SUPERVISI MEMANTAPKAN PROFESIONALISASI GURU

Subur .(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Supervisi dapat dipandang sebagai suatu seni kerja sama dengan sekelompok orang agar memperoleh hasil yang sebesar-besarnya. Dalam menerapkan hubungan antar manusia tidak ada ukuran yang pasti meyakinkan, karena setiap manusia memiliki pribadi yang unik. Oleh karena itu kepribadian merupakan suatu pertimbangan  bagi supervisor dalam membentuk kerja sama yang berhasil. Sekolah berperan sebagai lembaga yang memproses lulusan untuk bidang-bidang pekerjaan dalam kehidupan masyarakat secara luas. Guru bekerja secara sistematis dalam pengajaran dan belajar siswa dengan memberikan konsulatas individu secara teratur, dan menjelaskan pelajaran dengan mengantisipasi hasilnya agar siswa dapat aktif dalam kegiatan yang ditugaskan. Tanggungjawab terhadapkompetensi professional guru untuk mengajar dan mendidik merupakan tuntutan masyarakat akan efektifitas pelaksanaan pengajaran. Makanya kepekaan dan konsistensi supervisor terhadap profesionalitas jabatan guru menjadi demikian penting. Dengan demikian supervisi pendidikan dituntut memberikan perhatian khusus meperbaiki pengajaran sehingga tercipta kualitas yang baik

 

Kata kunci : supervisi, guru, profesional, jabatan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

H. Syaeful Sagala,Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2006

Sondang P. Siagian., Admintrasi Pembangunan, Konsep, Demensi, dan Strateginya, Bumiaksara, 1999

Beeby, ce.,Perencanaan dan Administrasi Pendidikan, Jakarta: Bhrata Karya Aksara.

Nawawi, Hadari, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung

Mochamad Rifai, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Jemmars

Harbangan Siagian, Administrasi Pendidikan Suatu Pendekatan Sistemik, Salatiga: Setya Wacana

Sondang p. Siagian, Filsafat Administrasi, Jakarta: Gunung Agung.

Sutjipto, Analisis Kebijakan Pendidikan (Suatu Pengantar), Jakarta




DOI: 10.24235/jiem.v3i2.5992

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Subur .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â