PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERAGAMA SISWA SMP ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Peranan guru sangatlah besar pengaruhnya dalam perkembangan jiwa keagamaan siswa, termasuk di dalamnya bagaimana guru memberikan perhatian kepada anak didik dalam mendidik, mengajar dan mengevaluasi baik dalam menyampaikan materi di kelas ataupun dalam menjalankan aktivitas sehari-hari siswa di sekolah. Apabila guru kurang memberikan perhatian kepada siswa dan salah dalam mendidik dan mengajar anak maka anak pun akan mudah terbawakepada hal-hal yang tidak baik. Pendidikan Agama Islam membentuk aspek jasmani dan rohani seseorang berdasarkan kepada nilai-nilai ajaran agama Islam yang terkandung dalam kitab suci al-Qur’an dan sunah Rasulullah. Kedua aspek tersebut diharapkan tumbuh seimbang, sehingga tidak menimbulkan kesenjangan antara kebutuhan rohaniah dan kebutuhan jasmaniah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi beragama siswa. Penelitian ini memakai metode deskriptif analisis dengan menggunakan instrument kuesioner (angket) dan wawancara sebagai sumber datanya. Dari penelitian yang telah dilakukan kepada sejumlah siswa yang menjadi sampel, maka dilakukan analisa data yang merupakan bagian penting dalam metode ilmiah untuk menjawab masalah penelitian ini. Dalam menganalisa data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa peranan guru PAI dalam bentuk perhatiannya sangat besar sekali sehingga berimplikasi pada sikap keberagamaan siswa yang terlihat baik sekali. Selain itu, sekolah juga memainkan peranannya sebagai lembaga pendidikan dengan memberikan pengajaran dan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan sikap keagamaan siswa.
Kata Kunci: Guru, Motivasi, Perilaku, Beragama
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Arifin, H. M., 1994, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Brophy, Jere, 1986, “Teacher Influences on Student Achievementâ€, dalam American Psychologist, vol. 41, Number 10, Oktober 1986, 69-77
Daradjat, Zakiah, et al, 2008, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta, Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri, 2000, Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif, Jakarta: Rineka Cipta
Majelis Permusyawaratan Rakyat RI, 1999, Garis-Garis Besar Haluan Negara, Jakarta: PT. Pabelan Jaya.
Mehdipour1,Yousef, D. Balaramulu, 2013, “The Influence of Teacher’s Behavior on the Student’s SelfRegulationâ€, dalam IOSR Journal of Research & Method in Education, Volume 1, Issue 6, May-Jun, 2013, 65-71
Mulyasa, E., 2006, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Muhammad, Justang, 2017, Divonis 7 Tahun, Oknum Guru Narkoba di Bone Dipecat, (online) Tersedia: http://makassar.tribunnews.com/2017/03/08/divonis-7-tahun-oknum-guru-narkoba-di-bone-dipecat
Muhaimin, 2010, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Nurdin, H. Syafruddin, dan M. Basyiruddin Usman, 2002, Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Pers
Rakyat Cirebon, 2016, Bejat, Oknum Guru Agama Gagahi Siswanya, (online) Tersedia http://www.rakyatcirebon.co.id/2016/03/bejat-oknum-guru-agama-gagahi-siswanya.html (diakses 25 April 2017)
Ramayulis, 2001, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Sanjaya, Wina, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran¸ Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman A.M, 2000, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press.
Usman, Moh. Uzer, 2009, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Yasin, A. Fatah, 2008, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press.
DOI: 10.24235/jiem.v2i1.2880
Article Metrics
Abstract view : 275 timesPDF - 95 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Asep Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â