Kualitas Sarana Prasarana Pendidikan Terhadap Efektivitas Kerja Staf Administrasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) An-Nur Kota Cirebon

Dini Eka Sabrina(1*), Ali Hasan(2), Sigit Santoso(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) AIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Sarana prasarana pendidikan di sekolah tidak hanya digunakan untuk kegiatan belajar mengajar saja tetapi termasuk juga untuk staf administrasi sebagai pelaksana administrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas sarana pendidikan dalam menunjang efektivitas kerja staf administrasi di MI An-Nur Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif melalui pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini mengenai kualitas sarana prasarana pendidikan terhadap efektivitas kerja staf administrasi di MI An-Nur Kota Cirebon sudah dilaksanakan secara maksimal dari mulai perencanaan, pengorganisasian, inventaris, pemeliharaan serta penghapusan sarana. Tidak hanya itu, kegiatan staf administrasi juga dapat terlaksana dengan baik dari mulai kegiatan yang menyangkut kurikulum, siswa, kepegawaian, penataan inventaris sekolah, serta kegiatan yang menyangkut sarana.

Kata kunci: Kualitas sarana pendidikan, efektivitas kerja, staf administrasi

 

Educational facilities in schools are not only for teaching and learning, but also for administrative staff who serve as administrative implementers. The purpose of this study is to determine the educational facility's quality in terms of supporting the administrative staff's effectiveness at Islamic Elementary School An-Nur Cirebon City. This research employed a qualitative method that is both qualitative and descriptive, collecting data through in-depth interviews, in-depth observations, and documentation. Data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing are all techniques used in data analysis. According to this research, the quality of educational facilities and administrative staff performance at MI An-Nur Cirebon City have been optimized through planning, organizing, inventorying, maintaining, and eliminating facilities. Administrative staff activities can also be carried out effectively, beginning with those relating to curriculum, students, staffing, structuring school inventories, and facility management

Keywords: The quality of education, work effectiveness, administrative staff


Full Text:

PDF

References


Raharjo, Sabar Budi. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 1, (No. 2) hlm. 511-532

Syafaruddin, dkk. (2016). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing

Sanggarwati Diah, Rifda, & Suyaningtyas. (2017). Kinerja Staff dan Efektivitas Kerja Aparat Pemerintah Desa Keramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol 3, (No. 3). hlm 375-393

Raharjo, Sabar Budi. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 1, (No. 2) hlm. 511-532

Sagala, S. (2009). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan Asep. (2018). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Cirebon: Eduvision

Fauzi Ahmad. (2016). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: K-Media




DOI: 10.24235/jiem.v6i2.11847

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dini Eka Sabrina, Ali Hasan, Sigit Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â