pelaksanaan fungsi pengawasan dari kepemimpinan kepala TKIT Sabilul Huda dilakukan secara ketat dan dalam bentuk evaluasi yang terencana.

 

Kata kunci: Pengaruh, Kinerja, Manajemen, Sumber Daya

Full Text:

PDF PDF

References


Daftar Pustaka

Andelkovic, Marija. 2017. “Conceptual Skills in Persons with Visual Impairment”. Specijalna edukacija i rehabilitacija (Beograd), 16 (1), 9-33.

Baxter, P., & Jack, S. 2008. “Qualitative Case Study Methodology: Study Design and Implementation for Novice Researchers”. The Qualitative Report, 13 (4), 554-559.

Ghalandari, Kamal. 2012. “Investigation of the Effect of Management Skills (Technical, Human and Cognitive) on Productivity of Human Resources in Iran”. World Applied Sciences Journal, 20 (3): 476-480.

Hysong, Sylvia. 2008. “The Role of Technical Skill in Perceptions of Managerial Performance”. Journal of Management Development, 27 (3), 275-290.

Huber, S. G. (2004). “School Leadership and Leadership Development: Adjusting Leadership Theories and Development Programs to Values and the Core Purpose of School”. Journal of Educational Administration, 42 (6), 669-684.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Moore, Lori, dan Rick D Rudd. 2004. “Leadership Skills and Competenices For Extension Directors And Administrators”. Journal of Agricultural Education, 45 (3), 22-33.

Motlaq, Mostafa Akbari, dan Maryam Akbari Motlaq. 2012. “The Effect of Conceptual Skills Training on the Degree of Job Satisfaction and Performance in Women Managers”. Conference: The First International Conference of Women's Health.

Ryan, Will. 2008. Leadership with a Moral Purpose: Turning your School Inside Out. Wales: Crown House Publishing Ltd.

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

A. Yin, R. K. 2009. Case Study Research: Design and Methods. California: Sage Publications, Inc.




DOI: 10.24235/jiem.v3i2.5994

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 32 times PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asep Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: