Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Memotivasi Masyarakat Menyekolahkan Anaknya ke Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalamah Losari Cirebon

Siti Aminah(1*), Mumun Munawaroh(2), Imroatul Fatihah(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Manajemen dapat diartikan sebuah seni untuk mengelola sebuah organisasi atau instansi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, dan manajemen strategik yaitu upaya untuk mengelola strategik suatu pendidikan agar tercapai tujuan pendidikan. Proses manajemen strategik mencakup formulasi, implementasi serta evaluasi, dengan langkah – langkah yaitu identifikasi, analisis eksternal dan internal, perumusan, implementasi, dan evaluasi strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategik yang dilakukan dalam memotivasi masyarakat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalamah Losari Cirebon. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber data meliputi ketua Madrasah Diniyah , wakasek bidang kurikulum Madrasah Diniyah, staf TU Madrasah Diniyah, murid Madrasah Diniyah, masyarakat sekitar, teknik analisis data seperti pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa kegiatan manajemen strategik sudah dilakukan, dan setiap tahunnya mengalami peningkatan walaupun tidak terlalu signifikan, adanya perkembangan setiap tahunnya membuat kepala Madrasah Diniyah dan jajarannya lebih semangat untuk menjalankan strategi dan berinovasi dalam menyusun pembelajaran, agar murid mengerti dan faham dan berkembang serta siap menghadapi kompetisi – kompetisi yang ada. Maka dapat disimpulkan bahwa manajemen startegik dalam memotivasi masyarakat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalmaah sudah ada peningkatan jumlah pendaftar setiap tahunnya.

Kata Kunci : Manajemen strategi, Motivasi, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA).

 

Management can be interpreted as an art to manage an organization or agency to achieve the goals set, and strategic management is an effort to manage an education strategically in order to achieve educational goals. The strategic management process includes formulation, implementation and evaluation, with steps - identification, external and internal analysis, formulation, implementation, and evaluation of strategy. This study aims to determine the strategic management carried out in motivating the community to send their children to Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalamah Losari Cirebon. The research methodology used is descriptive qualitative, with data collection using interview, observation and documentation techniques, data sources include the head of Madrasah Diniyah, deputy head of the Madrasah Diniyah curriculum, Madrasah Diniyah TU staff, Madrasah Diniyah students, surrounding communities, data analysis techniques such as data collection reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study show that strategic management activities have been carried out, and each year there is an increase, although not too significant, the developments every year make the head of Madrasah Diniyah and his staff more enthusiastic to carry out strategies and innovate in preparing learning, so that students understand and understand and develop and are ready to face challenges. existing competitions. So it can be concluded that strategic management in motivating the community to send their children to Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalmaah has increased the number of registrants every year.

Key Word : Strategic Management, Motivation, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA)


Full Text:

PDF

References


Haris, A. N. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Aini, M. Q. (2020). Peran Kepemimpinan Kyai dalam manajemen strategi pendidikan pesantren. Leadership jurnal mahasiswa manajemen pendidikan is licensed under the cc by license, 188.

Amrullah Rz. (2013, Desember 3). Nu Online. Retrieved Desember 9, 2020, from Nu Online: https://www.nu.or.id/post/read/48642/pentingnya-madrasah-diniyah-takmiliyah-mdt

Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kurniawan, A. (2018). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Cirebon: Eduvision.

Kurniawan, A. (2018). Manajemen Pendidikan Sekolah. Cirebon: Eduvision.

Bass, B. M. (1985). Leadership and Performance Beyond expectations. New York: Free Press.

Supanto,Fajar S. M. (2019). Manajemen Strategi Organisasi Public dan Privat. Jakarta: Empat Dua Publisher.

Fauzi, A. (2015). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: K Media.

Fauzi, A. (2015). Manajemen Pendidikan Islam. In A. Fauzi, Manajemen Pendidikan Islam (p. 3). yogyakarta : K media.

Fauzi, A. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Edisi Revisi. Yogyakarta: K-Media.

David,Fred F. R. (2016). Manajemen strategik konsep pendekatan keunggulan bersaing. jakarta: selemba empat.

Ilyas, Y. (2007). Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam.

Insan, N. (2019). Kepemimpinan Transformasional (Suatu Kajian Empiris di Perusahaan). Bandung: Alfabeta.

Judge, S. P. (2007). Perilaku Organisasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Kurniawan, A. (2017). Manajemen Pendidikan di Sekolah . Cirebon: Eduvision.

kurniawan, A. (2017). Meodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: Eduvision.

Kurniawan, A. (2018). Manajemen Pendidikan di Sekolah. In A. Kurniawan, Manajemen Pendidikan Islam (p. 1). Cirebon: Eduvision.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mangkunegara. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda Karya.

Mangkunegra. (2004). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: Risda Karya.

Margono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mitchell, T. (1997). Research in Organizational Behavior. In T. Mitchell, Research in Organizational Behavior (pp. 60-62). Greenwich: id.mwikipedia.org/wiki/Motivasi.

Moleong, L. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Muhammad, S. (2004). Manajemen Strategik Konsep dan Kasus. Yogyakarta: Akademik Manajemen Perusahaan YKPN.

Purwanto, M. N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Qomar, M. (2015). Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Emir.

Rohmah, N., & fanani, z. (2017). Malang: Madani.

Saladin. (2011). Manajemen Strategik . Bandung: Agung Ilmu.

Saleh. (2016). Pelayanan Administrasi Kepegawaian. Jurnal Elektrika, 3-19.

Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitafi, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supano, S. D. (2009). Manajemen Kepepemimpinan Transfoemasional ke Kepalasekolahan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Supardi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Pres.

Suyadi Prawirosentono, D. P. (2014). Manajemen Strategik dan Pengambilan Keputusan Korporasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Taqiyuddin. (2018). Pengelolaan Pendidikan Islam Non Formal. Cirebon: CV. Aksarasatu.

Taqiyuddin. (2018). Pengelolaan Pendidikan Islam Non Formal. Cirebon: Aksara CV Satu.

Taqiyuddin. (2018). Pengelolaan Pendidikan Islam Non Formal. Cirebon: CV. Aksarasatu.

Udan, T. T. (2005). Manajemen Strategi . Bandung: Rekayasa Sains.

Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winardi. (2001). Motivasi Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winardi. (2002). Motivasi dan Permotivasian dalam Islam. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategi. In E. Yunus, Manajemen Strategi (p. 7). Yogyakarta: Andi Publishare.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. In E. Yunus, Manajemen Strategis (pp. 2-3). Yogyakarta: CV Andi.

Zazin, U. N. (2011). Pesantren ditengah arus mutu pendidikan: menjawab problematika kontemporer manajemen mutu pesantren. semarang: Rasail Media Group.




DOI: 10.24235/jiem.v6i2.11849

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Aminah, Mumun Munawaroh, Imroatul Fatihah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â