Pengaruh Strategi Direct Marketing Terhadap Minat Masyarakat Memilih TK Ampera Kota Cirebon sebagai Lembaga Pendidikan Anak

Dea Delviana(1*), Subur Subur(2), Imroatul Fatihah(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman masyarakat mengenai jenis pendidikan dan pentingnya kualifikasi akademik seorang guru dalam sebuah lembaga pendidikan, hal tersebut juga didukung dengan perbedaan biaya yang membuat masyarakat lebih memilih pendidikan dengan alasan “yang lebih murah”. Ironisnya masyarakat yang memilih pendidikan tersebut adalah masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi yang lebih. Akan tetapi hadirnya TK Ampera Kota Cirebon mematahkan paradigma tersebut, bahwa dengan sistem pendidikan yang lebih terstruktur yang didukung oleh kemampuan tenapa pendidik yang mumpuni akan lebih menjamin meningkatknya kualitas pendidikan. Dalam hal ini TK Ampera Kota Cirebon memiliki cara tersendiri yaitu dengan strategi direct marketing atau pemasaran langusng. Karena yang diteliti dalam penelitian ini variabel pengaruh, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan asosiatif. Data utama yang digunakan adalah data primer yaitu hasil kuesioner dari 30 orang wali murid sebagai responden. Adapun untuk menganalisis data menggunakan bantuan pengolah data SPSS versi 26.00. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini dapat diketahui bahwasanya pengaruh yang diberikan oleh strategi pemasaran yang dilakukan yaitu sebesar 34,1%. Hal tersebut terlihat dari hasil korelasi sebesar 0,584 yang berada pada rentang cukup rendah dan memiliki hubungan positif antara kedua variabel, dalam artian semakin baik pemasaran yang dilakukan, semakin tinggi minat masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Af’idah, I., & Kurniawan, A. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 1(1), 12–19.

Arfiani, & Akhmad, Y. K. (2022). Pengaruh Lokasi, Personal Selling, dan Sales Promotion Terhdapa Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di BPRS Bangun Drajat Warga. Journal of Business Management and Islamic Banking, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/jbmib

Arsad, M., & Ali, H. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Sistem Pendidikan Islam: Pendanaan, Manajemen dan Lembaga Pendidikan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i1.669

Fradito, A., Suti’ah, S., & Muliyadi, M. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 12–22. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6203

Hermawan, A. (2021). Komunikasi Pemasaran (A. Maulana (ed.); ke-1). Erlangga.

Hidayat, A., Herawati, N., & Agustia Arliani, N. (2021). Peranan Personal Selling dalam Meningkatkan Minat Calon Siswa Baru pada Sekolah PGRI 1 Cibinong. Jurnal AKRAB JUARA, 6(2), 236–249.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (2005). http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21918515%0Ahttp://www.cabi.org/cabebooks/ebook/20083217094

Nugroho, A. S., & Haritanto, W. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Statistika (Teri, Implementasi & Praktik dengan SPSS) (M. Kika (ed.); 1st ed.). CV ANDI OFFSET. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=8H6REAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA25&dq=metode+penelitian+kuantitatif&ots=fIZvfblPVp&sig=yOxuyi4FfMmb3qaENq84nUndkrI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Nurul Jannah, N., Suryana, Y., & Khoeruddin, H. (2022). Strategi Pemasaran Madrasah Berbasis Digital Hubungannya dengan Minat Peserta Didik. JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 12(2), 127–137. https://doi.org/0.15642/jkpi.2022.12.2.127-137

Pradesyah, R. (2020). Al-Sharf Pengaruh Promosi dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Melakukan. Jurnal Ekonomi Islam, 1(2). https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Prahastoro, G., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Layanan Securities Crowdfunding dalam Menarik Minat Masyarakat untuk Berinvestasi di Sektor UKM. 18(2). http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Purbohastuti, A. wahyuni, & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2480

Sari, E. A., & Wijaya, L. S. (2019). Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 16–27. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.2608

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147–155. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta. https://anyflip.com/utlqr/qtha

Yanti, T. H. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat terhadap Jual Beli Kredit Ditinjau dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Dusun Karang Agung Desa Negara Nabung Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur).




DOI: 10.24235/jiem.v7i1.13319

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dea Delviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: