STRATEGI PENGUATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Zaenuri .(1*),


(1) UPI Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Di tengah-tengah masyarakat banyak ditemukan peserta didik yang telah diajar, dibimbing dan dilatih oleh pendidik (kiyai, ustadz, guru) tetapi tidak banyak mengalami perubahan. Dari sinilah para ahli pedagogi menemukan fakta bahwa faktor utama dari tidak terjadinya perubahan pada peserta didik itu adalah karena peserta didiknya itu sendiri yang tidak mau berubah. Fakta inilah yang kemudian menjadi bahan diskusi dan diwacanakan dengan sebutan HEUTAGOGI. Kenyataan dan pernyataan itulah kemudian diilustrasikan sebagai peristiwa petani yang ulet dan rajin (profesional) mengelola sawah dengan bibit unggul dan tanah sawah yang bagus serta dikelola dengan baik, akan tetapi petani tidak banyak memperoleh hasil sesuai dengan yang diharakan. Perkembangan dan perubahan makna terus berkembang sehingga pedagogi berarti seni mengajar.mendidik. Perkembangan jaman dan pemikiran terus berjalan sehingga muncul istilah pedagogi tradisional, pedagogi transformasi, padagogi modern dan bahkan pedagogi posmodern. Sudah barang tentu, perubahan makna pedagogi pun terjadi sesuai dengan perkembangan istilah itu sendiri.

Kata Kunci: Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi


Full Text:

PDF

References


Daftar Bacaan

Abuddin Nata. 2001. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo Persada.

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Dari sentralisasi menuju desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Chan, Sam M dan Sam, Tuti T. 2005. Analisis SWOT; Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

John M Echols dan Hasan Shadily. 1980. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. 2002. Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Dirjen Pendidikan Lanjutan Pertama.

P. Robbins, Stephen, .1992. Essential of Organizational Behavior. America: Prentice-Hall International, Inc.

Rose, Colin. 2003. KUASA I Lebih Cepat Buku Pintar Accelerated Learning, alih bahasa Femmy Syahrani. Bandung: Kaifa.

Saiful Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Silberman, Mel. 2002. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Yappendis.

Soekijo, Notoatmodjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Stenberg, Robert J. 1996. How Practical and Creative Intelligence Determine Success in Life: Successfully Intelligence. America: A Plume Book.

Suwito dan Fauzan, 2003. Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wengger, Win. 2003. Beyond Teaching and Learning: Cara Praktis Menerapkan Quantum Teaching dan Learning, alih bahasa Ria Sirait dan Purwanto, Nuansa Bandung:

Yamin, Moh. 2009. Menggugat Pendidikan Indonesia. Belajar Dari Paulo freire dan Ki Hajar Dewantara. Jakarta : Ar-Ruzz Medi.




DOI: 10.24235/jiem.v2i1.2875

Article Metrics

Abstract view : 187 times
PDF - 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zaenuri .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: