PEMBINAAN POTENSI SPIRITUAL SANTRI¬¬ MAHASISWA

Mukhlishoh .(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Madrasah Diniyah dan Pesantren merupakan wadah pendidikan berkarakter yang patut mendapat perhatian, untuk mengasah potensi dasar santri mahasiswa. Mereka perlu dibina potensi spiritualnya. Sebelum dibina santri sering melakukan kesalahan atau belum tawadhu, setelah pembinaan para santri begitu santun, hormat kepada orang tua, tamu, dan ustad selain itu juga santri menjadi terbiasa sholat berjamaah, mengaji Al Qur’an, bersikap akrab dengan teman-temannya.  Hambatan yang ditemui para kyai dalam pembinaan akhlak santri ada 3 (tiga)  pertama menhadapi santri pindahan, yang ke dua santri baru yang masih anak-anak, dan yang ketiga santri lama yang suka keluar diwaktu malam dengan alasan  menghadiri  pengjian ditempat lain.solusi yang ditawarkan dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah pertama niat ikhlas dalam semua perkataan dan perbuatan amal lahir batin untuk mendidik santri karena Allah. Kyai meletakan niat rukun pertama dalam semua ibadat, Kedua sabar dan tabah dalam belajar dan mendidik, Ketiga berpikir baik secara aqli dan syara’ bahwa keburukan pada seseorang itu dapat diupayakan berubah dengan Manhaj Rabbani artinya mengikuti perintah dzat yang maha sempurna.

 


Kata kunci :Potensi spiritual, Pembinaan, santri


Full Text:

PDF

References


Dian Nafi dkk, Praksis Pembelajaran Pesantren, Yogyakarta: PT. LkiS Pelangi Aksara, 2007

Halim dkk, Manajemen Pesantren, Jakarta: Bumi Aksara, 2000)

Hamdani Khalifah, Membina Kepri-badian Masyarakat Melalui Pengalaman Agama, Jakarta: Dirjen Bimbaga Islam, Depag RI, 1984

Hussein Seggaf, Pedoman Penyuluhan Agama dan Pedoman Dakwah Melalui Media Massa dan Seni, Jakarta: Dirjen Bina Masyarakat dan Urusan Haji, Depag RI, 1989.

Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakar-ta: Raja Grafindo Persada, 2001 .

PP RI nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan

Peraturan Menteri Agama No 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah

Slamet Wiyono, Manajemen Potensi Diri, Jakarta: PT Grasindo, 2004

PP RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendi-dikan

Endra K Prihadhi, My Potensi, Jakarta: Elek Media Komputindo, 2004.

Taufiq Abdulah (Ed), Sejarah Ummat Islam Indonesia, MUI, Jakarta, 1991

Sa’īd Hawā, Tarbiyatunā al-Rūhīyah, (Kairo: Maktabah al-Wahbah, 1992:69)

UU RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Manfred Ziemek, Pesantren dalam Perubahan Sosial, Jakarta: P3M, 1986.

Muhtarom, Reproduksi Ulama di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pusatka Pelajar , 2005.

Mujamil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi menuju Demo-kratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2009.

Zakiah Darodjat, Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental, Jakarta: Bulan Bintang, 1982.

Zamakhsari Dhofier, Tradisi Pesan-tren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Tinta Mas, Jakarta, 1984.




DOI: 10.24235/jiem.v2i2.3619

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mukhlishoh .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: