Metode Perencanaan Pendidikan Islam yang Efektif dalam Menghadapi Tantangan Era Digital

riris rismawati(1*), Mulyawan Safwandi(2),


(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Era digital membawa dampak perubahan di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Perubahan yang terjadi tidak hanya memberikan peluang tetapi juga tantangan. Dengan peluang dan tantangan yang ada diperlukan sebuat metode perencanaan pendidikan yang mampu menghasilkan bentuk perencanaan pendidikan Islam yang efefktif di era digital ini. Penelitian ini bermaksud menemukan metode perencanaan pendidikan Islam yang terbaik agar tujuan pendidikan Islam tercapai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metoda analisis deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dari berbagai buku dan artikel ilmiah. Metode partisipatif dinilai lebih demokratis, realistis, dan efektif, karena semua pihak berhak memberikan saran dan masukan, sehingga perencanaan yang dilakukan lebih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan dan didukung oleh semua pihak. Metode partisipatif ini melahirkan sebuah kebijakan yang melibatkan semua pihak. Kebijakan publik yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam proses perencanaan pendidikan Islam merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa pendidikan Islam dapat menghadapi tantangan era digital dan mencapai tujuan pendidikan nasional.

Full Text:

PDF

References


Darimis, D., Ummah, S. S., Salam, A., Nugraha, A. R., & Jamin, N. S. (2023). Edukasi Literasi Digital Era Cybernetics Dalam Meminimalisir Penyalahgunaan Media Sosial Bagi Anak Di Pinggiran Kota. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 372–379.

Firdaus, M. (2021). Ekonometrika: suatu pendekatan aplikatif. Bumi Aksara.

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 33–41.

Hasibuan, R. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Masyarakat. Penerbit NEM.

INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Kusnawan, A. (2010). Perencanaan Pendidikan Tinggi Dakwah Islam. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 5(15), 897–920.

Mubin, F. (2020). Pengembangan Model Perencanaan Pendidikan.

Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N. (2019). Pemberdayaan kelompok masyarakat desa dalam perencanaan metode partisipatif. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 227–239.

Putra, P. A. and F. F. and I. K. (2023). Upaya Dosen Pendidikan Agama Islam Dalam Menyiapkan Mahasiswa Mengahadapi Tantangan Digital. IAIN Curup.

Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532.

Rani, S. (2023). Transformasi Komunikasi Dakwah dalam Era Digital: Peluang dan Tantangan dalam Pendidikan Islam Kontemporer. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 207–216.

Rozak, A. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 197–208.

Rustiadi, E. (2018). Perencanaan dan pengembangan wilayah. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Subakat, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Program Semai Benih Bangsa. Jurnal As-Salam, 6(1), 36–48.

Sudiro, A. (2011). Perencanaan sumberdaya manusia. Universitas Brawijaya Press.

Wijaya, M. O., & Utami, E. D. (2021). Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics, 2021(1), 801–810.




DOI: 10.24235/jiem.v8i1.16740

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 riris rismawati, Mulyawan Safwandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â